Alfamart Targetkan Penjualan Ramadhan Meningkat 15 Persen

Oleh : Herry Barus | Selasa, 03 April 2018 - 06:41 WIB

CEO SCBI Rino Donosepoetro dan Presdir PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Hans Prawira (Foto Dok Industry.co.id)
CEO SCBI Rino Donosepoetro dan Presdir PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Hans Prawira (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) menargetkan penjualan meningkat hingga 15 persen pada momentum Ramadhan dan Lebaran tahun ini, atau lebih tinggi dari tahun lalu yang berkisar 12 sampai 13 persen.

Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Hans Prawira, usai penandatanganan kerja sama dengan Standard Chartered Bank di Jakarta, Senin (2/4/2018), menilai Ramadhan dan Lebaran merupakan momentum sekali dalam setahun bagi ritel FMCG (Fast Moving Consumer Goods) yang harus dipersiapkan sebaik-baiknya.

"Kami sendiri menargetkan internal lebih tinggi dari 15 persen, 'festive periode'-lah kami sebutnya yaitu dari 2 minggu sebelum puasa sampai 2 minggu sesudah lebaran. Tahun lalu kenaikannya 12 sampai 13 persen," kata Hans kepada awak media.

Ia menjelaskan sejumlah estimasi stok sudah disiapkan dan produk-produk khas Ramadhan, seperti buah kurma juga sudah mulai dipasok ke beberapa gerai Alfamart.

Selain pada momen Ramadhan dan Lebaran, Alfamart juga menyasar peningkatan penjualan dari turnamen olahraga terbesar se-Asia, yakni Asian Games yang digelar di Jakarta dan Palembang.

Apalagi, Alfamart juga merupakan "retail partner" yang mendukung kegiatan dan penjualan barang kebutuhan Asian Games baik di venue maupun di Wisma Atlet Kemayoran.

"Kami percaya akan ada kenaikan cukup besar. Kami harapkan signifikan dan estimasi kita paling sedikit itu 15 persen dari event-event besar," kata Hans.

Pada tahun ini, Alfamart juga akan membuka 800 gerai baru di wilayah Pulau Jawa maupun luar, terutama di bagian timur Indonesia.

Saat ini Alfamart memiliki 13.477 jaringan toko di berbagai wilayah Indonesia dan melibatkan lebih dari 400 pemasok berbagai macam produk. Setidaknya ada empat juta konsumen yang bertransaksi di gerai jaringan mini market ini setiap harinya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pariwisata Bali (Foto Dok Instagram)

Minggu, 16 Juni 2019 - 21:00 WIB

Ready, Set, Summer!

Menjelang liburan musim panas, Agoda, salah satu platform perjalanan digital yang paling cepat berkembang di dunia, mengungkapkan bahwa Tokyo, London dan Las Vegas masih terus merajai sebagai…

Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 20:00 WIB

Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir

Pengiriman dan penyaluran bantuan sosial dari Kementerian Sosial terus bergulir bagi korban bencana banjir di sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tenggara.

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke Amerika Serikat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 17:34 WIB

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke Amerika Serikat

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui Kantor Cabang Luar Negeri New York, Amerika Serikat memberikan dukungan fasilitas pembiayaan kepada Crystal Cove Seafood Corp. (Crystal Cove),…

Mendikbud, Muhadjir Effendy

Minggu, 16 Juni 2019 - 16:46 WIB

Rawan Jual Beli Kursi, Mendikbud Lakukan Penataan Sejumlah Sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan pemetaan sejumlah sekolah yang dinilai rawan terhadap praktik jual beli kursi dalam Penerimaan Peserta Didik (PPDB).

Ilustrasi Desa Wisata

Minggu, 16 Juni 2019 - 12:30 WIB

Kemenpar Gandeng Udinus Latih Warga Temanggung Majukan Desa Wisata

Kementerian Pariwisata dan Universitas Dian Nuswantara Semarang memberikan pelatihan memajukan potensi daerah sebagai desa wisata baru pada warga Kelurahan Walitelon Utara Kecamatan Temanggung,…