Indonesia-Perancis Kerjasama Pantau Mitigasi Gunung Berapi

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 27 Maret 2018 - 10:25 WIB

Kementerian ESDM menandatangani nota kesepahaman dengan Perancis terkait mitigasi bencana geologi gunung berapi di Indonesia.
Kementerian ESDM menandatangani nota kesepahaman dengan Perancis terkait mitigasi bencana geologi gunung berapi di Indonesia.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian ESDM menandatangani nota kesepahaman dengan Perancis terkait mitigasi bencana geologi gunung berapi di Indonesia. Perjanjian kerja sama itu ditandatangani oleh Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Jean Charles Berthonnet dan Kepala Badan Geologi Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudy Suhendar, Senin (26/3/2018).

Menteri ESDM Ignasius Jonan kembali menekankan pentingnya sosialisasi dalam mitigasi bencana geologi, mengingat seberapapun besarnya manfaat sebuah informasi mitigasi bencana, tanpa disosialisasikan maka tidak akan banyak berguna bagi masyarakat.

"Informasi mitigasi bencana geologi harus disampaikan kepada masyarakat secara masif agar terasa manfaatnya bagi masyarakat sesuai seperti yang diharapkan," tegas Jonan.

Lebih lanjut Jonan menyarankan ke depan sosialisasi mitigasi bencana geologi ini dapat dilakukan dengan lebih optimal. "Saya hanya menyarankan kerja sama ini yang meliputi bagaimana menerjemahkan hasil-hasil teknik mitigasi kita untuk disosialisasikan kepada publik. Sebagaimana kita ketahui, banyak orang yang hidup di sini belum dapat memahami isu tentang vulkanologi dan bencana geologi, memahami isu erupsi,"ujarnya.

Kementerian ESDM melalui Badan Geologi mempunyai kewajiban dan bertanggung jawab untuk menyampaikan potensi kebencanaan yang setiap saat bisa mengancam jiwa masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana. Laporan aktivitas kegeologian terkait kebencanaan secara rutin diberikan Kementerian ESDM kepada Pemerintah Daerah hingga Kecamatan pada awal bulan. Laporan tersebut diharapkan dapat menjadi perhatian dan dapat ditindaklanjuti.

Terkait dengan penandatangan perjanjian kerjasama dengan Perancis yang baru saja berlangsung, Menteri ESDM mengucapkan terima kasih kepada Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Jean-Charles Berthonnet. "Terima kasih kepada Duta Besar sehingga MoU ini dapat terselenggara. Kerja sama ini telah terjalin hampir 54 tahun yang awalnya diinisiasikan oleh Presiden Soekarno dengan Pemerintah Perancis terkait Bencana Vulkanologi dan isu-isu yang terkait," kata Jonan.

Kepala Badan Geologi, Rudy Suhendar menambahkan, kerjasama yang dilakukan oleh Indonesia dan Perancis yang telah berjalan selama beberapa dekade ini telah memberikan beberapa manfaat bagi kedua belah pihak baik pihak Indonesia maupun Perancis terutama dalam pengembangan kapasitas, pertukaran pengetahuan dan peningkatan analisis data vulkanik.

"Saya melihat bahwa ada peluang besar bagi kedua negara kita untuk melanjutkan kerja sama untuk saling mendukung terutama dalam pencarian kita untuk pengembangan kapasitas berkelanjutan dalam kerangka mitigasi bahaya geologi khususnya di Indonesia. Saya percaya bahwa kerja sama yang produktif antara Indonesia dan Perancis, berdasarkan pada kepentingan bersama dan saling menghormati, jelas merupakan kepentingan jangka panjang kedua negara kita," pungkas Rudy

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…

Produk Le Minerale

Selasa, 23 April 2024 - 12:10 WIB

Brand Nasional Le Minerale Jadi Favorit Konsumen selama Ramadhan 2024

Air minum kemasan bermerek Le Minerale menjadi air mineral favorit konsumen selama Ramadhan 2024. Hal tersebut tercermin dari survei anyar Goodstats, platform kelola data daring berbasis Jakarta,…

Ilustrasi perbankan syariah (republika.co.id)

Selasa, 23 April 2024 - 12:01 WIB

Perbankan Syariah Sambut Positif Hasil Keputusan Pilpres di Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi (MK) ketuk palu menolak Gugatan perkara Pilpres baik dari Pihak Amin dan Ganjar Mahfud. Pertanda dunia perbankan syariah optimis.