Ciptakan SDM Kompeten, Komatsu Indonesia Rangkul 35 SMK di Pulau Jawa

Oleh : Ridwan | Rabu, 13 Desember 2017 - 11:30 WIB

PT Komatsu Indonesia (dok Komatsu)
PT Komatsu Indonesia (dok Komatsu)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Bertepatan dengan puncak perayaan ulang tahun ke-35, PT Komatsu Indonesia meresmikan Komatsu Management Development Institute (KIMDI) sekaligus meresmikan program Link and Match dengan 35 SMK di pulau Jawa.

Acara peresmian yang dihadiri oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto serta didampingi oleh Presiden Ditektur PT Komatsu Indonesia, Pratjojo Dewo berlangsung di Pusat Pengembangan Industri Komatsu Indonesia (PPIKI), Cakung, Jakarta (13/12/2017).

Dalam sambutannya, Pratjojo Dewo mengatakan, pendirian KIMDI merupakan salah satu inisiatif kebijakan manajemen dalam percepatan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di lingkungan PT Komatsu Indonesia beserta affiliate company.

"Program link and match ini tidak hanya di khususkan untuk internal komatsu saja, tetapi juga para pemasok dan semua pemangku kepentingan dalam menginspirasi perubahan lansekap bisnis alat berat yang semakin cepat," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, PT Komatsu Indonesia melakukan penandatanganan nota kesepahaman dalam bidang research and development antara Komatsu, Ltd dengan perguruan tinggi yakni UI, ITB, UGM dan IPB.

Dalam kerja sama ini PT Komatsu Indonesia turut membantu dalam hal penyelarasan kurikulum berbasis kompetensi, pengembangan sarana prasarana praktikum dan penyediaan kesempatan praktek kerja industri bagi siswa SMK dan penanganan industri bagi guru serta sertifikasi.

Pratjojo berharap dengan peresmian KIMDI dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kapabilitas karyawan PT Komatsu Indonesia beserta affiliate company, para pemasok dan semua pemangku kepentingan yang berujung pada peningkatan performansi dan efisiensi perusahaan.

"Sedangkan, program link and match ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM lulusan SMK dalam memenuhi tuntutan standar industri," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Program BISA

Senin, 29 April 2024 - 18:05 WIB

Cegah Stunting di Jawa Barat dan NTT, Program BISA Tingkatkan Perilaku CTPS Sebesar 81,5%

Save the Children bersama dengan mitra konsorsium Unilever Lifebuoy, berhasil meningkatkan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui program…

Bank Jatim (Foto Moneter)

Senin, 29 April 2024 - 17:16 WIB

Wow! Awali Tahun 2024, Bank Jatim Cetak Kinerja Ciamik

Jakarta-PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) sukses mencatatkan kinerja yang positif sepanjang Triwulan Pertama 2024.

Kinerja Kuartal I/2024, Penyaluran Kredit dan Pembiayaan BTN Tembus Rp344,2 Triliun

Senin, 29 April 2024 - 16:54 WIB

Top! Kinerja Kuartal I/2024 Penyaluran Kredit dan Pembiayaan BTN Tembus Rp344,2 Triliun

Jakarta – Strategi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) untuk fokus mengembangkan segmen high yield dan komersial mulai membuahkan hasil.

Maskapai Garuda Indonesia

Senin, 29 April 2024 - 16:52 WIB

Tingkatkan Pertumbuhan Pariwista GIA Buka Rute Manado Denpasar PP Jakarta– Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam mengoptimalkan pertumbuhan pariwisata nasional melalui perluasan jaringan penerbangan ke berbagai destinasi…

Ratusan Calon Investor Bidang Transportasi Hadiri Familiarisasi Konsep “Kota Masa Depan” Nusantara

Senin, 29 April 2024 - 16:38 WIB

Ratusan Calon Investor Bidang Transportasi Hadiri Familiarisasi Konsep “Kota Masa Depan” Nusantara

Intelligent Transport System (ITS) Indonesia bekerja sama dengan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengadakan sesi pertemuan daring dengan ratusan calon investor bidang transportasi…