Tiga Proyek Investasi Industri Logam Senilai US$6,3 Miliar Siap Beroperasi

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 Januari 2017 - 10:45 WIB

Smelter Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)
Smelter Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Penghiliran industri logam akan diramaikan dengan beroperasinya tiga proyek investasi pada kuartal I tahun ini senilai US$6,3 miliar.

"Saat ini industri logam nasional semakin berkembang lewat investasi yang dibangun di luar Jawa. Sejak 2012, tercatat nilai investasi industri pemurnian yang sudah terealisasi mencapai US$15 miliar hingga tahun ini," kata Direktur Industri Logam Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Doddy Rahadi di Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Untuk Feronikel yang dihasilkan oleh industri di Kawasan Industri Morowali, menurut Doddy, direncanakan bisa mencapai tahap kedua untuk produksi stainless steel hingga 2 juta ton pada 2018.

"Selain industri pemurnian, kami mulai fokus untuk menumbuhkan industri komponen otomotif, khususnya komponen baja yang saat ini masih diimpor," papar dia.

Data dari Imq, berdasarkan pemetaan Kementerian Perindustrian, tiga proyek investasi penghiliran industri logam adalah PT Virtue Dragon Nickel Industry yang memproduksi feronikel dengan kapasitas 600.000 ton di Konawe, Sulawesi Selatan dengan total investasi senilai US$2 miliar. Rencananya, pabrik akan beroperasi komersial pada Februari 2017.

Selanjutnya, PT COR Industri Indonesia (PT CORII) yang menghasilkan 100.000 ton feronikel dengan nilai investasi mencapai US$300 juta di Morowali Utara. Adapun target operasinya diperkirakan terealisasi pada Maret 2017.

Proyek ketiga dengan nilai investasi terbesar berlokasi di Kawasan Industri Morowali dengan total investasi sekitar US$4 miliar, salah satunya PT Tsingshan yang memproduksi feronikel hingga stainless steel berkapasitas 1 juta ton. Bahkan, perusahaan telah melakukan uji coba produksi sejak Desember 2016, targetnya pabrik akan beroperasi pada Juli 2017. (Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA)

Selasa, 31 Maret 2020 - 13:05 WIB

Galer Eraspacetival, Erajaya Berikan Diskon Besar-besaran

Erajaya menggelar festival belanja online bertajuk Eraspacetival. Sejumlah produk diberikan diskon besar, salah satunya iPhone XS.

Ketua PB PASI Bob Hasan

Selasa, 31 Maret 2020 - 13:02 WIB

Eks Menperindag era Soeharto, Bob Hasan Tutup Usia

Bob Hasan, Ketua PB PASI yang juga pernah menjabat menteri perindustrian dan perdagangan era Presiden Soeharto wafat pada pukul 11.00 WIB di RSPAD Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Wings Air (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 31 Maret 2020 - 13:00 WIB

Dukung Industri Pariwisata, Wings Air Melayani 18 Penerbangan Domestik di Bandara Adisutjipto

Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group memberikan keterangan sesuai perkembangan informasi terkini, bahwa seluruh layanan penerbangan domestik tetap beroperasi di Bandar Udara…

Petani Klaten panen padi

Selasa, 31 Maret 2020 - 12:47 WIB

Petani Klaten Siap Pasok 90 Ribu Ton Beras Sampai Mei 2020

Mengantisipasi efek dari penyebaran wabah covid-19 Kementerian Pertanian dan Pemerintah daerah melakukan langkah strategis untuk memenuhi ketersedian pangan dalam negeri. Meskipun aktivitas…

Kisah Miko dan dua rekan grabfood mengantar makanan di saat corona

Selasa, 31 Maret 2020 - 12:30 WIB

Kisah Para Ojol Pahlawan di Musim Corona: Saya Harus Bekerja, Karena Pelanggan adalah Pembawa Rezeki buat Saya dan Keluarga

Bagi saya memastikan kebersihan makanan yang saya antar dan kepuasan pelanggan adalah prioritas utama. Karena saya percaya bahwa pelanggan adalah pembawa rezeki, penghidupan saya dan keluarga,"…