Dampak Vulkanik Gunung Agung, Hotel di Bali Beri Harga Khusus

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 28 November 2017 - 23:00 WIB

 Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani (Foto:jurnas)
Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani (Foto:jurnas)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani, mengatakan jasa perhotelan di Provinsi Bali sepakat untuk memberikan harga khusus kepada wisatawan yang terdampak aktivitas vulkanik Gunung Agung.

"Kepedulian kami juga untuk harus mengurus tamu. Ini kan situasi 'force majeure', ya harus kami pikirkan," kata Hariyadi ditemui usai acara "Innovative Policies for an Accelerated Economic Growth" di Jakarta, Selasa(28/11/2017)

Hariyadi, yang juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), tidak memungkiri bahwa saat ini kondisi bisnis hotel di Bali tengah mengalami kesulitan akibat erupsi Gunung Agung.

"Sekarang lagi susah karena airport ditutup. Kalau di Bali sampai airport ditutup itu menyulitkan. Tapi teman-teman di Bali sudah sepakat berikan kemudahan berupa diskon 'bottom price' untuk tamu-tamu," ucap dia.

Hariyadi juga mengatakan bahwa telah ada kesepakatan dengan pemerintah provinsi agar jasa hotel memberikan harga yang memberi kemudahan bagi wisatawan tidak bisa meninggalkan Bali karena terdampak aktivitas vulkanik Gunung Agung.

"Juga kalau sudah mereda, tentu kami harus mengampanyekan dan mengkomunikasikan ke media bahwa Bali sudah aman," kata dia.

Sebelumnya, otoritas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali memperpanjang penutupan operasi penerbangan selama 24 jam ke depan hingga Rabu (29/11) pukul 07.00 WITA karena ruang udara di wilayah bandara masih tertutup abu vulkanik Gunung Agung.

Berdasarkan laporan dari Vulcanic Ash Advisory Center (VAAC) di Darwin, Australia, semburan abu vulkanik Gunung Agung telah mencapai ketinggian 30 ribu kaki dan bergerak ke arah selatan-barat daya dengan kecepatan 5-10 knot dan masih mengarah ke Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Pada penutupan operasional penerbangan pada Senin (27/11) hingga Selasa pagi, sebanyak 445 jadwal penerbangan domestik dan internasional dibatalkan.

Pengelola bandara bekerja sama dengan instansi terkait lain dan maskapai penerbangan membantu calon penumpang untuk beralih rute, mengembalikan uang tiket atau menggunakan jalur darat menuju bandara terdekat.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan erupsi kembali terjadi pada pengamatan mulai pukul 18.00-24.00 WITA pada Senin (27/11), ketika Gunung Agung menyemburkan abu bertekanan sedang berwarna kelabu dengan intensitas tebal hingga setinggi sekitar 3.000 meter di atas kawah puncak. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

vivo Y19

Senin, 09 Desember 2019 - 12:50 WIB

Andalkan Baterai Besar, vivo Y19 Telah Tersedia di Pasar Indonesia

Mengusung rangkaian fitur unggulan seperti kapasitas memori 6GB RAM dan 128GB ROM, baterai super besar 5000 mAh dengan fitur Dual-Engine Fast Charging (18W), layar luas 6.53” FHD+ Ultra All…

Midea Perkenalkan MFD180

Senin, 09 Desember 2019 - 12:24 WIB

Fokus Garap Segmen Laundry Commercial, Midea Perkenalkan MFD180

Seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan bisnis dibidang jasa laundry dan binatu, Midea mulai memusatkan lini produknya dengan memperkenalkan produk mesin cuci front load berkapasitas besar…

Peternak Ayam (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 09 Desember 2019 - 12:06 WIB

Pelaku Usaha Diajak Lipat Gandakan Ekspor Pangan

Surabaya -- Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi kinerja eksportasi PT Japfa Comfeed Indonesia TBK (JFPA) yang telah mampu mencatat nilai lebih dari Rp. 500 milyar di penghujung…

The 22nd Annual Panasonic Gobel Awards

Senin, 09 Desember 2019 - 11:32 WIB

Malam Puncak Penghargaan PANASONIC GOBEL AWARDS KE – 22 Panasonic Beri Penghargaan Bagi Kreator Konten Digital di Creatorland

Malam Puncak PGA 2019 yang diselenggarakan pada tanggal 6 Desember 2019 di gedung The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan akan memberikan penghargaan kepada 24 pemenang kategori. Terdiri…

Film Kucumbu Tubuh Indahku Raih Penghargaan Terbanyak FFI 2019

Senin, 09 Desember 2019 - 11:29 WIB

Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ Raih Piala Citra Terbanyak FFI 2019

Seperti yang sudah diperkirakan sebelumnya film karya Garin Nugroho berjudul Kucumbu Tubuh Indahku berhasil meraih penghargaan sebagai Film terbaik Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2019 yang…