Stok Beras Aman, Gubernur Maluku Utara Ikut Panen Padi di Halmahera Utara

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 23 Januari 2018 - 11:10 WIB

Gubernur Maluku Utara, KH Abdul Gani Kasuba, Ikut Turun Tangan Dengan Ikut Memanen Bersama Para Petani di Halmahera (Foto: Ist)
Gubernur Maluku Utara, KH Abdul Gani Kasuba, Ikut Turun Tangan Dengan Ikut Memanen Bersama Para Petani di Halmahera (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id, Halmahera - Sudah tiga pekan ini para petani di Halmahera Utara mengalami panen padi yang berlimpah. Senin siang kemarin (22/1/2018), setelah di Wonosari, panen dilakukan di Desa Beringin Agung Kecamatan Kao Barat. Untuk memberikan semangat kepada para petani, Gubernur Maluku Utara, KH Abdul Gani Kasuba, ikut turun tangan dengan ikut memanen bersama para petani.

Varietas padi yang dipanen adalah Inpari 30 seluas 5 hektar ditengah hamparan 103 hektar dengan produktivitas rata-rata 7 ton/ha.

Gubernur mengucapkan terima kasih kepada para petani yang merupakan pahlawan sebenarnya dalam mewujudkan ketahanan pangan.

"Pemerintah terus berupaya memfasilitasi dan mendukung kegiatan pertanian di kecamatan Kao barat melalui pembangunan infrastruktur jalan maupun irigasi, "ujarnya, melalui siaran persnya yang diterima Industry.co.id, Senin (22/1/2018).

Sementara itu, Kepala Dinas pertanian Prov. Maluku Utara, Idham Umasangadji yang ikut hadir menyampaikan pihaknya bersama tim UPSUS dan TNI terus mencari terobosan peningkatan produksi padi baik melalui program pencetakan sawah, bantuan mesin pertanian, maupun benih unggul.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kab. Halmahera Utara, Valentino Leuwikabessy menyebutkan pihaknya optimis pasokan beras awal tahun ini relatif aman.

"Ini terlihat dari aktifitas petani di Kao barat yang terus panen padi. Pedagang beras dari Kabupaten lain pun banyak berdatangan ke wilayah sini,"ujarnya.

Meskipun demikian, dia menuturkan hasil panen yang berlimpah terkendala lantai jemur yang masih terbatas. "Petani masih membutuhkan tambahan lantai jemur maupun dryer untuk mengantisipasi musim hujan saat panen. Beruntung sejak dua tahun terakhir, Pemerintah telah mendistribusikan combine harvester di setiap desa sehingga kegiatan panen lebih cepat,"pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kamis, 26 Mei 2022 - 05:30 WIB

Menteri PUPR Basuki : Nilai - Nilai Pelatihan Bela Negara Implementasikan Dalam Tugas Pembangunan Infrastruktur

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono secara resmi menutup penyelenggaraan Pelatihan Bela Negara Batch 1 bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun…

Prajurit Yonif 1 Marinir Perdalam Martir MO 60 MM

Kamis, 26 Mei 2022 - 05:00 WIB

Prajurit Yonif 1 Marinir Perdalam Martir MO 60 MM

Dalam rangka menjalankan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi…

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Selam

Kamis, 26 Mei 2022 - 04:30 WIB

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Selam

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir melaksanakan latihan penyelaman bawah air dalam rangka Latihan Satuan Dasar (LSD) II TW II Aspek Laut Tahun 2022, di Diving Tank Dinas Penyelaman Bawah…

Satgas Yonif 126 KC Ajak Masyarakat Keerom Karya Bakti Bersama

Kamis, 26 Mei 2022 - 04:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Ajak Masyarakat Keerom Karya Bakti Bersama

Sebagai upaya menata lingkungan menjadi rapi dan bersih, Satgas Yonif 126/KC Pos Bompay mengajak warga melaksanakan karya bakti pembersihan Balai Desa di Kampung Bompay, Distrik Waris, Kabupaten…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 03:00 WIB

PBB Apresiasi Penanganan Covid-19 di Indonesia

Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia mendapatkan apresiasi dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Presiden Majelis Umum PBB, Abdulla Shahid, menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya pada…