Kunjungi Menperin Airlangga, AFI Keluhkan Keberatan Atas Terbitnya Permendag Nomor 22/2018

Oleh : Ridwan | Kamis, 08 Februari 2018 - 05:35 WIB

Menperin Airlangga Hartarto bersama Ketua Asosiasi Fastener Indonesia (AFI) Rahman Tamin (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)
Menperin Airlangga Hartarto bersama Ketua Asosiasi Fastener Indonesia (AFI) Rahman Tamin (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Fastener Indonesia (AFI) keluhkan keberatan atas diberlakukannya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 22 Tahun 2018.

"AFI merasa keberatan karena dalam Permendag Nomor 22/2018 yang menghapuskan Pertimbangan Teknis (Pertek) dari Kementerian Perindustrian," ujar Kepala BPPI Kemenperin, Ngakan Timur Antara saat dihubungi INDUSTRY.co.id seusai mendampingi Menperin Airlangga bertemu Ketua Asosiasi AFI, Rahman Tamin di Kantor Kemenperin, Jakarta (7/1/2018).

Menurutnya, AFI merasa Pertimbangan Teknis (Pertek) dari Kemenperin dalam proses importasi besi masih sangat dibutuhkan.

Ngakan menyampaikan, Bapak Menperin Airlangga memahami kekhawatiran AFI. Akan tetapi, beliau mengatakan, aturan ini kan baru terbit, lihat dulu saja gejalanya seperti apa sekiranya ada gejala peningkatan impor diminta Asosiasi bisa menyuarakan lebih sering serta koordinasi denganpihak Kenenperin.

Seperti diketahui, kebutuhan akan baja masih belum bisa dipenuhi oleh produsen dalam negeri. Saat ini produksi baja dalam negeri baru sekitar 45% dan sisanya ditutup oleh impor.

Sedangkan, jumlah kebutuhan baja nasional meningkat setiap tahunnya. Pada 2016 lalu kebutuhan dalam negeri sebanyak 12,7 juta ton, dan tahun 2017 diperkirakan sebanyak 13,4 juta ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF (Foto Istimewa)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 13:15 WIB

Perang Dagang AS-China Tak Berdampak pada Laju Bisnis Indofood

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Franciscus Wellirang menyebut tidak ada kekhawatiran terkait perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani

Sabtu, 25 Mei 2019 - 12:05 WIB

Ini Harapan Kadin untuk Pemerintah Lima Tahun Kedepan

Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan sejumlah harapan kepada pemerintah untuk lima tahun mendatang.

PGV Hadirkan Talk show Memilih Sekolah Bareng Kak Seto Sekolah Dekat Rumah Untungkan Orangtua & Anak

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:46 WIB

Lingkungan Baik dan Nyaman, Sekolah Dekat Dengan Hunian Jadi Pilihan

Menjelang tahun ajaran baru merupakan periode sibuk bagi para orangtua yang memiliki anak usia sekolah. Terutama bagi mereka yang baru pertama memasukan si buah hati ke tingkat pendidikan dasar.…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:40 WIB

BNI Bersama BNI Syariah Berkontribusi di Halal Park BUMN Bandara Soetta

Jakarta - BNI bersama BNI Syariah kembali berkontribusi maksimal untuk mendorong halal ekosistem. Setelah sebelumnya berpartisipasi di Halal Park Gelora Bung Karno (GBK), hari ini, Kamis (23/5),…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:24 WIB

Payout Ratio 90%, Telkom Bagikan Dividen Rp16,23 Triliun

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Tahun Buku 2018 yang dilaksanakan di Jakarta pada Jumat (24/5), menyetujui pembagian dividen…