PLN Tunda Pembangunan PLTU di Tarakan Kaltara

Oleh : Ridwan | Selasa, 05 Desember 2017 - 12:50 WIB

Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)
Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Tarakan- PT PLN (Persero) menunda pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, karena belum dimasukkan dalam skala prioritas.

General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Kaltim-Kaltara Riza Novianto Gustam di Samarinda melalui pesan tertulis yang diterima di Tarakan, Senin (4/12/2017)  menyatakan, pembangunan PLTU ditunda karena beban puncak daya di Kota Tarakan hanya 39,3 megawatt (MW).

Kebutuhan daya sebesar itu, kata dia dapat dicukupi dengan mesin diesel yang dimiliki saat ini sehingga rencana pembangunan PLTU ditunda. Hal ini juga berkaitan pembangunan PLTU di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, yang sedang berproses.

Kemudian, rencana pembangunan PLTMG di Tanjung Selor sebesar 15 MW juga menjadi alasan penundaan pembangunan PLTU di Kota Tarakan, ujar dia.

Menyangkut wacana penyambungan kabel transmisi bawah laut dari Kaltim menuju Kota Tarakan, Riza Novianto mengatakan, masih dalam tahap uji feasibility study (FS) atau uji kelayakan.

Riza menegaskan, pengerjaan penyambungan jaringan dari Kaltim ke wilayah Kaltara telah dimulai sehingga ditargetkan tersambung seluruhnya pada 2020. Bersamaan dengan rampungnya pembangunan PLTG di Kecamatan Seimenggaris Kabupaten Nunukan.

Jadi, kata dia, penundaan pembangunan PLTU di Kota Tarakan sangat beralasan sehubungan dengan dimulainya sejumlah pembangunan pembangkit di daerah Kaltara dan penyambungan kabel dari wilayah Kaltim. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Noah

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:20 WIB

Dua Tahun Digarap, Noah Rilis Album 'Keterkaitan Keterikatan’

Ariel, Lukman, Uki, dan David melakukan serangkaian kegiatan yang diberi nama 7 Days in Paradise.

Fashion show di ajang Jakarta Youth Meet Up.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:08 WIB

Jakarta Youth Meet Up Wujudkan Inspirasi dan Selebrasi Anak Muda

Entusiasme anak muda terlihat dari banyaknya pengunjung yang terus berdatangan.

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp di Bangkok, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:57 WIB

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp

Kontribusi SCG di bidang Pendidikan, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di negara tempatnya beroperasi.

KoinWorks berhasil memenangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase and Competition Indonesia 2019 untuk kategori Lending yang diumumkan Kamis, 22 Agustus 2019 di JW Marriott Hotel, Jakarta.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:44 WIB

KoinWorks Menangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase

Berhasil mengalahkan lima pesaing utama lainnya yang sebagian besar berasal dari industri fintech dan perbankan.

Riko Gunawan, Head of Commercial Products and Solution Acer Indonesia pada konferensi pers solusi Smart Water, Smart Power, Smart Lighting, dan Smart Agriculture sebagai solusi berteknologi Internet of Things (IoT) di Jakarta, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:02 WIB

Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi Biaya, Acer Perkenalkan Solusi IoT

Membantu perusahaan dan pelaku bisnis meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya melalui konektivitas antar perangkat.