PM Lie Keqiang Sepakat Tingkatkan Impor Komponen Elektronik dari Indonesia

Oleh : Herry Barus | Selasa, 08 Mei 2018 - 10:18 WIB

PM Tiongkok Li Keqiang (Foto Dok Industry.co.id)
PM Tiongkok Li Keqiang (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri China Li Keqiang di Hotel Shangri-La Jakarta, Senin (7/5/2018) , guna membahas upaya peningkatan kerja sama di bidang perdagangan.

"Saya sangat optimistis bahwa kerja sama Indonesia dan Tiongkok akan terus tumbuh besar, hal ini dapat didukung dengan kebijakan dari Pemerintah," kata Wapres Jusuf Kalla dalam sambutannya di acara Indonesia-China Business Summit 2018.

Salah satu upaya peningkatan kerja sama adalah dengan menambah kuota ekspor minyak kelapa sawit dan produk komponen elektronik dari Indonesia ke Tiongkok.

Ekspor dari Indonesia tersebut merupakan upaya mengisi kekosongan kuota impor Tiongkok dari Amerika Serikat pada saat kedua negara tersebut terlibat ketegangan "perang dagang".

Nilai ekspor komponen elektronik Indonesia ke negeri tirai bambu tersebut mencapai 4 miliar dolar AS, yang setara dengan nilai ekspor biodiesel.

Total volume perdagangan Indonesia-Tiongkok saat ini mencapai angka 65 miliar dolar AS dan diharapkan akan terus meningkat setelah adanya pertemuan bilateral antara Wapres Jusuf Kalla dan PM Li Keqiang.

Tiongkok merupakan mitra dagang terbesar bagi Indonesia sejak disepakatinya kemitraan strategis dan komprehensif Indonesia-Tiongkok lima tahun yang lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Work From Home bagi ASN

Minggu, 05 April 2020 - 00:10 WIB

Ini Alternatif Tips Hilangkan Rasa Bosan Bekerja atau Belajar dari Rumah

Kerja dan Belajar dari Rumah (work from home, school from home) menjadi tren global beberapa waktu terakhir ini.

Kampung Astra Berseri di pulau Pramuka

Sabtu, 04 April 2020 - 23:05 WIB

Sampah Dilautan Semakin Meresahkan, Astra Gelorakan Semangat Pulauku Nol Sampah Lewat KBA

Astra mengajak masyarakat luas untuk bersamasama mengurangi pemakaian plastik sekali pakai melalui sebuah gerakan sosial Semangat Kurangi Plastik. Gerakan tersebut salah satunya dilakukan oleh…

Rupiah (Foto/Rizki Meirino)

Sabtu, 04 April 2020 - 22:05 WIB

Optimalkan Aset Wakaf Bagi Orang Berekonomi Lemah

Kementerian Agama minta Badan Wakaf Indonesia (BWI) menggerakkan wakaf uang melalui Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU).

Tunaikan zakat 2,5 % harta anda (Foto:sharinghappiness.org)

Sabtu, 04 April 2020 - 21:54 WIB

Sebentar Lagi Ramadhan Cepat Keluarkan Zakat

Menteri Agama mendorong Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) untuk mempercepat pembayaran dan pendistribusian zakat harta (mal) ke masyarakat.

Platform VLive

Sabtu, 04 April 2020 - 21:15 WIB

Dirumahaja, Platform Ini Tawarkan Para Penggemar Bertemu Artis Idola

Platform komunitas hiburan global dari Naver Corp, VLIVE, mengajak sejumlah artis dan influencers Indonesia yang tergabung dalam channel VLIVE dalam untuk ikut serta dalam kampanye V PAKET #dirumahaja…