Wamen Energi Polandia: Perusahaan Polandia Sangat Tertarik Berinvestasi di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Kamis, 12 April 2018 - 19:20 WIB

Wamen ESDM Arcandra Tahar bersama Delegasi Polandia
Wamen ESDM Arcandra Tahar bersama Delegasi Polandia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah Indonesia terus mendorong pertumbuhan ekonomi, salah satunya dari sektor energi dan sumber daya mineral. Seperti penyederhanaan peraturan dan regulasi yang direvisi atau dibuat agar lebih menarik bagi para investor. 

Hingga Maret 2018, Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menyederhanakan atau mencabut 186 regulasi dan perizinan yang dinilai dapat menghambat investasi. Selain itu, penawaran investasi-investasi kepada negara yang sudah pernah berinvestasi atau bahkan kepada negara-negara yang dianggap berpotensi juga terus dilakukan.

Penawaran investasi dari sektor energi dan sumber daya mineral salah satunya dilakukan oleh Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Arcandra Tahar saat memberikan sambutan dalam agenda Indonesia - Polandia Bussines Forum yang dilaksanakan di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (12/4/2018).

"Kami akan selalu siap untuk mendengarkan keluhan yang dihadapi para investor, dan akan berusaha menciptakan alur bisnis yang transparan dan akuntabel, dan agar perusahaan-perusahaan Polandia yang saat ini beroperasi di Indonesia memahami alur bisnis di Indonesia supaya bergabung sajja dengan perusahaan lokal," ujar Arcandra.

Sebagai bukti Pemerintah Indonesia terus berusaha mencipatkan iklim investasi yang ramah investor, berdasarkan Ease of Doing Bussiness (EoDB Index) Indonesia pada tahun 2018 meningkat menjadi peringkat 72 atau lebih dari tahun sebelumnya yaitu peringkat 91.

Hal tersebut disambut baik oleh Wakil Menteri Energi Polandia, Grzegorz Tobiszowski selaku pimpinan delegasi Polandia ke Indonesia. Dirinya menyatakan kesiapan untuk bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia.

"Perusahaan-perusahaan Polandia sangat tertarik untuk berinvestasi di Indonesia. Sampai saat ini, banyak perusahaan Polandia yang berinvestasi di Indonesia, seperti Rafako perusahaan energi asal Polandia yang memenangkan tender pembangunan PLTU berkapasitas 2x50 MW di Lombok, Nusa Tenggara Barat" ujar Grzegorz.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, delegasi Polandia juga menawarkan program pertukaran mahasiswa di bidang energi dan pertambangan. Hal tersebut disambut baik oleh Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, pertukaran mahasiswa yang dilakukan dapat menumbuhkan dampak positif di bidang kebudayaan , teknologi, dan hubungan kerja sama bilateral antara Indonesia - Polandia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Saleh Husin Ketua Majelis Wali Amanat UI (MWA UI) (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:00 WIB

Jelang Pemilihan Rektor UI, Majelis Wali Amanat Bentuk Panitia Penjaringan Kandidat

Guna menjaring kandidat terbaik dalam pemilihan rektor, Panitia Khusus Pemilihan Rektor Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia telah membentuk Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor…

BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:58 WIB

Perkuat Layanan dan Bisnis Logistik, BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Nota kesepahaman tersebut berisikan tentang pelayanan kegiatan bongkar muat dan integrasi sistem logistik.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:30 WIB

Sesalkan Aksi Pembakaran Mapolsek Tambelangan, Khofifah Dukung Polri Usut Tuntas

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyesalkan aksi pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang, Jawa Timur. Khofifah mendorong Polisi segera memproses hukum siapapun pelaku dan provokator…

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:00 WIB

Digelar BCA Autoshow Padang 2019, Pelayanan Kebutuhan pada Kendaraan Bermotor

Inisiatif PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam memberikan pelayanan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor kembali diwujudnyatakan dalam gelaran BCA Autoshow 2019 pada tanggal 21 Mei…

Dirut LPDB KUMKM Braman Setyo saat mengunjungi Kopwan SBW di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (23/5/2019).

Jumat, 24 Mei 2019 - 11:14 WIB

Cegah Kredit Macet, LPDB Mulai Lirik Pola Tanggung Renteng Jadi Role Model

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) tertarik dengan pola tanggung renteng yang dikembangkan oleh Koperasi Wanita Setia Bhakti Wanita (SBW) Jawa…