Tingkatkan Pangsa Pasar, Kemenperin Gandeng YBI Selenggarakan Pameran Batik Warisan Budaya

Oleh : Ridwan | Selasa, 15 Mei 2018 - 11:28 WIB

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih saat membuka Pameran Batik Warisa Budaya dengan Tema "Cerah Ceria Pesona Batik Madura" (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih saat membuka Pameran Batik Warisa Budaya dengan Tema "Cerah Ceria Pesona Batik Madura" (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bekerjasama dengan Yayasan Batik Indonesia (YBI) menyelenggarakan Pameran Batik Warisan Budaya XII dengan mengusung tema "Cerah Ceria Pesona Batik Madura".

Pameran yang berlangsung mulai tanggal 15-18 Mei 2018 bertempat di Plasa Industri Kementerian Perindustrian, diikuti oleh 48 perajin IKM batik binaan Yayasan Batik Indonesia. 

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin, Gati Wibawaningsih menyebutkan, industri batik telah berperan penting bagi perekonomian nasional. Secara market leader, Indonesia telah menguasai pasar batik dunia serta telah menjadi penggerak perekonomian di regional maupun nasional. 

"Tak hanya itu, industri batik juga telah berjasa menyediakan ribuan lapangan kerja dan menyumbang devisa negara," kata Gati pada pembukaan Pameran Batik Cerah Ceria Batik Madura di Kantor Kemeneprin, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Kemenperin mencatat nilai ekspor batik dan produk batik 2017 mencapai US$ 58,46 juta dengan pasar utama Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa. 

"Perdagangan produk pakaian jadi dunia yang mencapau US$ 442 miliar menjadi peluang besar bagi industri batik untuk meningkatkan pangsa pasarnya, mengingat batik sebagai salah satu bahan baku produk pakaian jadi," terangnya. 

Menurut Gati, industri batik nasional memiliki daya saing komparatif di pasar internasional. Indonesia menjadi market leader yang menguasai pasar batik dunia. "Saat ini industri batik nasional didominasi oleh industri kecil dan menengah yang tersebar di 101 sentra. Jumlah tenaga kerja yang terserap di sentra IKm batik mencapai 15 ribu orang," imbuh Gati. 

Oleh karena itu, lanjutnya, Kemenperin terus berupaya mengembangkan industri batik nasional. Program peningkatan SDM, pengembangan kualitas produk, standarisasi, fasilitas mesin dan peralatan, serta promosi dan pameran diberikan kepada para perajin dan pelaku usaha batik untuk meningkatkan daya saing dan kapasitas produksinya. 

Gati berharap melalui pameran ini dapat mempromosikan karya-karya terbaik dari para perajin IKM batik untuk memperluas pasar agar menjadi komoditas perdagangan vaik untuk pasar dalam negeri maupun luar negeri, sekaligus sebagai kekuatan yang mampu menggerakkan peremonomian rakyat. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Migas Ilustrasi

Rabu, 08 Mei 2024 - 15:47 WIB

HGBT Bakal Dilanjut, Industri Desak PGN Jangan Bermanuver Tetapkan Pembatasan Kuota Gas

Ketua Umum Forum Industri Pengguna Gas Bumi (FIPGB), Yustinus Gunawan menyambut baik sinyal positif dari Menteri ESDM terkait kelanjutan program HGBT untuk sektor industri. Meski demikian, Yustinus…

Dok. Trakindo

Rabu, 08 Mei 2024 - 13:59 WIB

Raih Nilai Tertinggi, Trakindo Dinobatkan Sebagai Best Employers Indonesia 2023

Perusahaan konsultan SDM global Kincentric menobatkan Trakindo sebagai Best Employers Indonesia 2023 dan pengakuan khusus Most Engaged Workplace atas komitmen keberlanjutan organisasi dan tingkat…

Peresmian The Gade Tower, Green Building Milik Pegadaian

Rabu, 08 Mei 2024 - 13:39 WIB

Wamen BUMN Resmikan The Gade Tower, Green Building Milik Pegadaian

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo meresmikan gedung baru Pegadaian berkonsep Green Building pada Selasa (07/05). Peresmian The Gade Tower dan berlokasi di Jalan Kramat Raya no.162 Jakarta…

Launching buku 123 tahun bersama Pegadaian

Rabu, 08 Mei 2024 - 13:34 WIB

Laba Bersih Pegadaian Meningkat Sebesar 33,2% yoy

Dalam sesi paparan performa kinerja PT Pegadaian, Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan menyampaikan bahwa Pegadaian berhasil mencatatkan kinerja yang gemilang hingga bulan April…

Peresmian Port Handover MMP di Balikpapan.

Rabu, 08 Mei 2024 - 13:28 WIB

Dukung Hilirasisasi Nikel, Mitra Murni Perkasa Resmikan MMP Port Handover di Balikpapan

Pelabuhan MMP Port Handover dibangun untuk mendukung kegiatan pembangunan dan operasional smelter nikel Mitra Murni Perkasa yang berlokasi di Kariangau, Balikpapan, Kalimantan Timur.