Royal Wedding: Biaya Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Markle Ditaksir Hingga Rp515,9 M

Oleh : Dina Astria | Jumat, 18 Mei 2018 - 17:22 WIB

Pangeran Harry dan Meghan Markle (Foto Vanity Fair )
Pangeran Harry dan Meghan Markle (Foto Vanity Fair )

INDUSTRY.co.id - Inggris - Menjelang hari bahagia Pangeran Harry dan Meghan Markle, keduanya tampak tengah mempersiapkan matang-matang semua keperluan prosesi pernikahan yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 19 Mei besok. Mulai dari gaun pengantin, undangan, cincin, kue pengantin hingga buket bunga pernikahan.

Pihak istana tentunya selektif dalam pemilihan rincian seperti buket bunga pernikahan. Dikabarkan biaya untuk buket bunga Royal Wedding ini sendiri mencapai harga ratusan juta rupiah.

Rata-rata pernikahan penduduk biasa di London membutuhkan biaya sekitar US$ 36,6 Ribu atau sebesar Rp 512,2 juta, menurut survey yang dilakukan Independent pada September 2017 lalu. Bagaimana untuk biaya pernikahan di kalangan keluarga kerajaan Inggris?

Biaya untuk pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle diperkirakan ditaksir hingga US$ 10 juta atau sebesar Rp140 miliar, seperti yang dikatakan oleh Mindy Weiss, seorang konsultan pesta yang pernah bekerja sama dengan artis Kim Kardashian.

Mindy Weiss juga menyatakan, untuk undangan pernikahannya sendiri pun menghabiskan biaya sekitar Rp600 jutaan, untuk harga satu buah undangannya seharga US$ 75 atau sekitar Rp 1 juta.

Sementara, Aimee Dunne, seorang wedding planner telah melihat detail dari Royal Wedding ini bahwa akan mencapai sekitar US$ 2 - 2,7 juta atau setara dengan Rp 28,5 - 37,9 miliar. Biaya ini pun belum termasuk biaya keamanan selama prosesi pernikahan nanti.

Untuk gaun pengantin yang akan dikenakan Meghan Markle, rancangan desainer kondang Tamara Ralph dan Michael Russo, seharga sekitar US$ 135 ribu atau sekitar Rp 1,9 miliar. Dikabarkan, bahwa biaya gaun Royal Wedding ini pun nantinya akan berubah sewaktu-waktu.

Saat resepsi nanti, majalah Cosmopolitan telah memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan, mulai dari biaya makanan, minuman dan champagne sendiri akan menghabiskan sekitar US$ 500.000 atau sekitar Rp 7 miliar. Harga tersebut belum termasuk hiburan seperti musik dan penampilan paduan suara yang akan dipimpin James Vivian dan Sheku Kanneh-Mason, remaja 19 tahun yang handal bermain cello.

Biaya untuk dekorasi bunga dan dokumentasi fotografer pun diperkirakan akan menghabiskan US$ 400.000 atau Rp 5,6 miliar.

Menurut kepolisian Thames Valley, James Williams mengatakan bahwa mereka tengah mengkalkulasi biaya keamanan. Diperkirakan biaya keamanan selama pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle minimal menghabiskan US$ 2,8 juta atau sekitar Rp 39,4 miliar, bahkan kemungkinan bisa mencapai $ 32 juta atau seharga Rp 478 miliar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelatih Persib Robert Alberts(Foto Ist)

Minggu, 12 Juli 2020 - 16:00 WIB

Pelatih Persib Robert Alberts Gowes Sepeda Berkeliling Bandung

Akhir-akhir ini, pelatih PERSIB Robert Alberts selalu meluangkan waktunya untuk bersepeda di sekitaran Kota Bandung. Hobi 'gowes' pelatih berkebangsaan Belanda ini ternyata tidak muncul secara…

Kusuma Ida Anjani, Mustika Ratu Business Development, Innovation & SPA Director

Minggu, 12 Juli 2020 - 15:07 WIB

Taman Sari Royal Heritage Spa siap beroperasi di New Normal

Jakarta - Dunia usaha kini memasuki era new normal, dimana beberapa aktivitas bisnis diizinkan beroperasi kembali. Pemerintah telah menyiapkan kebijakan era new normal menggantikan kebijakan…

Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Dokter Reisa Broto Asmoro

Minggu, 12 Juli 2020 - 15:00 WIB

Sejumlah Tips Dokter Reisa Berolah Raga di Ruang Publik

Anjuran pemerintah dalam hal menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemi COVID-19 belakangan ini sudah dilaksanakan oleh masyarakat. Hal ini terlihat dari sudah banyaknya masyarakat yang memanfaatkan…

Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (Foto: @borobudurpark/Industry.co.id)

Minggu, 12 Juli 2020 - 13:00 WIB

Destinasi Wisata Jawa Tengah Kembali Menggeliat

Sebanyak 103 dari 690 tempat wisata di wilayah Jawa Tengah telah beroperasi secara bertahap dengan menerapkan protokol kesehatan setelah berlaku tatanan normal baru.

Hendry Oktavianus, CEO Cicilsewa

Minggu, 12 Juli 2020 - 12:30 WIB

Cicilsewa Dipercaya oleh Yummy Corp sebagai Rekan Usaha untuk Pengembangan Bisnis

Berlangsung akad sewa perdana antara Cicilsewa dan Yummy Corp. Perjanjian sewa ini berlaku untuk unit properti yang berlokasikan di Fatmawati, Jakarta Selatan. Akad sewa dihadiri oleh Eno Susanto,…