PHRI Papua, Pesimis Target Hunian Hotel Tahun 2018 Tercapai

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 03 Maret 2018 - 17:00 WIB

Salah Satu Wisata di Yepase, Pantai Wasu berada di Kampung Yepase, Kecamatan Deparre, Kabupaten Jayapura, Papua (al_joef/Instagram)
Salah Satu Wisata di Yepase, Pantai Wasu berada di Kampung Yepase, Kecamatan Deparre, Kabupaten Jayapura, Papua (al_joef/Instagram)

INDUSTRY.co.id, Jayapura - Pengurus Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Papua mengaku pesimis target hunian hotel 2018 bisa tercapai meskipun merupakan tahun politik atau adanya pelaksanaan Pilkada di provinsi dan tujuh kabupaten.

"Tahun politik ada baiknya, tetapi sebentar lagi (pada Mei 2018) sudah masuk Ramadhan, setelah itu libur sekolah, itu yang mempengaruhi okupansi," ujar Sekretaris Umum PHRI Papua, Salim, di Jayapura, Jumat, (2/3/2018).

Ia menjelaskan penyelenggaraan pilkada dan menjelang Ramadhan sangat mempengaruhi kegiatan pemerintahan yang selama ini masih menjadi pangsa pasar utama bisnis perhotelan.

"Tingkat hunian hotel di Jayapura, sangat dipengaruhi oleh kegiatan yang dilakukan pemerintah. Sektor bisnis belum mampu mensuplai tamu. 67 persen pendapatan hotel dari sektor pemerintah," kata dia.

Namun, dia berharap pelaksanaan Pilkada bisa berjalan lancar sehingga kegiatan pemerintah bisa kembali berjalan normal.

Salim menyebut sejak Januari hingga akhir Februari 2018, rata-rata tingkat hunian hotel di Jayapura mencapai 50 persen.

Menurut dia, angka tersebut sudah cukup bagus karena dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, okupansi hotel di awal tahun selalu rendah, dibawah 50 persen.

Oleh karenanya ia berharap ke depan pemerintah bisa memberi stimulan pertumbuhan industri agar perhotelan tidak terus bergantung pada kegiatan pemerintahan. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…