IKM Dukung Industi Perhotelan Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 24 November 2017 - 09:06 WIB

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih (tengah). ketum PHRI Haryadi Sukamdani dan Ketua Umum APJII Jamalul Izza saat membuka events The Hotel Week Indonesia . (Rino/INDUSTRY)
Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih (tengah). ketum PHRI Haryadi Sukamdani dan Ketua Umum APJII Jamalul Izza saat membuka events The Hotel Week Indonesia . (Rino/INDUSTRY)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bisnis pariwisata di Indonesia cukup mempunyai potensi, dan jika berbicara tentang pariwisata, tak lepas dari penginapan, kuliner dan transportasi.

Untuk itu, Kementerian Perindustrian dalam hal untuk membangun pertumbuhan pariwisata di Indonesia akan mempermudah akses para pelaku industri kecil menengah (IKM) untuk menjual produk mereka ke industri perhotelan.

Direktur Jendral Industri Kecil dan Menengah  Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih mengatakan, "Kalau kita lihat, pemilik hotel hubungannya tidak lepas dari bidang properti dan ini menjadi peluang besar bagi sektor industri," katanya saat membuka acara The Hotel Week Indonesia, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (23/11/2017).

Gati juga mengungkapkan, saat ini para pelaku IKM kesulitan untuk mengjangkau industri perhotelan karena masih maraknya  barang impor barang dari Cina yang Harganya miring. Padahal,  hampir semua kebutuhan supply  untuk perhotelan bisa disediakan oleh IKM. Seprti mabel, kerajinan, furniture hingga desain interior.

"Oleh karena itu, dengan adanya pameran offline ini salah satu bentuk dukungan untuk mempromosikan produk IKM, dan perlunya kerjasama antara pelaku IKM dengan asosiasi industri perhotelan," ujarnya.

Dirinya juga ingin para pelaku industri untuk tetap mendukung IKM di Indonesia dan produk pasar dalam negeri tidak usah di ekspor.

"Seharusnya ini menjadi peluang bagi sektor industri untuk tetap mendukung industri kecil menengah (IKM) di Indonesia, dan terus mendukung produk pasar untuk barangnya tidak usah diekspor," ungkapnya.

Dieketahui, Kemenperin tetap menjaga mutu dan strandart IKMNya melalui program e-smart. Dan, saat ini Kemenperin telah membina sebanyak 1.650 IKM yang telah dihimpun berbasis data. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersama YALISA Gelar OBSC

Minggu, 21 April 2019 - 20:39 WIB

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersihkan Ciliwung

Jakarta – Millenials Askrindo laksanakan Operasi Bersih Sungai Ciliwung (OBSC) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung YALISA dari bentangan Kalibata sampai dengan MT Haryono dalam rangka merayakan…

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…

Dirjen Hortikultura Suwandi. Sesama petani sayuran organik

Minggu, 21 April 2019 - 08:39 WIB

Kementan Genjot Pengembangan Sentra Sayuran Organik di Karanganyar

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot berbagai daerah agar menjadi sentra produksi sayuran organik, salah satunya sentra sayuran organik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…