Dirut PLN Kunjungi PLTU Tiongkok Pelajari Efisiensi Pembangkit Listrik

Oleh : Herry Barus | Jumat, 08 Desember 2017 - 11:19 WIB

Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir. (Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)
Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir. (Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dirut PT PLN (Persero) Sofyan Basir mengunjungi PLTU Ninghai di Kota Ningbo, Tiongkok, Rabu (6/12/2017 ), untuk mempelajari tingkat efisiensi dan emisi pembangkit tersebut.

Menurut Sofyan dalam rilisnya di Jakarta, kemarin  setidaknya ada empat hal yang bisa dipelajari dari kunjungannya ke pembangkit Ninghai berkapasitas total 4.4000 MW yang dibangun China Shenhua Energy Company itu.

Pertama, tingginya kinerja salah satu pembangkit paling efisien di dunia itu. Pembangkit listrik, yang 35 persen batubaranya dari Indonesia tersebut, mempunyai tingkat efisiensi mencapai 280 gram/kWh.

Kedua, tingkat keandalan pembangkit berteknologi "ultra super critical" itu rata-rata mampu beroperasi hingga 95 persen setahun bila sedang tidak dilakukan perawatan dan 80 persen bila sedang ada perawatan.

Ketiga, memenuhi standar emisi Pemerintah Tiongkok yang sangat ketat dalam hal lingkungan. "Dan keempat, kebersihan pembangkit yang terjaga baik," ujarnya.

Selain itu, Sofyan menambahkan kunjungannya juga ingin memastikan investor Shenhua dapat membangun PLTU IPP Jawa 7 dengan kualitas yang sama, yakni berkinerja tinggi dengan rendah emisi.

PLTU IPP Jawa 7 dikembangkan Konsorsium Shenhua Guohua dan PT Pembangkit Jawa Bali Investasi dengan komposisi saham 70:30.

Pembangkit berkapasitas 2x1.000 MW yang sudah memulai konstruksi pada September 2017 itu ditargetkan rampung pada April 2020.

PLN membeli listrik Jawa 7 dengan harga 4,2 sen dolar AS per kWh.

"Kami harus akui pada masa lalu kontraktor pembangunan pembangkit yang digarap investor Tiongkok kualitasnya di bawah dan jauh dari harapan, sehingga membebani PLN dan berpengaruh pada ketersediaan daya listrik nasional," kata Sofyan.

Namun, lanjutnya, saat ini PLN lebih berhati-hati memilih investor Tiongkok yang salah satunya hanya bekerja sama dengan perusahaan milik pemerintah berpengalaman seperti Shenhua Energy.

Shenhua sebelumnya juga menanamkan investasinya di PLTU Sumsel-1, Muara Enim, Sumatera Selatan berkapasitas 2x350 MW.

Pada pembangkit itu, PT Shenhua Guohua Lion Power Indonesia bergabung dengan Indonesia LPE dengan pembagian saham 75:25.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sriwijaya Air (Foto Ist)

Selasa, 21 Mei 2019 - 12:00 WIB

Jelang Momen Mudik Lebaran, Sriwijaya Air Buka Tiga Rute Baru

Sriwijaya Air, maskapai penerbangan nasional yang merupakan bagian dari Garuda Indonesia Group siap menyambut datangnya momen mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H dengan menyiapkan tiga rute penerbangan…

Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,

Selasa, 21 Mei 2019 - 11:00 WIB

Lonjakan Defisit Neraca Dagang Tuntut Reformasi Struktural

Kabar kurang menggembirakan kembali mengejutkan pasar finansial Indonesia pada pertengahan Mei ini. Tak hanya polemik perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok semakin panas, investor…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil, PhD dan Kepala Karantina dan Keamanan Pangan Sarawak, Gasing Anak Nyalu

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:53 WIB

Kementan Capai Kesepakatan bersama Otoritas Serawak Terkait Ekspor

Kuching - Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) jajaki harmonisasi aturan perkarantinaan Indonesia - Sarawak, Malaysia terkait lalu lintas komoditas pertanian di…

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:39 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM, FIF Group Resmikan Reading Corner di Lima Kota

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019) kemarin.

Perakitan perangkat Xiaomi

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:34 WIB

Xiaomi Pastikan Produksi Lancar Menjelang Momentum Lebaran

Berkomitmen untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen di bulan Ramadan, Xiaomi berfokus pada kelancaran proses produksi dan distribusi.