Harga Cengkih di Ternate Dipatok Rp100 Ribu per Kg

Oleh : Hariyanto | Senin, 25 Desember 2017 - 22:45 WIB

Ilustrasi Cengkih (ist)
Ilustrasi Cengkih (ist)

INDUSTRY co.id -Ternate - Pelaku usaha hasil bumi memtok harga cengkih di Ternate naik menjadi Rp100 ribu perkg dibandingkan dengan pekan lalu yakni Rp95 ribu perkg.

Beberapa pelaku usaha hasil bumi di Ternate menyatakan, kenaikan harga cengkih ini karena adanya kenaikan harga di daerah antar pulau, khususnya di Surabaya, Jawa Timur.

Namun kenaikan harga cengkih tersebut dinilai tidak mendorong para petani untuk menjual cengkihnya, karena saat ini para petani belum memiliki stok. Hal tersebut dikarenakan panen cengkih diperkirakan baru akan berlangsung pada pertengahan 2018.

"Sekarang ini walaupun harga cengkih dinaikkan sampai Rp200 ribu per kg, dapat dipastikan tidak ada petani yang datang menjual cengkih, mengingat saat ini belum ada panen cengkih," kata Ramin, salah seorang petani cengkih di Ternate, Sabtu (23/12/2017).

Sementara, untuk biji pala kualitas bagus di Ternate, harganya bertahan Rp60 ribu per kg, biji pala kualitas standar dan biji pala hancur masing-masing bertahan Rp55 ribu per kg dan Rp22 ribu per kg.

Begitu pula harga fuli pala tetap Rp120 ribu per kg, setelah beberapa pekan lalu sempat naik Rp125 ribu per kg, karena saat itu harga pembelian fuli pala di daerah antar pulau mengalami kenaikan.

Harga kopra kualitas bagus turun dari Rp10 ribu per kg menjadi Rp9.500 per kg, sedangkan kopra kualitas standar bertahan Rp8.500 per kg.

Harga kakao bertahan Rp20 ribu per kg, namun tinggi intensitas curah hujan di Malut dalam beberapa pekan terakhir mengakibatkan petani yang menjual kakaonya ke pengusaha pengumpul hasil bumi agak sepi karena petani kesulitan untuk menjemur kakaonya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SoPa akuisisi NusaTrip

Senin, 15 Agustus 2022 - 20:12 WIB

Akuisisi Nusatrip, Society Pass Resmi Masuki Pasar Indonesia

Society Pass Inc. (SoPa), ekosistem e-commerce dan loyalty terkemuka di Asia Tenggara secara resmi mengumumkan akuisisi atas NusaTrip, agensi travel online (OTA) yang bermarkas di Jakarta, dan…

Penandatqnganan MoU Jababeka dan Telkomsel Enterprise

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:53 WIB

Jababeka Gandeng Telkomsel Enterprise, Wujudkan Indonesia 4.0 di Correctio Road to Jababeka Silicon Valley

Setelah menggandeng BRIN, BISA AI, dan Indogen sebagai mitra strategis dalam mewujudkan kawasan Jababeka Silicon Valley yang saat ini dikenal dengan Correctio, PT Jababeka Infrastruktur kembali…

Sarihusada

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:34 WIB

68 Tahun Berdiri, Sarihusada Konsisten Berikan Nutrisi untuk Keluarga Indonesia

Sarihusada sebagai perusahaan penyedia nutrisi untuk ibu, anak dan keluarga Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-68 pada 14 Agustus 2022, dengan menegaskan komitmennya untuk memberikan nutrisi…

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih penghargaan dari organisasi independen internasional atas upaya perseroan dalam penerapan ekonomi hijau untuk memerangi perubahan iklim.

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:07 WIB

Keren! BTN Raih Apresiasi dari Carbon Disclosure Project

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih apresiasi dari Carbon Disclosure Project (CDP) atas partisipasi, inisiatif, dan konsistensi perseroan dalam menerapkan berbagai strategi…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:54 WIB

Strategi Sukses Swasembada Beras Perlu Diadopsi untuk Komoditas Pangan Lain

Jakarta- Indonesia menerima penghargaan dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) karena telah memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan berhasil swasembada beras pada periode…