MPR Hormati Putusan Presiden Jokowi Rombak Kabinet

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:29 WIB

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Foto Ist)
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Kuningan- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan institusinya menghormati keputusan Presiden Joko Widodo melakukan perombakan kabinet atau "reshuffle", karena merupakan hak prerogatif Presiden yang telah diatur konstitusi.

"Itu hak Presiden melakukan perombakan kabinet," kata Zulkifli di Kuningan, Jawa Barat, Jumat (19/1/2018)

Dia mengatakan Presiden memiliki kewenangan penuh merombak susunan kabinet yang menjadi pembantunya dalam menjalankan tugas pemerintahan.

Zulkifli enggan mengomentari kritikan yang disampaikan beberapa pihak terkait "reshuffle" namun dirinya menekankan bahwa kebijakan itu kewenangan penuh Presiden.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan perombakan kabinet pada Rabu (17/1/2018), dengan mengganti Menteri Sosial dan Kepala Staf Kepresidenan.

Presiden mengangkat politisi senior Partai Golkar Idrus Marham sebagai Menteri Sosial menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang maju dalam Pemilu Provinsi Jawa Barat 2018.

Presiden Joko Widodo mengaku telah memilih politisi senior Partai Golkar Idrus Marham sebagai Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Khofifah Indar Parawansa karena dianggap paling cocok.

"Pertimbangan? Ya karena cocok saja, cocok di situ Pak Idrus. Nanti tanya ke Pak Idrus langsung sajalah," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah pelantikan pejabat negara di Istana Negara Jakarta, Rabu (17/1).

Presiden mengatakan perlu orang yang benar-benar memahami dan mengerti kondisi di lapangan untuk mengambil alih jabatan Mensos.

Selain itu, Presiden mengangkat Jenderal (Purn) Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan menggantikan Teten Masduki. Teten diberikan tugas sebagai Staf Khusus Presiden.

Presiden mengatakan bahwa Teten setelah tidak lagi menjabat sebagai KSP akan lebih banyak menghabiskan waktu di sisinya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wamenparekraf, Angela Tanoesoedibjo

Jumat, 03 Mei 2024 - 12:55 WIB

Wamenparekraf Kisahkan Sosok R.A Kartini di Ajang The 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism

The 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific resmi dibuka oleh Director for Regional Asia and the Pacific, Director of the Regional Department for Asia…

Optimis Rampung 2024, Hutama Karya Komitmen Sambungkan Aceh dan Sumatera Utara

Jumat, 03 Mei 2024 - 11:31 WIB

Optimis Rampung 2024, Hutama Karya Komitmen Sambungkan Aceh dan Sumatera Utara

Jakarta– PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali memastikan penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sesuai rencana, khususnya pengusahaan jalan tol yang akan menghubungkan 2…

Manajemen Linktown Indonesia saat peresmian kantor cabang Bandung

Jumat, 03 Mei 2024 - 10:12 WIB

Resmikan Kantor Cabang Baru, Linktown Siap Rebut Pasar Properti Bandung

Linktown Indonesia kembali melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka kantor cabang di Bandung, Jawa Barat pada Kamis (2/5). Peresmian kantor cabang Linktown Bandung dihadiri oleh para Founder Linktown, Head…

Indonesia Alami Tren Penanganan Perjalanan Komuter Melalui Armada Mikrobobilitas

Jumat, 03 Mei 2024 - 09:17 WIB

Indonesia Alami Tren Penanganan Perjalanan Komuter Melalui Armada Mikrobobilitas

Kesadaran Masyarakat akan gaya hidup yang lebih sustainable terus meningkat, salah satunya dapat dilihat dari peningkatan penggunaan armada mikromobilitas. Berdasarkan data operasional dari…

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo di sela-sela 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific

Jumat, 03 Mei 2024 - 08:45 WIB

Ini Jurus Wamenparekraf Dorong Peran Perempuan di Sektor Parekraf Dunia

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mendorong penguatan peran perempuan dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif internasional,…