Organisasi Nirlaba Malaysia Siap Biaya UMKM Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 15 Januari 2017 - 16:10 WIB

Pabrik Sepatu di Indonesia (ADEK BERRY/AFP/Getty Images)
Pabrik Sepatu di Indonesia (ADEK BERRY/AFP/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Organisasi nonprofit Malaysia yang mempunyai misi mendorong produk usaha kecil dan menengah (UKM) ke pasar internasional, SMITA, ingin memulai aktivitasnya di Indonesia pada tahun ini.

“Untuk Indonesia, kami berharap pada 2017 bisa memulai aktivitas SMITA di Indonesia,” kata Presiden Nasional SME International Trade Association of Malaysia (SMITA) Megane S.C. Soo di sela Annual Dinner SMITA Malaysia di Petaling Jaya, Kuala Lumpur, dikutip dari Antara, Minggu (15/1/2017).

Megane mengatakan, pihaknya berpandangan kawasan ASEAN sekarang terbuka di bawah ASEAN Economic Community (AEC) dan Indonesia adalah satu negara besar di antara negara-negara ASEAN.

“Malaysia dan Indonesia adalah tetangga sehingga seharusnya kita perlu menciptakan bisnis bersama yang lebih dekat untuk membuka pasar dunia. Aspirasi kami ingin menjadikan anggota bisa berkompetisi dalam pasar regional dan global melalui kerja sama dengan media," jelas dia.

Megane mengatakan, bahwa pihaknya ingin mendorong UKM ke pasar global melalui dengan mengorganisasi pertemuan dan misi perdagangan, konferensi perdagangan internasional, seminar pendidikan, menyediakan pelatihan, dan dukungan pelayanan.

“Kami mempunyai misi membantu semua UKM ke perdagangan internasional sebagaimana dunia sekarang yang bertransformasi ke pasar tanpa batas dengan banyak perdagangan bebas yang ditandatangani, mengatasi hambatan dagang, menyelaraskan prosedur, dan menemukan banyak pasar baru,” jelas dia.

Megane mengatakan, bahwa pihaknya memahami perjalanan bisnis UKM penuh tantangan. Akan tetapi, setiap bisnis yang sukses dimulai dengan langkah pertama yang berani.

Pada kesempatan yang sama CEO Malaysia External Trade Development Corporation (MATRADE) Dato Dzulkifli Mahmud mengatakan, bahwa sejak 2015 SMITA telah mendukung misi MATRADE untuk mempromosikan produk ekspor global Malaysia dan membantu merek label Made in Malaysia identik dengan unggul, andal, dan dapat dipercaya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Dirjen Standar Malaysia Datuk Fadilah Baharin, Komisi Perdagangan Komisi Dagang Belgia Eric De Lame, Direktur Alliances Pauline Goh, Direktur One Asia Media Ng Chee Kang, dan sejumlah undangan penting.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…

Brand skincare Kharities Beauty milik Rey Utami berhasil masuk dalam skincare kualitas terbaik versi Indonesia Quality Observer.

Senin, 06 Mei 2024 - 15:48 WIB

Ini 5 Skincare Kualitas Terbaik Berdasarkan Hasil Riset Indonesia Quality Observer

Berdasarkan hasil penelitian dan riset Indonesia Quality Observer terhadap produk-produk skincare yang beredar di Indonesia dengan mengacu pada kualitas produk, didapat 5 brand skincare terbaik.