Penerbangan di Bandara Supadio Pontianak Kembali Normal

Oleh : Herry Barus | Senin, 13 November 2017 - 10:05 WIB

Ilustrasi Bandara
Ilustrasi Bandara

INDUSTRY.co.id - Pontianak- General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio Pontianak, Bayuh Iswantoro mengatakan pada hari ini penerbangan melalui bandara internasional tersebut kembali normal seperti semula.

"Hari ini penerbangan kembali normal dan lancar," ujarnya di Pontianak, Senin (13/11/2017)

Ia mengatakan sehari sebelumnya atau Minggu (12/11/2017) sebagian landasan pacu bandara tergenang air sehingga terjadi pembatalan penerbangan dari semua maskapai.

"Akibat hujan deras, kemarin landasan pacu ada yang terendam air sehingga tidak bisa dilalui pesawat baik dari dan ke Kalbar," papar dia.

Ia mengatakan hingga saat ini pun masih ada air yang tergenang di runway. Namun posisi air tergenang tersebut berada di pinggir sehingga tidak menganggu aktivitas penerbangan.

"Pihak kita akan terus berusahan mengatasi genangan air tersebut untuk segera dikeringkan. Kita tengah dan terus memompa air tersebut," ujar dia.

Ia meyakini jika tidak ada lagi hujan menguyur dengan deras ke depan kondisi penerbangan akan lancar.

"Kita terus berusaha dan semoga ini terus lancar. Pelayanan akan kami maksimalkan," papar dia.

Sementara itu, Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Asita) Kalbar, Nugroho Henray Ekasaputra menilai dengan terjadinya banjir di sarana vital seperti Bandara Supadio tentu berdampak luas terhadap berbagai hal.

"Kejadian yang ada kemarin tentu menyebabkan terganggunya transportasi ke dan dari Kalbar melalui udara baik itu penumpang maupun kargo," kata dia.

Pihaknya berharap peristiwa ini menjadi pelajaran bagi pengelola bandara dalam perencanaan pembangunan. Pasalnya, pembangunan sarana vital seperti ini harus memasukkan unsur pencegahan risiko bencana alam dan sosial, termasuk potensi banjir.

"Kita berharap hal ini segera bisa diatasi dan ke depan sistem drainase Bandara Supadio harus segera diperbaiki untuk dapat mengantisipasi curah hujan yang tinggi," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 22 November 2019 - 20:50 WIB

Sederet Strategi Pemerintah Pacu Investasi dan Daya Saing Industri

Pemerintah terus mendorong peningkatan investasi sektor industri di Tanah Air. Adapun jenis sektor-sektor manufaktur yang dibidik, antara lain industri yang menghasilkan produk substitusi impor,…

Projeck WSBP

Jumat, 22 November 2019 - 20:04 WIB

Proyek KLBM WSBP Dukung Program Strategis Nasional Pemerintah

Jakarta - Proyek Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) merupakan proyek nasional pemerintah untuk mempercepat akses transportasi di Pulau Jawa serta mendukung peningkatan dan pemerataan perekonomian…

PWI menemui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Jumat, 22 November 2019 - 19:07 WIB

Budi Karya Sumadi Usulkan Acara Puncak Hari Pers Nasional 2020 di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin

Dengan sumber daya alam kalsel seperti penghasil Batubara seperti sawit dan berbagai potensi lainya, menurut Menhub akan berperan cukup vital bagi perekonomian di pusat pemerintahan nanti.

BRI adakan santripreneur

Jumat, 22 November 2019 - 17:39 WIB

BRI Gelar Santripreneur

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berkolaborasi dengan Yayasan Santripreneur Indonesia menggelar program Santripreneur, pelatihan kepada 350 Santri dan Santriwati di Yogyakarta,…

Pegadaian jalin kerjasama dengan Bank BTN

Jumat, 22 November 2019 - 17:11 WIB

Pegadaian Jalin Kerjasama dengan Bank BTN, Mudahkan Nasabah Dalam Layanan Pendaftaran Haji

PT Pegadaian (Persero) melakukan penandatanganan kerjasama dengan PT Bank Tabungan Negara (BTN) (Persero) dalam rangka wujudkan sinergi bisnis antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN).