Iklim Investasi Membaik, Bertambah Investor Tanamkan Modal di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 November 2017 - 20:00 WIB

Menperin: Generasi Muda Harus Tangkap Peluang Usaha Ekonomi Digital
Menperin: Generasi Muda Harus Tangkap Peluang Usaha Ekonomi Digital

INDUSTRY.co.id - Kulon Progo- Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengaku optimistis banyak investor akan menanamkan modalnya di Indonesia seiring semakin kondusifnya iklim investasi dan fasilitas infastruktur yang mendukung.

Menperin di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (14/11/2017) mengatakan pada Pertemuan Kepala Negara dan Kepala Pemerintan "The Asia-Pacific Economic Cooperation" (APEC) dan ASEAN memuji iklim investasi yang kondusif.

"Berdasarkan testimoni dari Jepang, sekitar 60 persen usaha di Indonesia menguntungkan. Hal ini menjadi daya tarik masuknya investasi ke Indonesia," katanya.

Ia mengatakan perkembangan industri padat karya di Indonesia juga tumbuh bagus, seperti perusahaan tekstil yang dipusatkan di Boyolali, Jepara dan Semarang (Jawa Tengah). Selain itu, perusahan sepatu dan pakaian olahraga, Indonesia menempati posisi nomor enam di dunia.

"Struktur usaha di Indonesia juga lebih bagus dibandingkan Vietnam," katanya.

Airlangga mengakui kenaikan upah minimum provinsi (UMP) dan upah minimum kabupaten (UMK) mempengaruhi masuknya investasi di Indonesia. Kemudian, investor yang telah menanamkan modalnya, tentu telah melakukan efisiensi.

"Tentu berpengaruh, tentu efisiensi berjalan terus menerus," katanya.

Terkait pengembangan kawasan industri Sentolo di Kulon Progo, menurutnya akan berjalan cepat dan sinergis dengan adanya pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport.

"Infrastruktur dan trasportasi barang merupakan paling utama dalam pengembangan kawasan industri. Lokasi industri di sini sudah bagus, supaya hasil industri dapat dengan mudah didistribusikan ke seluruh Indonesia dengan biaya murah," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:25 WIB

Jelang KTT G20, Menteri Basuki Tinjau Persiapan Dukungan Infrastruktur

Menjelang Presidensi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 bulan Oktober 2022, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pelaksanaan peningkatan…

Nestle

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:15 WIB

Menteri Bahlil Siap Kawal Perluasan Bisnis Nestle di Indonesia

Dalam kunjungan kerjanya ke Davos, Swiss, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu langsung dengan Head of Operations Nestle Magdi Batato (24/5).…

Pelaku Ekonomi Kreatif di Bali (Foto: Kemenparekraf)

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:15 WIB

Gaet Investor, Menparekraf Bekali Pelaku Ekraf Bali Strategi Pithching yang Efektif

Untuk menarik investor, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno membekali pelaku ekonomi kreatif di Bali tentang strategi pithcing yang efektif.

Menteri Basuki Ajak Delegasi di Forum GPDRR 2022 Siapkan Antisipasi Pengurangan Perubahan Iklim

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:04 WIB

Menteri Basuki Ajak Delegasi di Forum GPDRR 2022 Siapkan Antisipasi Pengurangan Perubahan Iklim

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, bencana akibat perubahan iklim merupakan ancaman nyata yang harus disiapkan antisipasinya untuk pengurangan…

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:30 WIB

Venesia Tunda Pajak Turis untuk Wisatawan Hingga 2023

Sesuai perkembangan terbaru, Venesia telah menunda rencananya untuk membebankan pengunjung 'pajak turis' untuk mengelola overtourism.