Pemerintah Upayakan Anggaran Sertifikasi Pesawat N219

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 03 Februari 2018 - 10:15 WIB

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir (Foto ist)
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof Mohamad Nasir mengatakan, pemerintah sedang mengupayakan mencari anggaran untuk sertifikasi pesawat N219 Nurtanio.

"Upaya Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi adalah berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kementerian Keuangan," kata Nasir seusai menghadiri Rapat Kerja Daerah Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VIII di Denpasar, Jumat (2/2/2018)

Nasir mengatakan Kementerian Keuangan sedang berusaha untuk mencari kekurangan anggaran untuk sertifikasi pesawat N219 Nurtanio sekitar RP81 miliar.

"Mudah-mudahan bisa didapatkan," ujarnya.

Sebelumnya, proses sertifikasi pesawat N219 Nurtanio terancam terhenti karena terkendala anggaran. Untuk mendapatkan sertifikasi, pesawat tersebut harus menjalani uji 340 jam terbang.

Padahal, untuk satu kali terbang diperlukan anggaran hingga Rp250 juta, sementara tidak ada anggaran di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Sempat muncul desakan supaya ada suntikan anggaran untuk sertifikasi pesawat berkapasitas 19 penumpang itu dari anggaran Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Marinir Panen Sayuran Hidroponik Tingkatkan Ketahanan Pangan

Sabtu, 30 Mei 2020 - 05:00 WIB

Prajurit Marinir Panen Sayuran Hidroponik Tingkatkan Ketahanan Pangan

Segenap Prajurit Batalyon Howitzer 2 Marinir melaksanakan panen perdana tanaman sayur Hidroponik di Batalyon Howitzer 2 Marinir, Karang Pilang, Surabaya, Jawa Timur. Kamis (28/05/2020).

Satgas Yonif 411 Kostrad Bagikan Makanan untuk Tenaga Medis di RSUD Merauke

Sabtu, 30 Mei 2020 - 04:30 WIB

Satgas Yonif 411 Kostrad Bagikan Makanan untuk Tenaga Medis di RSUD Merauke

Sebagai wujud dukungan kepada para pahlawan kesehatan yang berjuang di garda terdepan melawan Virus Corona (Covid-19), Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad membagikan makan siang kepada…

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M.

Sabtu, 30 Mei 2020 - 04:03 WIB

Bakamla RI Tingkatkan Kewaspadaan Selama Pandemi Covid-19 di Laut

Masalah pandemi Covid-19 yang saat ini berlangsung di darat, dapat pula terjadi di wilayah laut. Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., mengadakan…

Chairman & Founder Jababeka Group, Setyono Djuandi Darmono

Jumat, 29 Mei 2020 - 21:47 WIB

Catat! Ini Solusi Chairman Jababeka Group untuk Pengusaha Properti Keluar dari Situasi Sulit Pandemi Covid-19

Chairman & Founder Jababeka Group, Setyono Djuandi Darmono ikut memberikan solusi untuk keluar dari permasalahan yang dihadapi para pengembang saat ini.

Talenta

Jumat, 29 Mei 2020 - 20:49 WIB

Pentingnya Sistem HRIS Bagi Perusahaan Saat Pemberlakuan New Normal

Mekari, sebagai perusahaan Software as a Service (SaaS) melalui salah satu produknya, Talenta, software HRIS & payroll berbasis cloud, berbagi informasi manfaat apa saja yang dapat diperoleh…