Menhub Budi Karya Targetkan Proyek DDT Selesai Tahun 2020

Oleh : Herry Barus | Senin, 19 Maret 2018 - 07:56 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi (humas kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi (humas kemenhub)

INDUSTRY.co.id - Bekasi- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi targetkan proyek double-double track (DDT) Manggarai - Bekasi selesai pada tahun 2020. Target ini maju dari target semula selesai pada tahun 2022. Hal ini dikatakan Menhub usai menggelar pertemuan dengan Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri di Balai Pengujian Perkeretaapian, Minggu (18/3/2018) di Bekasi.

Terkait rencana ini Menhub Budi menyebut ada 3 poin utama agar target penyelesaian proyek DDT itu bisa terwujud yaitu optimalisasi anggaran, metode kerja, dan window time atau waktu jeda antara jadwal kereta api terakhir dengan kereta api selanjutnya yang melalui proyek DDT.

Saya minta Dirjen Perkeretaapian melakukan beberapa hal, pertama mengoptimalisasikan anggaran. Anggaran sudah bisa dialokasikan dari tahun 2022 menjadi tahun 2020. Kedua adalah metode kerja juga relatif bisa dilaksanakan, jelas Menhub Budi.

Lebih lanjut dijelaskan Menhub, pihaknya meminta kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero untuk memperpanjang window time untuk pengerjaan proyek DDT.

Window time sekarang dikasih 3 sampai 4 jam oleh PT KAI, saya minta minimal itu 4 jam jadi 5 jam efektifnya 4 jam. Nah kalau window time bisa dikerjakan, metode kerja itu bisa ditingkatkan, uangnya tersedia, maka akan selesai pada tahun 2020, jelas Menhub seperti dilansir laman Kemenhub.

Dengan nantinya proyek DDT Manggarai - Bekasi ini bisa selesai lebih cepat pada tahun 2020, Menbub berharap ini dapat meningkatkan kapasitas perjalanan kereta api khususnya Kereta Commuter Jabodetabek.

Oleh karenanya DDT ini akan kita buat nanti itu kapasitas minimal 1,2 atau 1,4 juta penumpang. Alangkah indahnya kalau tadinya tahun 2022 kita bisa (selesai) menjadi tahun 2020, ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Menhub saat ini Kereta Commuter Jabodetabek mengangkut sebanyak 1,1 juta orang penumpang per hari dari rencana awal hanya untuk 400.000 penumpang per hari.

Terkait target ini Menhub meminta dukungan dari PT KAI dan PT KAI Commuter Jabodetabek agar proyek DDT ini bisa selesai lebih cepat pada tahun 2020.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…

The Museum of Innocence Turki (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:00 WIB

Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Para Kutu Buku di Hari Buku Dunia

Buku dapat membawa Anda ke tempat-tempat yang baru dan menarik, bahkan dunia yang sama sekali baru. Di Hari Buku Dunia (World Book Day, 23 Maret 2019) kali ini, Agoda akan membawa Anda dalam…

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Sabtu, 20 April 2019 - 18:40 WIB

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Huawei Indonesia mendorong pengguna memandang dengan lebih luas melalui smartphone mereka lewat HUAWEI Next Image Masterclass

Direktur Kesehatan Hewan, Fadjar Sumping Tjatur Rasa bertemu produsen obat hewan

Sabtu, 20 April 2019 - 18:24 WIB

Dorong ekspor, Kementan ajak produsen tingkatkan kualitas obat hewan Indonesia

Jakarta - Kementerian Pertanian mengajak seluruh Produsen Obat Hewan Indonesia untuk terus memperluas akses pasar melalui peningkatan kualitas obat hewan dengan penerapan Cara Pembuatan Obat…