Jembatan Holtekamp Harapkan Menjadi Objek Wisata Andalan di Papua

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 24 April 2018 - 17:00 WIB

Jembatan Holtekamp Jayapura Papua (Foto Dok Industry.co.id)
Jembatan Holtekamp Jayapura Papua (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jayapura - Pengurus Asosiasi Agen Perjalanan Wisata (Asita) Provinsi Papua menilai Jembatan Holtekamp yang ditargetkan beroperasi pada akhir 2018 bisa menjadi objek wisata andalan untuk mendatangkan wisatawan ke Jayapura.

"Memang Jembatan Holtekamp bisa menjadi seperti Jembatan Ampera dan menjadi ikon bagi Kota Jayapura," kata Ketua Umum Asita Papua Iwanta Parangin-Angin di Jayapura, Selasa, (24/4/2018).

Ia menyarankan pemerintah daerah setempat lebih serius menyiapkan area wisata dan sarana penunjangnya seperti keberadaan jembatan Ampera di Sumatera Selatan dan Jembatan Suramadu di Jawa Timur.

"Harus ada fasilitas penunjang lainnya seperti kapal wisata yang dioperasionalkan pihak swasta," ujarnya.

Iwanta menyebut sebagai pihak yang biasa menjual paket wisata, keberadaan Jembatan Holtekamp bisa digabungkan dengan beberapa objek lain yang ada di sekitarnya.

Menurut dia jembatan tersebut sudah memperpendek jarak ke wilayah Muara Tami yang memiliki Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw yang kini ramai dikunjungi wisatawan lokal dan domestik.

"Jembatan Holtekamp dan PLBN Skouw itu bisa dijadikan sebuah paket wisata, apa lagi di kawasan Koya banyak tempat pemancingan dan restauran yang juga dapat dijadikan dalam satu paket perjalanan," katanya.

Pembangunan Jembatan Holtekamp dimulai dengan peletakan batu pertama oleh Presiden Joko Widodo pada 9 Mei 2015 dengan estimasi pembiayaan mencapai Rp1,7 triliun melalui APBN dan APBD Provinsi Papua dan Kota Jayapura.

Presiden Joko Widodo yang meninjau lokasi pembangunan Jembatan Holtekam pada 12 April 2018 mengatakan, akhir 2018 jembatan tersebut akan fungsional dan dapat memotong jarak tempuh dari Kota Jayapura ke kawasan Muara Tami. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Bank Mandiri Pusat

Selasa, 30 April 2024 - 15:47 WIB

Bank Mandiri Catat Realisasi Kredit Kuartal I 2024 Tembus Rp 1.435 Triliun

Bank Mandiri berhasil membuktikan ketahanan dan adaptabilitasnya dalam kondisi pasar yang volatil di tengah ketidakpastian ekonomi dan keuangan global. Hal ini tercermin dari kemampuan Bank…

Tingkatkan Layanan Bedah Kardiologi dan Bedah Orthopedi, Siloam Hospitals Grup Adakan Simposium

Selasa, 30 April 2024 - 15:30 WIB

Tingkatkan Layanan Bedah Kardiologi dan Bedah Orthopedi, Siloam Hospitals Grup Adakan Simposium

Siloam Hospitals Grup mengadakan Simposium bertajuk 'Progressive Updates in Cardiology and Orthopedics', di kota Balikpapan, Sabtu (27/04/2024). Pada kegiatan Simposium, disampaikan secara terkini…

HUT ke-43 Damai Putra Group Sebuah Perjalanan untuk Terus Bertumbuh, Berkontribusi, dan Mencapai Masa Depan Bersama

Selasa, 30 April 2024 - 15:26 WIB

43 Tahun Perjalanan Damai Putra Group, Terus Bertumbuh, Berkontribusi dan Mencapai Masa Depan Bersama

Jakarta-Memasuki usia yang ke-43 tahun, PT. Damai Putra Group tidak hanya merayakan pencapaian dan pertumbuhan yang positif, namun juga diikuti dengan komitmen terbaiknya dengan terus memberikan…

Jelang KTT WWF, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto Siapkan Rencana Pengamanan Terpadu

Selasa, 30 April 2024 - 15:21 WIB

Jelang KTT WWF, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto Siapkan Rencana Pengamanan Terpadu

Berkaca dari kesuksesan Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS), tahun 2024 ini Indonesia kembali dipercaya sebagai tuan rumah perhelatan Internasional Konferensi…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara Peringatan HUT Kopassus Ke-72

Selasa, 30 April 2024 - 14:56 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara Peringatan HUT Kopassus Ke-72

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ke-72, bertempat di Lapangan Markas Kopassus Cijantung,…