PHRI Papua, Pesimis Target Hunian Hotel Tahun 2018 Tercapai

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 03 Maret 2018 - 17:00 WIB

Salah Satu Wisata di Yepase, Pantai Wasu berada di Kampung Yepase, Kecamatan Deparre, Kabupaten Jayapura, Papua (al_joef/Instagram)
Salah Satu Wisata di Yepase, Pantai Wasu berada di Kampung Yepase, Kecamatan Deparre, Kabupaten Jayapura, Papua (al_joef/Instagram)

INDUSTRY.co.id, Jayapura - Pengurus Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Papua mengaku pesimis target hunian hotel 2018 bisa tercapai meskipun merupakan tahun politik atau adanya pelaksanaan Pilkada di provinsi dan tujuh kabupaten.

"Tahun politik ada baiknya, tetapi sebentar lagi (pada Mei 2018) sudah masuk Ramadhan, setelah itu libur sekolah, itu yang mempengaruhi okupansi," ujar Sekretaris Umum PHRI Papua, Salim, di Jayapura, Jumat, (2/3/2018).

Ia menjelaskan penyelenggaraan pilkada dan menjelang Ramadhan sangat mempengaruhi kegiatan pemerintahan yang selama ini masih menjadi pangsa pasar utama bisnis perhotelan.

"Tingkat hunian hotel di Jayapura, sangat dipengaruhi oleh kegiatan yang dilakukan pemerintah. Sektor bisnis belum mampu mensuplai tamu. 67 persen pendapatan hotel dari sektor pemerintah," kata dia.

Namun, dia berharap pelaksanaan Pilkada bisa berjalan lancar sehingga kegiatan pemerintah bisa kembali berjalan normal.

Salim menyebut sejak Januari hingga akhir Februari 2018, rata-rata tingkat hunian hotel di Jayapura mencapai 50 persen.

Menurut dia, angka tersebut sudah cukup bagus karena dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, okupansi hotel di awal tahun selalu rendah, dibawah 50 persen.

Oleh karenanya ia berharap ke depan pemerintah bisa memberi stimulan pertumbuhan industri agar perhotelan tidak terus bergantung pada kegiatan pemerintahan. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

XL Axiata Luncurkan Paket Baru Xtra Kuota Zero

Senin, 23 September 2019 - 20:36 WIB

XL Axiata Luncurkan Paket Baru Xtra Kuota Zero

Dalam rangka menuju Ulang Tahun PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) ke-23 bulan Oktober mendatang, XL Axiata terus berinovasi untuk memberikan kemudahan dalam akses data bagi pelanggan serta meningkatkan…

Petani sedang membasmi Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)

Senin, 23 September 2019 - 19:43 WIB

Amankan Produksi, Kementan Buat Strategi Pengelolaan OPT

Karawang - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya mengamankan produksi tanaman dari serangan organisme penganggu tanaman (OPT) yang terintegrasi secara menyeluruh sejak hulu sampai…

Intiland Gandeng Mediapura Hadirkan Layanan Apartemen Sewa di Aeropolis

Senin, 23 September 2019 - 15:17 WIB

Intiland Gandeng Mediapura Hadirkan Layanan Apartemen Sewa di Aeropolis

Kerjasama ini meliputi jasa dan layanan pengelolaan dan penyewaan unit-unit apartemen Aeropolis yang berlokasi di dekat Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

Alat mesin pertanian yang diberikan Kementan

Senin, 23 September 2019 - 15:12 WIB

Kementan Minta Petani Olah Lahan Dengan Mekanisasi dan Teknologi

Pekanbaru - Pakar Khusus Modernisasi Pertanian dari IPB yang juga Tenaga Ahli Menteri, Kementerian Pertanian, Dr. Sam Herodian mengunjungi kampung Desa Eko Wisata di Kecamatan Palas, Kota Pekanbaru,…

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyanto

Senin, 23 September 2019 - 14:20 WIB

Tingkatkan Layanan Digital, Pegadaian Siapkan Anggaran Capai Rp700 Miliar

PT Pegadaian (Persero) terus meningkatkan sinergi dengan berbagai perusahaan baik BUMN maupun non-BUMN serta komunitas dan asosiasi masyarakat.