Kemenkop Anggarkan Rp 1,5 Miliar Revitalisasi Pasar Rakyat

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 08 Maret 2018 - 08:50 WIB

Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta
Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar untuk revitalisasi pasar rakyat oleh koperasi. Ini merupakan program upaya peningkatan penghidupan berkelanjutan para pelaku UMKM.

"Kecil itu cuma Rp 1,5 miliar," kata Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM I Wayan Dipta

 yang menjadi inti pada program ini adalah bagaimana memfasilitasi UKM-UKM tersebut meningkatkan sistem bisnisnya. Hal itu termasuk bagaimana agar antarkoperasi bisa bekerja sama. Contohnya, produsen rumput laut di Nunukan dan Majene bisa bekerja sama dengan koperasi yang ada di Makassar untuk kemudian mengirim hasil produksi rumput lautnya ke pasar maupun industri. "Ya sistem bisnisnya (yang kita perbaiki)," ujar dia.

Ia mengungkapkan, Kemenkop UKM sejak 2015 hingga 2017 telah membangun pasar rakyat di daerah regular, daerah tertinggal dan daerah perbatasan sebanyak 196 unit pada 157 kabupaten/kota di 31 provinsi. Pada 2017, telah direvitalisasi pasar rakyat sebanyak 48 unit pada 48 kabupaten/kota di 25 provinsi. "Yang belum itu DKI, Bangka Belitung dan Banten," kata dia.

Guna mengoptimalisasikan program dan kegiatan ini secara berkelanjutan, pada 2018 pihaknya telah menetapkan 51 unit (25 unit pasar di daerah perbatasan/tertinggal dan 26 unit pasar di daerah reguler) yang akan direvitalisasi. Adapun lokasi 51 unit pasar tersebut menyebar dl 51 kabupaten/kota di 29 provinsi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dankormar Majenderal TNI (Mar) Endi Supardi Haditi Seminar Hardikal 2024

Selasa, 07 Mei 2024 - 05:02 WIB

Dankormar Majenderal TNI (Mar) Endi Supardi Haditi Seminar Hardikal 2024

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP. menghadiri Seminar Nasioal Peringatan Hari Pendidikan Angkatan Laut (HARDIKAL)…

Memasuki Hari ke Empat, Prajurit Martinir Terus Mencari Korban Bencana di Luwu

Selasa, 07 Mei 2024 - 04:53 WIB

Memasuki Hari ke Empat, Prajurit Martinir Terus Mencari Korban Bencana di Luwu

Memasuki hari ke empat banjir dan tanah longsor yang melanda Kecamatan Luwu Sulawesi Selatan sejak Jumat 3 Mei 2024, Prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut bahu membahu bersinergi dengan instansi…

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…