KPAI Tidak Intervensi Hukum Penganiayaan Bayi C

Oleh : Herry Barus | Selasa, 27 Maret 2018 - 04:34 WIB

KPAI. (Foto: IST)
KPAI. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Susanto menghormati proses kasus yang ditangani Polres Karawang terhadap kasus yang menimpa S karena diduga menganiaya anaknya, bayi C, sekaligus KPAI tidak akan melakukan intervensi terhadap proses hukum yang berjalan.

Sejauh ini, kepolisian setempat berencana membebaskan tersangka S atas kasus bayi C dengan alasan spesifik seperti latar belakang sang ibu korban yang mengalami tekanan dan faktor ekonomi.

"KPAI akan kawal di kepolisian. Kami tidak bisa intervensi proses yang berjalan," kata Susanto di kantornya Jakarta, Senin (26/3/2018)

Terkait rencana pembebasan S, Susanto mengatakan pendekatan hukum bukan satu-satunya metode penanganan terhadap kasus anak, pencegahan kekerasan dan perlindungan anak. Perlindungan anak bisa lewat pendekatan lain di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, lingkungan sekitar dan lainnya.

Dia mengatakan pendekatan perlindungan anak akan selalu berkembang, terlebih banyak kasus kekerasan pada anak justru dilakukan oleh orang sekitar. Maka dari itu, perlindungan anak bisa dimulai dari lingkungan terdekat anak.

Susanto mencontohkan terdapat upaya teladan yang dilakukan oleh kepala RT di Cileungsi, Bogor, yang berinisiatif menyelesaikan persoalan kekerasan anak. Kepala RT ikut mencegah terjadinya kekerasan anak begitu mendapat temuan dugaan kasus di lingkungannya.

Kepala RT bersama warga aktif dalam melakukan pencegahan kekerasan di lingkungan keluarga.

Terkait kasus yang menimpa bayi C, Susanto mengatakan tidak terjadi perlindungan lingkungan sekitar karena ketidaktahuan. Dari kasus itu, justru tenaga medis yang mengetahui terjadi kekerasan pada bayi C.

Atas insiden itu, dia berharap agar keteladanan tenaga medis di Karawang bisa dicontoh masyarakat luas bahwa siapapun bisa turut melindungi anak dengan segala tugas dan fungsinya.

"Kami beri apresiasi kepada tenaga medis di Karawang. Dulu tenaga medis hanya lakukan tindakan medis. 'Mandatory report' dia bisa melaporkan kejadian kekerasan anak kepada kepolisian, kami apresiasi. Ini bentuk kepeloporan jika ada hal seperti itu lakukanlah seperti di Karawang karena orang sekitar belum tentu mengetahui," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…