Gapmmi: Siap-Siap Harga Produk Olahan Bakal Naik 5 Persen

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 08 Januari 2018 - 16:07 WIB

Adhi S lukman, Ketua Gabungan pengusaha makanan dan minuman indonesia ( Gapmmi )
Adhi S lukman, Ketua Gabungan pengusaha makanan dan minuman indonesia ( Gapmmi )

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi), Adhi Lukman mengatakan, saat ini para pelaku usaha tengah menghitung risiko kenaikan harga di tahun 2018. Sepanjang tahun 2017, pelaku industri merasakan pencapaian target masih jauh.

"Kenaikan harga sebagai langkah terakhir bila kenaikan biaya tidak bisa diantisipasi," ujar Adhi

Salah satu yang menjadi momok adalah laju kenaikan harga bahan baku, yang berkisar antara 5%-30%. "Utamanya bahan baku dan harga kemasan," katanya.

Tahun lalu mayoritas pengusaha makanan dan minuman tidak menaikkan harga. "Kemungkinan tahun ini ada kenaikan harga sekitar 5%," terang Adhi.

Toh, pabrikan makanan minuman, PT Mayora Indah Tbk (MYOR), tak mau terburu-buru memutuskan kenaikan harga jual produknya. "Belum ada kenaikan di awal tahun. Bahan baku juga masih aman," tandas Sribugo Suratmo, Corporate Communication Division Head Mayora Indah Tbk.

Lagi pula, ada strategi lain untuk menyiasati lonjakan biaya produksi. Selain menaikkan harga jual produk, para industrialis akan menggenjot efisiensi. Termasuk bertransformasi ke digital dan otomatisasi agar daya saing terjaga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa OJK, Muhammad Maulana tengah

Senin, 16 Desember 2019 - 19:41 WIB

Waran Terstruktur Siap Menghiasi Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki Rancangan Peraturan OJK (RPOJK) terkait instrumen investasi Waran Terstruktur. Harapannya produk ini dapat dikembangkan sebagai produk derivatif.

Penghargaan diterima oleh Direktur Mandiri Syariah Putu Rahwidhiyasa

Senin, 16 Desember 2019 - 19:19 WIB

Mandiri Syariah Dinobatkan Menjadi Mitra Distribusi SBSN Ritel Terbaik 2019

Jakarta-PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) memperoleh penghargaan sebagai Mitra Distribusi SBSN Ritel Terbaik 2019 dan Peserta Lelang SBSN Terbaik Tahun 2019 dari Kementerian Keuangan…

Danone-AQUA raih Penghargaan Industri Hijau

Senin, 16 Desember 2019 - 16:41 WIB

15 Pabrik Danone-AQUA Raih Penghargaan Hijau 2019 dari Kemenperin

Danone-AQUA mendapatkan Penghargaan Industri Hijau 2019 melalui 15 pabriknya dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia atas upaya Danone-AQUA yang secara aktif dan bijak menggunakan…

Fadel Muhammad berbincang dengan Direktur Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muhammad Maulana.

Senin, 16 Desember 2019 - 16:24 WIB

Crowdfunding Bisa Danai UKM di Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong perusahaan untuk go publik. Kelebihannya, perusahaan yang sudah jadi emiten sebutan yang sudah listing di pasar modal, akan diawasi banyak orang.

Kolaborasi EXSPORT x Shane Tortilla Bag

Senin, 16 Desember 2019 - 15:43 WIB

Exsport Ajak Remaja Perempuan Untuk Jadi Diri Sendiri Lewat Kolaborasi Exsport X Shane Tortilla

EXSPORT x Shane Tortilla Bag menggambarkan ekspresi remaja wanita saat ini dengan desain yang colorful dalam tas jenis sling bag dan totebag.