AKR Corporindo Akan Tambah Kapasitas Penyimpanan Bensin dan Biofuel di Tanjung Priok

Oleh : Hariyanto | Senin, 19 Februari 2018 - 11:06 WIB

PT AKR Corporindo Tbk (ist)
PT AKR Corporindo Tbk (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), melalui anak usahanya PT Jakarta Tank Terminal (JTT), akan menambah kapasitas penyimpanan bensin dan biofuel di Tanjung Priok, Jakarta Utara dari sebelumnya 251.025 cubic metres (cbm) menjadi 350 ribu cbm.

Penambahan kapasitas tangki bahan bakar tersebut seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan penduduknya.

Kami memperkirakan pangsa pasar bensin meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir, ujar Suresh Vembu, Direktur AKR Corporindo dalam keterbukaan informasi, akhir pekan lalu.

Jakarta Tank Terminal adalah perusahaan patungan antara AKR Corporindo dan Royal Vopak. Menurut rencana, JTT akan menambah delapan tangki dengan kapasitas total 100.000 cbm.

Tangki bahan bakar yang dibangun antara lain untuk bensin, etanol, biodiesel, unit pemulihan uap, dan infrastruktur pencampuran tambahan yang akan memudahkan pelanggan memenuhi mandat pemberian biofuel Indonesia.

Investasi tersebut sesuai dengan strategi Vopak untuk memfasilitasi pelanggan dalam peningkatan pasar impor. Pengembangan tangki bahan bakar juga akan memperkuat posisi JTT sebagai lokasi impor bahan bakar yang independen.

Menurut rencana, pembangunan kapasitas tersebut dilakukan secara bertahap dari kuartal I sampai kuartal IV 2019.

Royal Vopak merupakan perusahaan tangki penyimpanan independen di dunia. Vopak terdaftar di bursa saham Euronext Amsterdam dan berkantor pusat di Rotterdam, Belanda.

Hingga 16 Februari 2018, Vopak mengoperasikan 66 terminal di 25 negara dengan kapasitas penyimpanan gabungan 35,9 juta cbm, dan 3,1 juta cbm lainnya sedang dikembangkan, untuk ditambahkan sebelum akhir 2019.

Rencana pengembangan tangki bahan bakar baru di JTT diproyeksikan mengerek pendapatan AKR Corporindo di masa datang.

Hingga akhir September 2017, AKR Corporindo mencatatkan kenaikan laba induk sebesar 28,3% menjadi Rp1,02 triliun. Padahal, pada periode sama tahun sebelumnya, perseroan hanya mencatatkan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk sebesar Rp793,19 miliar.

Kinerja positif tersebut seiring dengan meningkatnya pendapatan menjadi Rp13,43 triliun pada periode Januari-September 2017, naik 22,65% dari Rp10,95 triliun pada periode Januari-September 2016.

Pendapatan BBM AKR Corporindo selama sembilan bulan pertama tahun ini meningkat 21% menjadi Rp8,96 triliun, dibandingkan dengan Rp7,39 triliun pada periode sembilan bulan pertama tahun lalu.

Sedangkan pendapatan dari perdagangan kimia dasar pada periode Januari-September 2017 meningkat 33% menjadi Rp3,22 triliun dibandingkan dengan Rp2,42 triliun pada periode Januari-September 2016 yang didukung dengan adanya peningkatan permintaan bahan kimia dasar dari segmen industri serta peningkatan rerata harga jual. Di sisi lain, pendapatan dari kawasan industri selama periode sembilan bulan pertama tahun ini tercatat Rp401 miliar.(de)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tokopedia

Senin, 20 Januari 2020 - 13:42 WIB

Tokopedia Tambah Lagi Dua Layanan Proteksi

Sebelumnya, Tokopedia juga telah menghadirkan berbagai Proteksi Produk seperti Proteksi Gadget, Proteksi Elektronik, Proteksi Elektronik Kecantikan (seperti alat pengering rambut, catokan rambut…

Uji coba aplikasi mobile money TCASH menjadi LinkAja resmi dimulai pada tanggal 22 Februari 2019.

Senin, 20 Januari 2020 - 13:25 WIB

LinkAja Gandeng Ditjen Dukcapil Tingkatkan Validasi Data Pengguna

Penandatanganan Perjanjian kerja sama ini membuat layanan elektronik Know Your Customer (e-KYC) LinkAja akan secara otomatis memvalidasi data pengguna tidak hanya dari pengenalan foto pengguna…

Jakarta Child Aid Asia Bantu Anak Kurang Beruntung

Senin, 20 Januari 2020 - 12:00 WIB

Jakarta Child Aid Asia Bantu Anak Kurang Beruntung

Dalam rangka meningkatkan bakat anak-anak di Asia, Yayasan Sehati Indonesia menggelar Jakarta Child Aid Asia III dihelat di Auditorium Gedung Pusat Perfilman H Usmar Ismail Kuningan Jakarta…

Kebun Jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Januari 2020 - 11:09 WIB

Stok Jagung Aman Hingga Panen Raya Maret 2020

Berbagai langkah koordinasi telah dilakukan oleh Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) dalam rangka mengamankan ketersediaan jagung khususnya…

Ben Marvin Tan Country Manager Indonesia, Zebra Technologies Asia Pasifik

Senin, 20 Januari 2020 - 10:30 WIB

Apakah Anda Siap untuk Tren Teknologi Enterprise Terbesar Tahun 2020?

Seiring kita memasuki dekade yang baru, para CIO dan manajer teknologi terus mencari tren teknologi teratas berikutnya yang akan mendorong daya saing, efektivitas, kepuasan pelanggan, dan profitabilitas…