PLN Tunda Pembangunan PLTU di Tarakan Kaltara

Oleh : Ridwan | Selasa, 05 Desember 2017 - 12:50 WIB

Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)
Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Tarakan- PT PLN (Persero) menunda pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, karena belum dimasukkan dalam skala prioritas.

General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Kaltim-Kaltara Riza Novianto Gustam di Samarinda melalui pesan tertulis yang diterima di Tarakan, Senin (4/12/2017)  menyatakan, pembangunan PLTU ditunda karena beban puncak daya di Kota Tarakan hanya 39,3 megawatt (MW).

Kebutuhan daya sebesar itu, kata dia dapat dicukupi dengan mesin diesel yang dimiliki saat ini sehingga rencana pembangunan PLTU ditunda. Hal ini juga berkaitan pembangunan PLTU di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, yang sedang berproses.

Kemudian, rencana pembangunan PLTMG di Tanjung Selor sebesar 15 MW juga menjadi alasan penundaan pembangunan PLTU di Kota Tarakan, ujar dia.

Menyangkut wacana penyambungan kabel transmisi bawah laut dari Kaltim menuju Kota Tarakan, Riza Novianto mengatakan, masih dalam tahap uji feasibility study (FS) atau uji kelayakan.

Riza menegaskan, pengerjaan penyambungan jaringan dari Kaltim ke wilayah Kaltara telah dimulai sehingga ditargetkan tersambung seluruhnya pada 2020. Bersamaan dengan rampungnya pembangunan PLTG di Kecamatan Seimenggaris Kabupaten Nunukan.

Jadi, kata dia, penundaan pembangunan PLTU di Kota Tarakan sangat beralasan sehubungan dengan dimulainya sejumlah pembangunan pembangkit di daerah Kaltara dan penyambungan kabel dari wilayah Kaltim. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jokowi Tinjau Tol Pekanbaru dumai

Minggu, 23 Februari 2020 - 02:09 WIB

Jokowi: Tol Pekanbaru-Dumai Sepanjang 131,48 Km Bisa Dipakai Sebelum Lebaran

Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan pembangunan jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai. Secara umum, pembangunan ruas tol sepanjang 131,48 kilometer tersebut telah mencapai kurang lebih 90 persen…

Jojowi tinjau Tol Aceh

Minggu, 23 Februari 2020 - 01:01 WIB

Tinjau Simpang Susun Blang Bintang, Presiden: Alhamdulillah, Pembebasan Lahan Lancar

Tol dari Banda Aceh menuju Sigli ini 74 kilometer dan alhamdulillah pembebasan tanahnya berjalan dengan baik. Biasanya proses konstruksinya yang terhenti di pembebasannya, tapi di sini pembebasannya…

Jokowi resmikan pabrik rayon dan benang terbesar di Indonesia

Sabtu, 22 Februari 2020 - 23:05 WIB

Jokowi Resmikan Pabrik Rayon dan Benang Senilai Rp15.5 triliun di Riau

Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Riau pada Jumat, 21 Februari 2020, meresmikan fasilitas produksi rayon dan benang terintegrasi PT Asia Pacific Rayon.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO)

Sabtu, 22 Februari 2020 - 22:20 WIB

Apindo Minta Omnibus Law RUUCipta Kerja Hapus kewenangan KPPU sebagai hakim

Ketua Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sutrisno Iwantono meminta Omnibus Law RUUCipta Kerja menghapuskan kewenangan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) sebagai hakim,…

Pekerja PT Timah - foto - IST

Sabtu, 22 Februari 2020 - 21:57 WIB

DPR Sayangkan Industri Timah Nasional Terbesar di Dunia Tapi Alami Kerugian

Kementerian Perindustrian didesak lebih memperhatikan sektor industri yang akan dimajukan, seperti membuat industri turunan timah. Timah kita itu adalah industri terbesar di dunia setelah China.…