Perum PPD Targetkan Seluruh Stasiun Terintegrasi Bus Kota Tahun Ini

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 16 Maret 2018 - 12:48 WIB

PT Kereta Commuter Indonesia bersama Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (berkomitmen mendukung implementasi integrasi antar moda melalui layanan alat bayar commuter yakni tiket Kartu Multi Trip (KMT) yang dapat digunakan untuk bus kota.
PT Kereta Commuter Indonesia bersama Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (berkomitmen mendukung implementasi integrasi antar moda melalui layanan alat bayar commuter yakni tiket Kartu Multi Trip (KMT) yang dapat digunakan untuk bus kota.

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Pemerintah terus mendorong publik untuk beralih ke transportasi massal, salah satunya melalui commuter line. Karenanya, guna mengakomodasi hal tersebut, PT Kereta Commuter Indonesia menjajaki dengan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) dengan meluncurkan kartu multi trip yang bisa digunakan di dalam bus kota.

“Kami menargetkan untuk tahun ini semuanya sudah bisa terintegrasi. Selain stasiun Sudirman, dalam waktu dekat kita integrasikan di Depok, Cibubur, dan Kalibata,” kata Direktur Operasi & Pemasaran PT KCI Pande Putu Yasa dalam konferensi persnya di Stasiun Sudirman, Jumat 16 Maret 2018.

Diutarakannya, kenapa dimulai di stasiun Sudirman, karena stasiun Stasiun Sudirman jumlah pergerakkan penumpang yang paling banyak mencapai 65 ribu orang perhari.

Perum PPD untuk integrasi antar moda ini telah menyiapkan enam bus kota. Dimana untuk bus premium kapasitas orang mencapai 34 orang dan kelas bisnis mencapai 54 orang. Pihaknya juga telah bekerjasama dengan pengembang yang membuat hunian dengan konsep TOD. Antara lain dengan Adhikarya, Podomor Group, bahkan dalam waktu dengan dengan Lippo Group.

“Jadi untuk seluruh TOD yang ada Perum PPD telah menyiapkan angkutan umumnya,” paparnya.

Direktur Operasi dan Pemasaran PT Kereta Commuter Indonesia, Subakir mengatakan sinergi KCI dan Perum PPD ini akan memberikan pelayanan dan kemudahan serta nilai lebih bagi seluruh pengguna jasa KRL.

“Ini juga sejarah bagi kami karena untuk pertama kalinya Kartu Multi Trip dapat digunakan sebagai alat bayar diluar ekosistem KCI sendiri,” pungkasnya

Disebutkannya, kereta commuter telah mengangkut 315 juta penumpang dalam setahun, dimana 950 ribu orang perharinya. Pengguna KRL Commuter Line yang tida distasiun Sudirman dapat langsung berganti moda ke bus PPD menuju gambir atau BlokM di titik penjemputan yang tersedia di pintu keluar statsiun arah jalan Blora.

Untuk tahap awal ini rute trans commuter yang dioperasikan PPD adalah stasiun Sudirman, Gambir, dan Stasiun Sudirman- Blok M dengan tiket 5.000 untuk sekali perjalanan. Armada Transcommuter PPD siap melayani pengguna mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB setiap harinya dengan waktu keberangkatan setiap 30 menit sekali.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Konferensi pers penyelenggaraan Jakarta Coffee Week 2019 di Jakarta, Rabu (21/8).(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 14:13 WIB

Jakarta Coffee Week 2019 Target 25.000 Pengunjung

Setiap pelaku industri kopi maupun penikmatnya diajak untuk semakin sadar akan ramah lingkungan.

Film 'Naga Bonar Reborn' Siap Tayang Bulan Oktober 2019

Kamis, 22 Agustus 2019 - 14:00 WIB

Film 'Naga Bonar Reborn' Siap Tayang Bulan Oktober 2019

Setelah 32 tahun berlalu, kisah Jenderal Naga Bonar kembali hadir ke tengah penonton Indonesia dengan cerita yang lebih lucu, segar dan para pemain terbaru. Kali ini di bawah judul Naga Bonar…

ICSECC 2019: Panggilan Akademisi untuk Menyelamatkan Bumi

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:46 WIB

ICSECC 2019: Panggilan Akademisi untuk Menyelamatkan Bumi

Para akademisi setuju untuk mengimplemetasikan penemuan baru untuk mempertahankan lingkungan yang sehat, menyelamatkan bumi dan menggunakan sumber daya alam dengan bijak. Masalah ini diangkat…

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:45 WIB

Lindungi Industri Tekstil Nasional, API Segera Ajukan Safeguard

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat akan mengajukan tarif safeguard untuk produk tekstil impor sebesar 2,5%-18%. Pengajuan ini untuk melindungi produk tekstil dalam negeri…

Para finalis Miss Grand Indonesia dari 34 wilayah di Indonesia mengikuti pembekalan materi oleh Bupati Kabupaten Bogor di RM Bumi Aki Cibinong, Rabu (21/8).(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:27 WIB

Miss Grand Indonesia 2019 Dukung Program Pariwisata Kabupaten Bogor

Selain pembekalan materi seputar wanita dan karier dari Bupati Bogor, para finalis juga dibekali materi kepribadian yang di sampaikan oleh Ahmad Zulfikar Priyatna. S.E.