Mendikbud: Gala Siswa Cari Bibit Unggul Pemain Bola

Oleh : Herry Barus | Minggu, 08 April 2018 - 11:16 WIB

Turnamen Sepak Bola Gala Siswa
Turnamen Sepak Bola Gala Siswa

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan Turnamen Sepak Bola tingkat Sekolah Menengah Pertama atau Gala Siswa bertujuan untuk mencari bibit unggul pemain bola.

"Melalui kompetisi ini, kita bisa mencari bibit unggul pemain bola yang dideteksi dari SMP sehingga pembinaannya lebih intensif dan nanti ketika masuk ke tingkat sekolah menengah atas (SMA), anak-anak sudah bisa terdeteksi bahwa mereka punya kemampuan istimewa di bidang sepak bola," ujar Muhadjir di Jakarta, Sabtu (7/4/2018)

Kompetisi sepak bola tersebut dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan kemudian naik ke tingkat nasional.

"Nanti ketika ada rekrutmen pemain-pemain profesional maka kita sudah punya list siapa-siapa yang punya bakat sangat spesial di bidang sepakbola itu," tambah Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Ke depan, lanjut dia, industri sepak bola cepat atau lambat akan mewarnai kemajuan Indonesia ke depan. Hal itu karena sepak bola merupakan olah raga paling klasik dan paling modern.

"Saya kira sampai sekarang tidak ada satu pun olahraga yang terindustrialisasi secanggih sepak bola," katanya.

Mendikbud menjelaskan melalui sepak bola pula, pendidikan karakter dapat ditanamkan. Sepak bola menjadi media yang paling komplit untuk pembentukan karakter siswa karena di situ ada talenta, ketrampilan, sportivitas, kerja sama dengan tim, menghargai lawan dan teman, adu taktik, bisa memadukan antara otot dengan otak dalam waktu yang bersamaan dengan keduanya sama-sama membutuhkan konsentrasi penuh.

"Biar otaknya bagus, cerdas, taktiknya bagus, tapi kalau talentanya rendah dia juga tidak akan bagus. Sebaliknya, juga biar talentanya bagus tapi tidak memiliki otak yang baik, bisa meramu taktik strategi juga tidak akan berhasil. Jadi sepak bola ini media yang paling sempurna untuk pendidikan karakter," papar dia.

Turnamen sepak bola tersebut digelar bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Kemdikbud, KONI dan PSSI menargetkan setidak-tidaknya ada 50 persen dari 350.000 siswa SMP di Indonesia bisa berpartisipasi di Gala Siswa tersebut. Selain Gala Siswa, kerja sama ketiga lembaga tersebut juga akan diwujudkan dalam pemberian kursus Lisensi D Nasional bagi para guru olahraga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 06:40 WIB

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019

Torehan prestasi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali terukir berkat komitmennya dalam membangun solusi perbankan yang tepat untuk nasabah di tengah masifnya transformasi digital saat ini.…

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…