INKA Siapkan 13 Trainset Kereta Untuk 3 Bandara Ini

Oleh : Hariyanto | Rabu, 03 Januari 2018 - 09:40 WIB

Pabrik Perkeretaapian PT Industri Kereta Api (INKA) (Ist)
Pabrik Perkeretaapian PT Industri Kereta Api (INKA) (Ist)

INDUSTRY co.id -Jakarta - PT Industri Kereta Api (Inka) telah menyiapkan 13 trainset untuk Kereta Bandara di tiga kota di Indonesia yakni Jakarta, Solo, dan Padang.

"Kami siap memasok 13 trainset untuk tiga bandara di Indonesia yakni Bandara Internasional Soekarno Hatta, Bandara Internasional Adi Soemarmo, dan Bandara Internasional Minangkabau," kata Direktur Keuangan dan SDM PT Industri Kereta Api (Inka) Muhammad Nur Sodiq dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (2/1/2017).

Ia mengatakan, penggarapan kereta bandara dilakukan dengan sangat serius. Bahkan pihaknya pun menggandeng industri kereta asal Jerman, Bombardier, dari mulai proses desain kereta hingga pengerjaannya.

"Kereta terbaik kita akan hadirkan. Tentunya kita harus persiapkan dengan matang. Kami ingin memberikan yang terbaik untuk melayani lintas internasional termasuk untuk menunjang pariwisata secara nasional," katanya.

Inka sendiri sudah mendapatkan proyek kereta bandara sebesar US$ 200,07 miliar untuk ke-13 kereta bandara tersebut.

Rinciannya, sebanyak 200 miliar dolar AS untuk 3 trainset di Bandara Internasional Minangkabau dan Bandara Internasional Adi Soemarmo. Sedangkan sebanyak 70 juta dolar AS untuk 10 trainset di Bandara Soekarno Hatta.

"Itu untuk tahap pertama. Nanti ke depan kebutuhannya akan semakin meningkat," katanya.

Rencananya untuk kereta bandara di Bandara Adi Soemarmo akan diserahkan pada April 2018. Sedangkan untuk kereta bandara di Bandara Minangkabau akan mulai diserahkan sekitar akhir Februari atau awal Maret 2018.

Pada tahun ini, Inka membidik total pendapatan hingga mencapai Rp2,5 triliun. Nominal tersebut tumbuh dari capaian mereka tahun lalu yaitu sebesar Rp1,8 triliun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perpusnas Press luncurkan 15 judul buku di Hari Buku Sedunia 2024.

Sabtu, 27 April 2024 - 21:05 WIB

Perpusnas Press Luncurkan 15 Judul Buku di Hari Buku Sedunia

Penerbit Perpusnas Press meluncurkan 15 judul di acara World Book Rumah Dunia sebagai dukungan terhadap kemajuan dunia perbukuan dan literasi.

Aksi donor darah di BRI Insurance

Sabtu, 27 April 2024 - 19:11 WIB

BRI Insurance Lakukan Aksi Donor Darah Sebagai Bentuk Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial

Sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan di momen HUT 35, BRI Insurance menggelar acara donor darah untuk Pekerja sebagai bentuk kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di kantor pusat…

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Sabtu, 27 April 2024 - 17:20 WIB

Ini Harapan Pengusaha Kawasan Industri untuk Pemerintahan Prabowo - Gibran

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih.

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…