Kementerian ESDM Segera Sederhanakan 19 Regulasi Ketenagalistrikan Menjadi 3

Oleh : Hariyanto | Kamis, 25 Januari 2018 - 09:27 WIB

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng
Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan segera menyederhanakan 19 regulasi terkait Ketenagalistrikan pada awal tahun 2018. 

Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk melakukan penyederhanaan regulasi dalam rangka meningkatkan investasi.

"Penyederhanaan regulasi ini untuk mendukung pelaksanaan Paket Kebijakan Ekonomi XV dan instruksi Presiden untuk melakukan penyederhanaan regulasi," ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng, di Jakarta, Rabu (24/1/2018).

Andy menambahkan, dari total 19 regulasi yang akan disederhanakan tersebut dibagi menjadi 3 Peraturan Menteri (Permen). 

"Total ada 19 regulasi, itu akan menjadi tiga. Jadi yang pertama itu Standar Nasional Indonesia (SNI), yang sudah disahkan. Kemudian yang kedua berkaitan dengan safety culture (budaya keselamatan) ketenagalistrikan. Ada yang rubuh, konslet, kebakaran, itu kan safety culture. Itu yang akan kita keluarkan Permen yang berkaitan dengan safety culture ketenagalistrikan," jelas Andy.

"Kemudian yang terakhir, yang ketiga adalah berkaitan dengan akreditasi dan sertifikasi ketenagalistrikan. Ini tujuannya untuk melindungi konsumen dan melindungi pengusahanya juga," tambah Andy.

Sebelumnya, Menteri ESDM telah menandatangani Permen ESDM Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pemberlakuan Wajib Standar Nasional Indonesia di Bidang Ketenagalistrikan, yang merupakan penyederhanaan dari sepuluh Permen dan satu Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM terkait SNI. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sriwijaya Air (Foto Ist)

Selasa, 21 Mei 2019 - 12:00 WIB

Jelang Momen Mudik Lebaran, Sriwijaya Air Buka Tiga Rute Baru

Sriwijaya Air, maskapai penerbangan nasional yang merupakan bagian dari Garuda Indonesia Group siap menyambut datangnya momen mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H dengan menyiapkan tiga rute penerbangan…

Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,

Selasa, 21 Mei 2019 - 11:00 WIB

Lonjakan Defisit Neraca Dagang Tuntut Reformasi Struktural

Kabar kurang menggembirakan kembali mengejutkan pasar finansial Indonesia pada pertengahan Mei ini. Tak hanya polemik perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok semakin panas, investor…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil, PhD dan Kepala Karantina dan Keamanan Pangan Sarawak, Gasing Anak Nyalu

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:53 WIB

Kementan Capai Kesepakatan bersama Otoritas Serawak Terkait Ekspor

Kuching - Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) jajaki harmonisasi aturan perkarantinaan Indonesia - Sarawak, Malaysia terkait lalu lintas komoditas pertanian di…

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:39 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM, FIF Group Resmikan Reading Corner di Lima Kota

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019) kemarin.

Perakitan perangkat Xiaomi

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:34 WIB

Xiaomi Pastikan Produksi Lancar Menjelang Momentum Lebaran

Berkomitmen untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen di bulan Ramadan, Xiaomi berfokus pada kelancaran proses produksi dan distribusi.