KS-Sango Investasi US$95 Juta Produksi Baja Bernilai Tambah Tinggi

Oleh : Ridwan | Jumat, 15 Desember 2017 - 14:27 WIB

KS-Sango Investasi US$95 Juta Produksi Baja Bernilai Tambah Tinggi (Foto Dok Industry.co.id)
KS-Sango Investasi US$95 Juta Produksi Baja Bernilai Tambah Tinggi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perusahaan asal Jepang, Sango Corporation merealisasikan investasinya di Indonesia dengan megandeng PT Krakatau Steel (KS) untuk mengembangkan produk baja bernilai tambah tinggi yaitu, wire rod.

Nantinya, produk baja bernilai tambah tinggi tersebut akan di pasok untuk memenuhi kebutuhan industri otomotif nasional.

"Ini merupakan milestone atau tombak sejarah untuk industri otomotif pendalaman struktur. Kementerian Perindustrian mendorong pendalaman struktur, beberapa waktu lalu untuk produk plastik sekarang produk wire rod. Dimana selama ini wire rod kita impor sekarang sudah bisa di pasok oleh KS," ujar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di Kantor Kemenperin, Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Ia menambahkan, untuk tahap pertama, nilai proyek investasi tersebut sebesar US$ 95 juta. "Nantinya dalam kerja sama ini akan menghasilkan 40 ribu ton wire rod per tahun untuk kebutuhan industri otomotif. Dengan begitu akan menghemat devisa mencapai US$ 24 juta per tahun," terangnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dengan investasi ini maka supplai kepada industri otomotif dan spare part akan semakin baik karena quality control nya dijamin dan untuk delivery nya akan lebih terjaga.

"Dengan demikian jika terjadi masalah pada kualitas wire rod, maka pabrikan otomotif bisa langsung menyampaikanya ke KS-Sango," tutur Airlangga.

Sekedar informasi, kerja sama ini digagas dalam misi investasi yang dipimpin Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada pertemuan dengan CEO Sango pada Oktober 2016 lalu di Tokyo, Jepang.

Kemudian dilanjutkan dengan joint study model suplai industri wire rod di Indonesia dan survei market industri komponen otomotif berbasis wire rod.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 15:05 WIB

Tiga Perusahaan ini Bakal Sulap Tanjung Lesung Jadi Objek Wisata Kelas Dunia

Tiga perusahaan yang berasal dari Indonesia, China, dan Singapura berkomitmen akan menjadikan Pantai Tanjung Lesung, Banten, sebagai objek wisata berkelas dunia.

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF (Foto Istimewa)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 13:15 WIB

Perang Dagang AS-China Tak Berdampak pada Laju Bisnis Indofood

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Franciscus Wellirang menyebut tidak ada kekhawatiran terkait perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani

Sabtu, 25 Mei 2019 - 12:05 WIB

Ini Harapan Kadin untuk Pemerintah Lima Tahun Kedepan

Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan sejumlah harapan kepada pemerintah untuk lima tahun mendatang.

PGV Hadirkan Talk show Memilih Sekolah Bareng Kak Seto Sekolah Dekat Rumah Untungkan Orangtua & Anak

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:46 WIB

Lingkungan Baik dan Nyaman, Sekolah Dekat Dengan Hunian Jadi Pilihan

Menjelang tahun ajaran baru merupakan periode sibuk bagi para orangtua yang memiliki anak usia sekolah. Terutama bagi mereka yang baru pertama memasukan si buah hati ke tingkat pendidikan dasar.…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:40 WIB

BNI Bersama BNI Syariah Berkontribusi di Halal Park BUMN Bandara Soetta

Jakarta - BNI bersama BNI Syariah kembali berkontribusi maksimal untuk mendorong halal ekosistem. Setelah sebelumnya berpartisipasi di Halal Park Gelora Bung Karno (GBK), hari ini, Kamis (23/5),…