Tingkatkan Kunjungan Wisman, Garuda Optimalkan Penumpang Lewat Rute Kanguru

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 01 November 2017 - 08:40 WIB

Maskapai Garuda Indonesia
Maskapai Garuda Indonesia

INDUSTRY.co.id - Tangerang - Maskapai Garuda Indonesia memanfaatkan Rute Kanguru yaitu London-Jakarta-Melbourne untuk menarik penumpang dengan dimulainya peluncuran penerbangan langsung Jakarta-London.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury dalam peluncuran penerbangan langsung Jakarta-London di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (31/10/2017)  mengatakan ada potensi sekitar 20-25 persen yang bisa ditarik ke Jakarta sekaligus bisa mendongkrak jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia.

"Dari Inggris ke Australian itu ada satu juta penumpang per tahun, kami bisa ambil sekitar 20-25 persennya," katanya.

Dia menilai rute penerbangan langsung Jakarta-London lebih kompetitif dengan waktu tempuh yang lebih singkat dibandingkan dengan adanya transit di Singapura seperti sebelumnya.

"Kalau London-Jakarta-Melbourne itu tidak lebih dari 23 jam, tepatnya 22,5 jam sudah bisa ditempuh dengan waktu tunggu dua jam, kalau harus transit di Singapura itu 30 jam lebih," katanya.

Untuk saat ini, menurut Pahala, di antara kota-kota lainnya di Australia, seperti Sydney dan Perth, Melbourne yang paling potensial.

"Memang akan kita lihat ke depannya, tetapi kita lihat saat ini yang paling besar trafiknya," katanya.

Selain itu, lanjut dia, Garuda juga menerbangan rute Jakarta-Melbourne dengan frekuensi empat kali seminggu dan dalam periode "winter" akan ditingkatkan menjadi lima kali seminggu.

Pahala menuturkan penerbangan rute internasional masih menjadi penyumbang terbesar kepada pendapatan perusahaan, yaitu 50 persen dengan rata-rata pertumbuhan per tahun 12 persen.

"Namun, kita juga akan mengembangkan lagi domestik dengan mengintegrasikan Citilink dengan destinasi sama, tetapi rute yang berbeda, seperti orang dulu Surabaya-Jakarta-Medan, kenapa tidak kita buat Surabaya-Medan, tentu akan lebih kompetitif," ujarnya.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik mengaku mendukung dengan adanya Rute Kanguru tersebut.

"Kalau berhasil dengan 'Kangaroo Route' yang sudah ada satu juta penumpang dari Australia setiap tahun, Garuda bisa menarik sebagian kecil penumpang untuk memenuhi pesawat," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

EKI Dance Company Pentaskan EKI UPDATE 4.1

Jumat, 19 Juli 2019 - 21:00 WIB

EKI Dance Company Pentaskan EKI UPDATE 4.1

EKI Dance Company menggelar EKI Update 4.1 yang menyuguhkan tampilan ala Broadway dengan bumbu drama komedi yang dijamin menghibur penonton.

Inovasi dan kreasi tanpa henti merupakan ciri khas Enesis Group

Jumat, 19 Juli 2019 - 20:47 WIB

Matikan Kuman Dalam Empat Detik, Ternyata ini Rahasia Antis Jasmine Tea

Jakarta-Setelah sukses sebagai pelopor hand sanitizer di Indonesia dengan Antis aroma Timun dan Jeruk Nipis, Enesis Group (PT. Herlina Indah) kembali melakukan terobosan dengan meluncurkan varian…

Test Drive Mobil Elektrifikasi Toyota

Jumat, 19 Juli 2019 - 19:30 WIB

Gelar Test Drive, TAM Ajak Awak Media Rasakan Performa Mobil Elektrifikasi

PT Toyota-Astra Motor (TAM) hari ini, Jumat (19/7), menggelar test drive mobil elektrifikasi yang teknologinya telah dikembangkan Toyota Global di Kawasan QBig BSD City, Tangerang.

Keikutsertaan Suzuki di GIIAS 2019

Jumat, 19 Juli 2019 - 19:05 WIB

Usung Tema The Rise of Urban Adventure, Suzuki Hadirkan Suguhan Menarik di GIIAS 2019

Selama penyelenggaraan GIIAS dari 18-28 Juli 2019, Suzuki akan menyapa konsumen otomotif Indonesia lewat booth yang bertemakan The Rise of Urban Adventure.

 Trafik Penggunaan Meningkat Tajam XL Axiata Terus Perluas Jaringan Data di Kalimantan

Jumat, 19 Juli 2019 - 18:00 WIB

Trafik Penggunaan Meningkat Tajam XL Axiata Terus Perluas Jaringan Data di Kalimantan

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus membangun jaringan data 4G LTE di Kalimantan. Langkah strategis ini perlu dilakukan mengingat permintaan masyarakat Kalimantan atas layanan data dari XL Axiata…