Pemerintah Upayakan Anggaran Sertifikasi Pesawat N219

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 03 Februari 2018 - 10:15 WIB

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir (Foto ist)
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof Mohamad Nasir mengatakan, pemerintah sedang mengupayakan mencari anggaran untuk sertifikasi pesawat N219 Nurtanio.

"Upaya Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi adalah berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kementerian Keuangan," kata Nasir seusai menghadiri Rapat Kerja Daerah Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VIII di Denpasar, Jumat (2/2/2018)

Nasir mengatakan Kementerian Keuangan sedang berusaha untuk mencari kekurangan anggaran untuk sertifikasi pesawat N219 Nurtanio sekitar RP81 miliar.

"Mudah-mudahan bisa didapatkan," ujarnya.

Sebelumnya, proses sertifikasi pesawat N219 Nurtanio terancam terhenti karena terkendala anggaran. Untuk mendapatkan sertifikasi, pesawat tersebut harus menjalani uji 340 jam terbang.

Padahal, untuk satu kali terbang diperlukan anggaran hingga Rp250 juta, sementara tidak ada anggaran di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Sempat muncul desakan supaya ada suntikan anggaran untuk sertifikasi pesawat berkapasitas 19 penumpang itu dari anggaran Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…