Ini Dia Tiga Tugas Besar Holding BUMN Industri Pertambangan

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 02 Desember 2017 - 19:20 WIB

Ilustrasi Tambang Batu Bara PT Bukit Asam Tbk
Ilustrasi Tambang Batu Bara PT Bukit Asam Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Holding BUMN Industri Pertambangan baru terbentuk pekan lalu. Holding yang digawangi PT Inalum (Persero) sebagai induk perusahaan tersebut beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Bukit Asam Tbk.

Menurut Pengamat Energi dan Migas UGM, Fahmy Radhi, ada sederet pekerjaan rumah besar yang  harus dilakukan holding dalam jangka pendek. Apa saja itu?

Pertama, harus menyelesaikan integrasi internal di antara ketiga BUMN Tambang. Itu merupakan tahapan sulit yang harus dilalui. Kedua, restruktirisasi keuangan holding harus segera dilakukan. Apalagi ketiga BUMN tambang sudah go public, sehingga perlu dihitung ulang struktur modal perusahaan holding tambang,” jelasnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (2/12/2017).

Sementara yang Ketiga adalah persiapan divestasi 51% saham Freeport, yang selama ini menjadi salah satu tujuan pembentukan holding BUMN Industri Pertambangan.

“Setelah restrukturisasi keuangan selesai, holding tambang harus mempersiapkan diri untuk divestasi 51% saham Freeport. Harus ditetapkan sumber dana internal dan eksternal untuk divestasi saham Freeport,” lanjut mantan anggota Tim Reformasi Tata Kelola Migas tersebut.

Saat ditanya apa pandangannya terhadap kehadiran holding BUMN Industri Pertambangan, Fahmy menyebutnya sebagai keniscayaan yang harus dilakukan.

“Holding tambang merupakan keniscayaan yang harus dilakukakan. Selain untuk memperkuat holding tambang dalam bersaing di pasar global, holding dibutuhkan untuk melakukan divestasi 51% saham Freeport,” tegasnya.

Namun, ia mengingatkan supaya proses pembentukan holding harus dilakukan dengan benar. Jangan sampai penunjukan Inalum sebagai induk perusahaan holding menimbulkan resistensi pada tiga perusahaan tambang karena jika itu terjadi bisa berakibat pada terhambatnya proses integrasi holding tambang.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:25 WIB

Jelang KTT G20, Menteri Basuki Tinjau Persiapan Dukungan Infrastruktur

Menjelang Presidensi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 bulan Oktober 2022, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pelaksanaan peningkatan…

Nestle

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:15 WIB

Menteri Bahlil Siap Kawal Perluasan Bisnis Nestle di Indonesia

Dalam kunjungan kerjanya ke Davos, Swiss, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu langsung dengan Head of Operations Nestle Magdi Batato (24/5).…

Pelaku Ekonomi Kreatif di Bali (Foto: Kemenparekraf)

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:15 WIB

Gaet Investor, Menparekraf Bekali Pelaku Ekraf Bali Strategi Pithching yang Efektif

Untuk menarik investor, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno membekali pelaku ekonomi kreatif di Bali tentang strategi pithcing yang efektif.

Menteri Basuki Ajak Delegasi di Forum GPDRR 2022 Siapkan Antisipasi Pengurangan Perubahan Iklim

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:04 WIB

Menteri Basuki Ajak Delegasi di Forum GPDRR 2022 Siapkan Antisipasi Pengurangan Perubahan Iklim

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, bencana akibat perubahan iklim merupakan ancaman nyata yang harus disiapkan antisipasinya untuk pengurangan…

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:30 WIB

Venesia Tunda Pajak Turis untuk Wisatawan Hingga 2023

Sesuai perkembangan terbaru, Venesia telah menunda rencananya untuk membebankan pengunjung 'pajak turis' untuk mengelola overtourism.