BPJS-Kesehatan Siapkan Rp3 T untuk Dana Cadangan

Oleh : Irvan AF | Rabu, 25 Januari 2017 - 14:26 WIB

BPJS Kesehatan. (Foto: IST)
BPJS Kesehatan. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Palembang - Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fahmi Idris mengatakan telah menyiapkan dana cadangan lebih dari Rp3 triliun untuk antisipasi defisit anggaran pada 2017.

"Kalau yang dialokasikan Rp3 (triliun) sekian dana cadangan dari APBN. Detilnya nanti, saya lupa detilnya Rp3,6 (triliun) atau koma berapa," kata Fahmi di Palembang seperti dilansir Antara, Rabu (25/1/2017).

Fahmi menyebut nilai dana cadangan senilai Rp3 triliun lebih tersebut, sudah diperhitungkan oleh BPJS Kesehatan dan juga Kementerian Keuangan untuk antisipasi defisit.

"Ya itu antisipasi, dana cadangan disiapkan. Kita berupaya jangan lebih dari itu," ucapnya.

Namun, Fahmi menekankan angka tersebut belum tetap dan masih bisa berubah dengan berabagai faktor pertimbangan yang dapat mempengaruhi.

"Nanti kita berbicara lagi mungkin tarif, penyesuaian, belum lagi nanti ada lagi inflasi, kan semua ada pengaruhnya," tuturnya.

Fahmi menyebutkan defisit keuangan BPJS Kesehatan pada 2016 sebesar Rp6,8 triliun dikarenakan ketidaksesuaian iuran yang dibayarkan dengan besaran nilai klaim masyarakat.

Dia mengemukakan meningkatnya kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan menjadi salah satu faktor membengkaknya defisit.

Fahmi berharap jumlah ketidaksesuaian antara besaran klaim dan banyaknya iuran menurun untuk memperkecil defisit.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:17 WIB

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menggelar seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) Pembangunan Masjid JIEP Jayakarta yang akan menjadi salah satu Masjid terbesar di Jakarta…

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:06 WIB

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Festival kecantikan terbesar di Asia Tenggara, BeautyFest Asia 2024. Tahun ini, BeautyFest Asia siap memukau para penggemar kecantikan di lima kota! Acara perdana dimulai di hotel bergengsi…

Tim Bank Mandiri Singapura

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:48 WIB

BMSG Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan Bank Mandiri di Mancanegara

Bank Mandiri Singapura (BMSG) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “BMSG on Preference“ mengusung tema “Elevating ESG Impact,“ acara perdana ini bertujuan meningkatkan kesadaran,…

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.

(kiri ke kanan) Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, Direktur Wholesale & International Service Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Budi Setyawan Wijaya, Direktur Digital Busines Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Utama Ririek Adriansyah, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Heri Supriadi, Direktur Human Capital Management Afriwandi, Direktur Group Business Development Honesti Basyir, dan Direktur Enterprise & Business Service FM Venusiana R

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:12 WIB

Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5% YoY

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2023 di Jakarta pada Jumat (3/5). Rapat menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp17,68 triliun…