Bupati Irna Minta Pedagang Tidak Naikkan Sembako

Oleh : Herry Barus | Selasa, 26 Desember 2017 - 09:00 WIB

Bupati Pandeglang, Irna Narulita (Foto Dok Industry.co.id)
Bupati Pandeglang, Irna Narulita (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pandeglang- Bupati Pandeglang, Provinsi Banten, Irna Narulita meminta para pedagang di pasar tradisional tidak menaikkan harga barang seenaknya, terutama untuk kebutuhan pokok.

"Kemarin melakukan sidak ke Pasar Badak, untuk memantau kondisi harga kebutuhan pokok, memang ada kenaikan tapi masih wajar," katanya di Pandeglang, Senin (25/12/2017) .

Pada sidak ke pasar tradisional terbesar di Kabupaten Pandeglang itu, bupati mendatangi penjual kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasar, telur, daging dan sayuran.

"Barang-barang itu sangat dibutuhkan masyarakat makanya menjadi fokus dalam pemantauan kita," ujarnya.

Dalam kunjungan itu, Irna mengaku melakukan komunikasi dengan para pedagang dan meminta agar mereka tidak menaikkan harga seenaknya terkait tingginya permintaan pada Natal dan Tahun Baru 2018.

Ia juga menyatakan telah menekankan pada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya mineral agar secara rutin melakukan pemantauan harga ke berbagai pasar tradisional di wilayah itu.

Di Kabupaten Pandeglang terdapat 14 pasar tradisional, dan semuanya harus dipantau, harapannya dengan adanya petugas dari instansi terkait pedagang juga berfikir untuk menaikkan harga.

"Dengan adanya pantauan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral mudah-mudahan tidak terjadi lonjakan harga. Kalaupun ada kenaikan diluar kewajaran bisa segera dicarikan solusinya," ujarnya kepada awak media.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Andi Kusnardi mengatakan kenaikan yang terjadi pada harga bahan pokok masih diambang batas kewajaran.

"Memang ada kenaikan tapi hanya beberapa pedagang saja, jadi tidak semua pedagang menaikan harga, dan itupun masih wajar," katanya.

Harga bahan pokok yang mengalamai kenaikan, diantaranya daging sapi dari Rp110.000/kg menjadi Rp120.000, daging ayam dari Rp32.000/kg menjadi Rp35.000/kg, beras IR kualitas I dari Rp10.200/kg menjadi Rp10.500/kg.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…