IKM Dukung Industi Perhotelan Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 24 November 2017 - 09:06 WIB

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih (tengah). ketum PHRI Haryadi Sukamdani dan Ketua Umum APJII Jamalul Izza saat membuka events The Hotel Week Indonesia . (Rino/INDUSTRY)
Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih (tengah). ketum PHRI Haryadi Sukamdani dan Ketua Umum APJII Jamalul Izza saat membuka events The Hotel Week Indonesia . (Rino/INDUSTRY)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bisnis pariwisata di Indonesia cukup mempunyai potensi, dan jika berbicara tentang pariwisata, tak lepas dari penginapan, kuliner dan transportasi.

Untuk itu, Kementerian Perindustrian dalam hal untuk membangun pertumbuhan pariwisata di Indonesia akan mempermudah akses para pelaku industri kecil menengah (IKM) untuk menjual produk mereka ke industri perhotelan.

Direktur Jendral Industri Kecil dan Menengah  Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih mengatakan, "Kalau kita lihat, pemilik hotel hubungannya tidak lepas dari bidang properti dan ini menjadi peluang besar bagi sektor industri," katanya saat membuka acara The Hotel Week Indonesia, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (23/11/2017).

Gati juga mengungkapkan, saat ini para pelaku IKM kesulitan untuk mengjangkau industri perhotelan karena masih maraknya  barang impor barang dari Cina yang Harganya miring. Padahal,  hampir semua kebutuhan supply  untuk perhotelan bisa disediakan oleh IKM. Seprti mabel, kerajinan, furniture hingga desain interior.

"Oleh karena itu, dengan adanya pameran offline ini salah satu bentuk dukungan untuk mempromosikan produk IKM, dan perlunya kerjasama antara pelaku IKM dengan asosiasi industri perhotelan," ujarnya.

Dirinya juga ingin para pelaku industri untuk tetap mendukung IKM di Indonesia dan produk pasar dalam negeri tidak usah di ekspor.

"Seharusnya ini menjadi peluang bagi sektor industri untuk tetap mendukung industri kecil menengah (IKM) di Indonesia, dan terus mendukung produk pasar untuk barangnya tidak usah diekspor," ungkapnya.

Dieketahui, Kemenperin tetap menjaga mutu dan strandart IKMNya melalui program e-smart. Dan, saat ini Kemenperin telah membina sebanyak 1.650 IKM yang telah dihimpun berbasis data. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

“Mengenal Lebih Dalam tentang Polistirena Busa untuk Kebaikan Manusia dan Lingkungan” di Karawang, Jawa Barat, Rabu (26/6/2019).

Kamis, 27 Juni 2019 - 07:01 WIB

Ini Fakta Benar Soal Penggunaan Styrofoam bagi Manusia dan Lingkungan

Tahukah Anda penggunaan styrofoam yang digunakan dalam mengemas makanan dan minuman yang selama ini diisukan tidak aman dan tidak sehat tidak terbukti sama sekali. Bahkan styrofoam yang beredar…

Forum Silaturahmi Dai Muda Jakarta

Kamis, 27 Juni 2019 - 06:35 WIB

Forum Silaturahim Dai Muda Jakarta Tolak Halal Bihalal di MK

Jakarta - Menyikapi rencana sejumlah ormas yang rencananya akan menggelar kegiatan zikir, doa bersama, sholawat dan halal bi halal pada tanggal 26-28 Juni 2019 di pelataran GedungMahkamahKonstitusi(MK),ForumSilaturahmjDa’iMudaJakarta(FSDMJ)menggelar…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 27 Juni 2019 - 06:00 WIB

Ketua DPR Harap Makin Banyak Perusahaan Melantai di Bursa Saham

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap seiring kondusifnya suhu politik disertai dengan peningkatan iklim investasi dan bisnis di Indonesia, semakin banyak pula perusahan yang memperdagangkan…

Masyarakat Bakung Udik Menggala Minta Dukungan Sekjen SMSI Lapor ke KSP

Kamis, 27 Juni 2019 - 03:11 WIB

Masyarakat Bakung Udik Menggala Minta Dukungan Sekjen SMSI Lapor ke KSP

Antoni AT. Koordinator Masyarakat Adat Bakung Udik Kecamatan Gedung Meneng Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung melaporkan permasalahan sengketa lahan yang terjadi didaerah tersebut ke KSP…

PT. Solusi Bangun Indonesia (SBI)

Rabu, 26 Juni 2019 - 21:10 WIB

Naik 11 Persen, Total Pendapatan PT. SBI Capai Rp 10,378 Triliun pada 2018

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. (SBI) yang dahulu bernama Holcim Indonesia membukukan pendapatan perusahaan tahun 2018 sebesar Rp 10,378 triliun. Capaian ini meningkat 11 persen dari Rp 9,38…