Indonesia Alami Inflasi Tahunan 3,3%

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 04 Desember 2017 - 12:18 WIB

Ilustrasi BPS. (Foto: IST)
Ilustrasi BPS. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Indonesia mengalami inflasi sebesar 0,2% pada November 2017. Jika dibandingkan dengan November 2016, maka Indonesia mengalami inflasi tahunan 3,3%. Tetapi sepanjang periode Januari-November 2017, inflasi Indonesia tercatat sebesar 2,87%.

Demikian data yang dipublikasikan oleh Suhariyanto, Kepala Badan Pusat Statistisk (BPS), di Jakarta, Senin (04/12/2017).

“Inflasi sebesar 0,20% jauh lebih rendah dibandingkan inflasi November sejak 2014. Kita berharap harga-harga dapat terkendali pada Desember mendatang sehingga inflasi tahunan dapat mencapai sesuai target yang ditetapkan,” tutur Suhariyanto.

Suhariyanto mengemukakan, inflasi yang terjadi pada November 2017 tersebut relatif rendah. Inflasi tersebut dipicu oleh kenaikan harga-harga bahan makanan. Inflasi yang dipicu oleh kenaikan harga cabai merah tercatat sebesar 0,37%, beras sebesar 0,03%, bawang merah 0,02% serta daging ayam dan telur sebesar 0,01%.

“Inflasi yang terjadi pada November 2017 ini disebabkan oleh kenaikan cabai merah, bawang merah dan beras seiring dengan tingginya curah hujan di musim penghujan saat ini,” tukas Suhariyanto.

Sementara itu, demikian Suharyanto, kenaikan harga di sektor transportasi, komunikasi dan jasa keuangan pada November 2017 hanya mengakibatkan inflasi sebesar 0,09%. Itu adalah inflasi terendah dari seluruh inflasi yang terjadi di Indonesia pada November 2017.

Suharyanto juga mengungkapkan, sebanyak 68 kota di Indonesia mengalami inflasi dan 14 kota menghadapi deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Singaraja, Bali dan yang terendah di Bekasi dan Palopo, Sulawesi Selatan.

Adapun deflasi tertinggi terjadi di Tual, Kepulauan Maluku dan deflasi yang terendah di Manokwari, Papua. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum INKOWAPI, Sharmila Yahya

Minggu, 28 April 2024 - 20:03 WIB

INKOWAPI Siap Dukung Percepatan Pelaksanaan Program Makan Siang & Susu Gratis

Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (INKOWAPI) mendukung percepatan pelaksanaan program makan siang dan susu gratis yang digagas Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029.

Baliho Dico Ganinduto

Minggu, 28 April 2024 - 18:54 WIB

Viral Baliho Dico Ganinduto Gubernur Jateng, Ini Kata Pakar

Sejumlah wilayah di Jawa Tengah 'dibanjiri' baliho hingga billboard yang menampilkan foto Bupati Kendal Dico Ganinduto. Hal tersebut membuat menarik perhatian seluruh masyarakat Jateng hingga…

Dukungan Lingkungan Penting bagi Produksi Gula, PT PG Rajawali II Gencarkan Kemitraan Tebu dan Salurkan Bantuan Fasilitas Umum bagi Desa Penyangga

Minggu, 28 April 2024 - 16:16 WIB

Dukungan Lingkungan Penting bagi Produksi Gula, PG Rajawali II Gencarkan Kemitraan Tebu dan Salurkan Bantuan Fasilitas Umum bagi Desa Penyangga

Indramayu – Upaya mendorong produktivitas gula perlu mendapat dukungan kolektif berbagai pihak, salah satunya dari masyarakat desa penyangga di sekitar perkebunan tebu dan pabrik gula. Pemberdayaan…

Pelita Air

Minggu, 28 April 2024 - 15:28 WIB

Pelita Air Tambah Rute Baru Penerbangan Langsung Jakarta-Kendari-Jakarta

Pelita Air (kode penerbangan IP), membuka rute penerbangan baru Jakarta-Kendari-Jakarta (langsung) dengan melakukan penerbangan perdana dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) ke…

Pakar komunikasi, Anthony Leong

Minggu, 28 April 2024 - 11:34 WIB

Pakar: Sinyal Ahok Maju Pilkada Jakarta Sudah Disiapkan Sebelum Pilpres 2024

Pakar komunikasi, Anthony Leong mengatakan bahwa ada sinyalemen kuat bagi mantan Gubernur Daerah Khusus Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk kembali maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)…