20 April 2018, Masyarakat Baduy Siap Gelar Perayaan Seba

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 16 April 2018 - 13:00 WIB

Festival Seba Baduy, Banten (Ist)
Festival Seba Baduy, Banten (Ist)

INDUSTRY.co.id, Lebak - Tanggal 20 April 2018, masyarakat Baduy yang tinggal di pedalaman Kabupaten Lebak siap menggelar perayaan Seba dengan mendatangi Bupati Lebak dan Gubernur Banten untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kami setiap tahun rutin melaksanakan ritual Seba dengan mendatangi Bupati Lebak dan Gubernur Banten sebagai "Bapak Gede" atau pemimpin kepala daerah," kata pemuka Baduy Saija yang juga Kepala Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak, Senin, (16/4/2018).

Pelaksanaan perayaan Seba diagendakan tanggal 20 April 2018 dengan mendatangi penjabat Bupati Lebak Ino S Rawita bersama pejabat daerah setempat.

Dikutip dari facebook Kemenpar, ribuan warga Suku Baduy Dalam dan Luar bakal turun gunung membanjiri Kota Serang, Banten pada 21 April mendatang. Mereka datang untuk mengantarkan hasil bumi ke Gubernur Banten.

Dalam perayaan tersebut, kegiatan ini merupakan cara masyarakat Baduy ntuk memperkuat persatuan sebagai bentuk cinta terhadap Tanah Air dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dalam perayaan Seba itu,tentu masyarakat Baduy bersyukur dengan panen hasil pertanian ladang cukup bagus dan menghasilkan ketersedian pangan.

"Kami berharap Seba tahun ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Badui dengan hidup penuh kedamaian dan ketentraman," katanya menjelaskan.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati, tradisi itu dijadikan simbol atau identitas budaya di Provinsi Banten. Sebab, Banten merupakan salah satu daerah yang memiliki ragam budaya unik. Banten juga selalu menjaga kearifan lokal.

"Sejumlah persiapan dilakukan untuk menyambut warga Suku Baduy. Beragam pertunjukan budaya akan ikut disuguhkan. Mulai dari tari-tarian, marching band, wayang golek dan layar tancap dihadirkan. Hiburan super meriah akan mewarnai perhelatan tersebut," katanya.

Seba Baduy 2018 akan dimulai dari Desa Kanekes ke Rangkasbitung (Kab. Lebak). Kemudian lanjut ke Serang (Provinsi) keesokan harinya. Tahun ini sepertinya sedikit berbeda, warga Suku Baduy juga akan mengunjungi Bupati Pandeglang. Berikut urutan jadwal Seba Baduy:
20 April – Kab. Lebak.
21 April – Kab. Pandeglang.
21 April – Kota Serang & Prov. Banten.
22 April – Kab. Serang.
    

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…