Penerbangan di Bandara Supadio Pontianak Kembali Normal

Oleh : Herry Barus | Senin, 13 November 2017 - 10:05 WIB

Ilustrasi Bandara
Ilustrasi Bandara

INDUSTRY.co.id - Pontianak- General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio Pontianak, Bayuh Iswantoro mengatakan pada hari ini penerbangan melalui bandara internasional tersebut kembali normal seperti semula.

"Hari ini penerbangan kembali normal dan lancar," ujarnya di Pontianak, Senin (13/11/2017)

Ia mengatakan sehari sebelumnya atau Minggu (12/11/2017) sebagian landasan pacu bandara tergenang air sehingga terjadi pembatalan penerbangan dari semua maskapai.

"Akibat hujan deras, kemarin landasan pacu ada yang terendam air sehingga tidak bisa dilalui pesawat baik dari dan ke Kalbar," papar dia.

Ia mengatakan hingga saat ini pun masih ada air yang tergenang di runway. Namun posisi air tergenang tersebut berada di pinggir sehingga tidak menganggu aktivitas penerbangan.

"Pihak kita akan terus berusahan mengatasi genangan air tersebut untuk segera dikeringkan. Kita tengah dan terus memompa air tersebut," ujar dia.

Ia meyakini jika tidak ada lagi hujan menguyur dengan deras ke depan kondisi penerbangan akan lancar.

"Kita terus berusaha dan semoga ini terus lancar. Pelayanan akan kami maksimalkan," papar dia.

Sementara itu, Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Asita) Kalbar, Nugroho Henray Ekasaputra menilai dengan terjadinya banjir di sarana vital seperti Bandara Supadio tentu berdampak luas terhadap berbagai hal.

"Kejadian yang ada kemarin tentu menyebabkan terganggunya transportasi ke dan dari Kalbar melalui udara baik itu penumpang maupun kargo," kata dia.

Pihaknya berharap peristiwa ini menjadi pelajaran bagi pengelola bandara dalam perencanaan pembangunan. Pasalnya, pembangunan sarana vital seperti ini harus memasukkan unsur pencegahan risiko bencana alam dan sosial, termasuk potensi banjir.

"Kita berharap hal ini segera bisa diatasi dan ke depan sistem drainase Bandara Supadio harus segera diperbaiki untuk dapat mengantisipasi curah hujan yang tinggi," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Diskusi webinar Bintaro Jaya High Rise (BJHR)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:25 WIB

Bintaro Jaya High Rise Ajak Masyarakat Investasi Properti di Masa Pandemi Covid-19

Ternyata, masa pandemi ini justru menjadi momen emas untuk membeli properti, karena harganya yang cenderung stagnan karena adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Perdagangan saham di IDX (Rizki Meirino/Industry.co.id)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:06 WIB

Penjualan Menurun, PT Saraswati Anugerah Makmur Tbk Cetak Rp260,22 miliar Hingga Maret 2020

Emiten PT Saraswati Anugerah Makmur Tbk (SAMF) catat penjualan Rp260,22 miliar hingga periode 31 Maret 2020 turun dari penjualan Rp353,53 miliar di periode sama tahun sebelumnya.

Suasana konferensi pers virtual Dampak Sosial dan Ekonomi Fintech Lending di Indonesia (Studi Kasus Investree 2017-2019). (Foto: Humas Investree)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:00 WIB

Fintech Lending Berperan Besar untuk Dukung Inklusi Keuangan di Indonesia

Jakarta - Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), memaparkan hasil riset terbarunya dalam konferensi pers bertajuk ‚ÄúDampak Sosial dan Ekonomi Fintech…

Jajaran Manajemen Baru PT Adhi Commuter Properti

Jumat, 03 Juli 2020 - 18:58 WIB

Perkuat Perusahaan, PT Adhi Commuter Properti Perkenalkan Jajaran Manajemen Baru

Jajaran manajemen baru tersebut antara lain terdiri dari Direktur Utama Rizkan Firman, Direktur Pemasaran Indra Syahruzza N, Direktur Keuangan, Manajemen Risiko dan SDM Mochamad Yusuf, Direktur…

PT Adhi Commuter Properti

Jumat, 03 Juli 2020 - 18:52 WIB

Raih Nilai Kontrak Hingga 90% Dari Target, PT Adhi Commuter Properti Kian Cemerlang di Usia yang ke-2

Di tahun ini, Adhi Commuter Properti senantiasa mengembangkan bisnis strategis LRT City di Jabodetabek dengan memperbanyak portofolio produk properti, baik hunian vertikal (high rise building)…