Perlu Diketahui, Sejumlah Regulasi Baru Piala Presiden 2018

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 13 Januari 2018 - 09:39 WIB

Piala Presiden 2018 (Foto Dok Industry.co.id)
Piala Presiden 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Regulasi pemain untuk Piala Presiden 2018 berbeda dibandingkan turnamen serupa edisi 2017, terutama tentang jumlah pemain yang boleh diikutkan dan total pemain asing yang bisa didaftarkan.

"Selebihnya, aturan tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya," ujar Direktur Operator Liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) Tigor dalam keterangan yang diterima di Jakarta, kemarin.

Ia mengatakan setiap tim dapat mendaftarkan sedikit-dikitnya 18 pemain dan maksimal 36 pemain ke Piala Presiden 2018.

Selain itu, di turnamen pramusim edisi terkini itu, setiap klub peserta wajib mendaftarkan tujuh pemain dengan usia di bawah 23 tahun atau yang lahir setelah 1 Januari 1996.

Untuk pemain asing, setiap tim bisa mengikutkan maksimal empat pemain dengan rincian satu pemain Asia dan tiga pemain bebas dari negara manapun. Skema ini disebut 3+1.

Regulasi-regulasi itu berbeda dari Piala Presiden 2017 di mana ketika itu setiap tim peserta wajib membawa sebanyak-banyaknya 30 pemain dengan di antaranya merupakan pesepak bola U-23 dan jumlah pemain impor tidak dibatasi karena kompetisi tersebut juga dimanfaatkan untuk menyeleksi pemain.

Terakhir, di Piala Presiden 2018, semua pemain dan ofisial warga negara asing wajib memiliki Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) yang masih berlaku.

"Pendaftaran pemain akan kami buka mulai 10 Januari 2018 hingga sehari menjelang laga pertama pada pertandingan masing-masing grup," tutur Tigor.

Piala Presiden 2018 sendiri diikuti 20 tim yang dibagi dalam lima grup. Turnamen ini rencananya dibuka di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, pada Selasa (16/1/2017), disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Grup A, yang dilangsungkan di Bandung, beranggotakan Persib, Sriwijaya FC, PSM Makassar dan PSMS.

Kemudian di Grup B, digelar di Balikpapan, ada Mitra Kukar, Persipura Jayapura, Martapura FC dan Barito Putera.

Persebaya Surabaya, Madura United, Perseru Serui dan PS TNI mengisi Grup C dan akan dilaksanakan di Surabaya.

Grup D mempertandingkan Persija Jakarta, PSPS Pekanbaru, Borneo FC dan Bali United. Semua laga grup ini digelar di Bali.

Terakhir di Grup E, yang bertanding di Malang, Jawa Timur, ada Arema FC, Bhayangkara FC, PSIS Semarang dan Persela Lamongan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut Bank BTN, Maryono, sedang memberikan penjelasan mengenai kondisi sektor properti pasca pilpres 2019 di Jakarta.

Rabu, 22 Mei 2019 - 23:58 WIB

BTN SIAPKAN RP14,58 TRILIUN SAMBUT LIBUR IDUL FITRI 1440 H

Jakarta-Untuk menjamin tercukupinya kebutuhan dana tunai bagi nasabah menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 1440 H, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyiapkan dana sebesar Rp 14,58…

Segarkan Tubuh dan Jiwa dengan Varian Baru Fayrouz Kurma

Rabu, 22 Mei 2019 - 23:53 WIB

Segarkan Tubuh dan Jiwa dengan Varian Baru Fayrouz Kurma

Segarkan Tubuh dan Jiwa dengan Varian Baru Fayrouz Kurma

Manajemen PT Blue Bird Tbk [kiri- kanan] Andeka Putra (Chief Information Officer), Andrianto Djokosoetono ( Direktur) Noni Purnomo (CEO) Sigit P. Djokosoetono Purnomo Prawiro (Direktur) Sandy Permadi (Chief Finance Officer )

Rabu, 22 Mei 2019 - 23:02 WIB

Bluebird Tunjuk Noni Purnomo sebagai Direktur Utama PT Blue Bird Tbk

Jakarta-Sesuai keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilaksanakan oleh PT Blue Bird Tbk pada hari Rabu, 22 Mei 2019, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta; Noni Purnomo…

Perayaan Idul Fitri (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Mei 2019 - 21:00 WIB

Tujuh Perayaan Idul Fitri di Seluruh Dunia

Hari Raya Idul Fitri, hari raya keagamaan yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadan, dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Kali ini, Agoda, salah satu agen perjalanan online yang paling…

Wiranto, Menkopolhukam (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Mei 2019 - 20:00 WIB

Wiranto: Aparat Keamanan akan Bertindak Tegas

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menyebutkan pemerintah sudah mengetahui dalang dari aksi kerusuhan yang terjadi pada Selasa malam (21/5/2019) hingga Rabu dini hari…