Penerbangan Bali-Mumbai Tingkatkan Kunjungan Wisman

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 25 Maret 2018 - 12:13 WIB

Kunjungan Wisman ke Bali (Foto ist)
Kunjungan Wisman ke Bali (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Konsulat Jenderal India di Denpasar menyatakan optimistis penerbangan langsung yang dilayani Garuda Indonesia dengan rute Bali-Mumbai akan mendongkrak kunjungan wisatawan dari negara itu ke Pulau Dewata.

"Ini (penerbangan langsung) merupakan permintaan yang sudah lama dinantikan, khususnya bagi wisatawan India," kata Konsul Jenderal India Sunil Babu di Denpasar, Bali, Sabtu (24/3/2018)

Pihaknya menyambut gembira langkah maskapai penerbangan nasional Tanah Air itu merebut pangsa pasar yang saat ini semakin tumbuh signifikan.

"Pasar sudah tersedia. Saya gembira Garuda mengambil langkah pertama untuk meraih pasar itu, " ucapnya.

Diplomat senior itu mencatat kunjungan wisatawan dari India ke Bali rata-rata mencapai sekitar 800 orang per hari.

Ia bahkan menyebutkan ketika akhir tahun lalu pariwisata Bali sempat melesu dengan turunnya kunjungan wisatawan asing karena aktivitas Gunung Agung, ternyata turis dari India ke Bali justru melonjak.

Dengan demikian, ia juga mengharapkan jadwal penerbangan harian yang dibuka Garuda akan cepat menghubungkan Bali dan negeri dengan ikon Taj Mahal itu.

"Saya optimistis, tidak diragukan lagi penerbangan ini akan melancarkan akses turis India. Budaya yang sama membuat mereka tertarik ke Bali," katanya.

Garuda Indonesia siap membuka penerbangan langsung dari Bali menuju Mumbai, India yang dijadwalkan pada 23 April 2018.

Penerbangan tersebut akan dilayani dua kali dalam seminggu yakni Senin dan Kamis pukul 15.40 WITA dengan waktu tempuh sekitar tujuh jam.

Rencananya pada Mei 2018 setelah penerbangan perdana itu, maskapai BUMN tersebut berencana menambah jadwal menjadi tiga kali dalam seminggu.

Tipe pesawat yang akan digunakan untuk melayani rute potensial itu yakni Airbus A-330 seri 200 yang menampung ratusan penumpang kelas bisnis dan ekonomi.

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali mencatat wisatawan India yang mengunjungi Bali selama tahun 2017 tercatat 272.761 orang, meningkat 45,59 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Turis asal India menempati peringkat ketiga setelah China dan Australia yang memberikan kontribusi sebesar 4,79 persen dari total wisman ke Bali sebanyak 5,69 juta orang selama 2017. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim Thomas dan Uber ke Final

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:48 WIB

Melaju ke Final, BNI Apresiasi Keberhasilan Tim Thomas dan Uber Indonesia

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengucapkan selamat dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan Tim Thomas dan Uber Indonesia melaju ke babak final Kejuaraan…

Tekan Dampak Pemanasan Global, PIS Kolaborasi Cintai Bumi di Desa Nelayan Bali

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:20 WIB

Tekan Dampak Pemanasan Global, PIS Kolaborasi Cintai Bumi di Desa Nelayan Bali

Badung- PT Pertamina International Shipping (PIS) kembali melanjutkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) “BerSEAnergi untuk Laut” yang bertujuan salah satunya untuk menekan…

Delegasi Indonesia asal Kota Bekasi Tampil di Ajang Dubai International Chamber 2024

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:10 WIB

Keren! Delegasi Indonesia asal Kota Bekasi Tampil di Ajang Dubai International Chamber 2024

Jakarta-Bantar Gebang, yang terletak di Bekasi, Jawa Barat, adalah tempat pembuangan sampah terbesar di dunia. Setiap hari, Jakarta menghasilkan sekitar 15.000 ton sampah yang dibuang ke Tempat…

Ilustrasi sampah plastik

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:35 WIB

Riset Terbaru Sebut Produsen Makanan-Minuman Nasional Ini Masuk Daftar Pencemar Global

Produsen makanan dan minuman global, termasuk Coca-Cola, Nestle dan Danone, memuncaki daftar perusahaan penyumbang terbesar sampah plastik di dunia, menurut sebuah laporan riset anyar yang diterbitkan…

Grand Opening Roti Keset Condet Kemang

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:25 WIB

Fadil Jaidi dan Pak Muh Seru-seruan di Grand Opening Roti Keset Condet Kemang

Youtuber Fadil Jaidi dan ayahnya Pak Muh menjadi bintang tamu pada Grand Opening Roti Keset Condet Kemang, Rabu (1/5/2024). Lokasinya di Jalan Kemang Selatan VIII No.56A Jakarta Selatan.