Terima Delegasi Bisnis AS-ASEAN, Arcandra Sampaikan Respon Cepat Deregulasi Sektor ESDM

Oleh : Hariyanto | Rabu, 14 Maret 2018 - 05:35 WIB

Wamen ESDM Arcandra Tahar temui delegasi bisnis AS-ASEAN
Wamen ESDM Arcandra Tahar temui delegasi bisnis AS-ASEAN

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, upaya Pemerintah dalam mereformasi birokrasi di bidang energi dan sumber daya mineral merupakan langkah cepat dalam menjalankan instruksi Presiden Joko Widodo. 

Hal tersebut ditegaskan Arcandra saat menerima delegasi pebisnis Amerika Serikat - ASEAN yang dipimpin oleh Michael W. Michalak selaku Senior Vice President & Regional Managing Director of US ASEAN Business Council (USABC) di Gedung Kementerian ESDM Jakarta, Selasa (13/3/2018). 

"Ini tidak hanya (berlaku) untuk sektor ESDM saja. Bedanya, bagaimana kami merespon cepat instruksi Presiden atas penyederhaan regulasi," ujar Arcandra dihadapan perwakilan organisasi advokasi perusahaan-perusahaan AS yang beroperasi di lingkup negara-negara ASEAN. 

Arcandra menjelaskan, Kementerian ESDM saat ini telah berhasil memangkas sebanyak 90 peraturan dan 96 menyederhanakan perizinan, rekomendasi ataupun sertifikasi. "Deregulasi dilakukan secara masif semata-mata untuk menumbuhkan minat investor dan kepastian investasi di Indonesia," tandasnya. 

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Arcandra, Pemerintah Indonesia menyambut baik para pebisnis AS - ASEAN untuk berpartisipasi menamkan modalnya dalam mengembangkan sektor energi dan sumber daya mineral di Indonesia. 

"Komitmen Pemerintah Indonesia sangat jelas, kita membantu agar semua masyarakat dapat menikmati energi dengan harga yang terjangkau. Untuk itu, kita dorong para investor swasta termasuk pebisnis Amerika membantu (tugas) kami," jelas Arcandra. 

Pertemuan dengan para pebisnis Amerika diharapkan mampu memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Apalagi kerja sama di antara kedua pihak sudah berlangsung cukup lama di beberapa sektor ESDM. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perpusnas Press luncurkan 15 judul buku di Hari Buku Sedunia 2024.

Sabtu, 27 April 2024 - 21:05 WIB

Perpusnas Press Luncurkan 15 Judul Buku di Hari Buku Sedunia

Penerbit Perpusnas Press meluncurkan 15 judul di acara World Book Rumah Dunia sebagai dukungan terhadap kemajuan dunia perbukuan dan literasi.

Aksi donor darah di BRI Insurance

Sabtu, 27 April 2024 - 19:11 WIB

BRI Insurance Lakukan Aksi Donor Darah Sebagai Bentuk Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial

Sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan di momen HUT 35, BRI Insurance menggelar acara donor darah untuk Pekerja sebagai bentuk kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di kantor pusat…

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Sabtu, 27 April 2024 - 17:20 WIB

Ini Harapan Pengusaha Kawasan Industri untuk Pemerintahan Prabowo - Gibran

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih.

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…