Perum PPD Targetkan Seluruh Stasiun Terintegrasi Bus Kota Tahun Ini

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 16 Maret 2018 - 12:48 WIB

PT Kereta Commuter Indonesia bersama Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (berkomitmen mendukung implementasi integrasi antar moda melalui layanan alat bayar commuter yakni tiket Kartu Multi Trip (KMT) yang dapat digunakan untuk bus kota.
PT Kereta Commuter Indonesia bersama Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (berkomitmen mendukung implementasi integrasi antar moda melalui layanan alat bayar commuter yakni tiket Kartu Multi Trip (KMT) yang dapat digunakan untuk bus kota.

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Pemerintah terus mendorong publik untuk beralih ke transportasi massal, salah satunya melalui commuter line. Karenanya, guna mengakomodasi hal tersebut, PT Kereta Commuter Indonesia menjajaki dengan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) dengan meluncurkan kartu multi trip yang bisa digunakan di dalam bus kota.

“Kami menargetkan untuk tahun ini semuanya sudah bisa terintegrasi. Selain stasiun Sudirman, dalam waktu dekat kita integrasikan di Depok, Cibubur, dan Kalibata,” kata Direktur Operasi & Pemasaran PT KCI Pande Putu Yasa dalam konferensi persnya di Stasiun Sudirman, Jumat 16 Maret 2018.

Diutarakannya, kenapa dimulai di stasiun Sudirman, karena stasiun Stasiun Sudirman jumlah pergerakkan penumpang yang paling banyak mencapai 65 ribu orang perhari.

Perum PPD untuk integrasi antar moda ini telah menyiapkan enam bus kota. Dimana untuk bus premium kapasitas orang mencapai 34 orang dan kelas bisnis mencapai 54 orang. Pihaknya juga telah bekerjasama dengan pengembang yang membuat hunian dengan konsep TOD. Antara lain dengan Adhikarya, Podomor Group, bahkan dalam waktu dengan dengan Lippo Group.

“Jadi untuk seluruh TOD yang ada Perum PPD telah menyiapkan angkutan umumnya,” paparnya.

Direktur Operasi dan Pemasaran PT Kereta Commuter Indonesia, Subakir mengatakan sinergi KCI dan Perum PPD ini akan memberikan pelayanan dan kemudahan serta nilai lebih bagi seluruh pengguna jasa KRL.

“Ini juga sejarah bagi kami karena untuk pertama kalinya Kartu Multi Trip dapat digunakan sebagai alat bayar diluar ekosistem KCI sendiri,” pungkasnya

Disebutkannya, kereta commuter telah mengangkut 315 juta penumpang dalam setahun, dimana 950 ribu orang perharinya. Pengguna KRL Commuter Line yang tida distasiun Sudirman dapat langsung berganti moda ke bus PPD menuju gambir atau BlokM di titik penjemputan yang tersedia di pintu keluar statsiun arah jalan Blora.

Untuk tahap awal ini rute trans commuter yang dioperasikan PPD adalah stasiun Sudirman, Gambir, dan Stasiun Sudirman- Blok M dengan tiket 5.000 untuk sekali perjalanan. Armada Transcommuter PPD siap melayani pengguna mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB setiap harinya dengan waktu keberangkatan setiap 30 menit sekali.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…