Tingkatkan Kunjungan Wisman, Garuda Optimalkan Penumpang Lewat Rute Kanguru

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 01 November 2017 - 08:40 WIB

Maskapai Garuda Indonesia
Maskapai Garuda Indonesia

INDUSTRY.co.id - Tangerang - Maskapai Garuda Indonesia memanfaatkan Rute Kanguru yaitu London-Jakarta-Melbourne untuk menarik penumpang dengan dimulainya peluncuran penerbangan langsung Jakarta-London.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury dalam peluncuran penerbangan langsung Jakarta-London di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (31/10/2017)  mengatakan ada potensi sekitar 20-25 persen yang bisa ditarik ke Jakarta sekaligus bisa mendongkrak jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia.

"Dari Inggris ke Australian itu ada satu juta penumpang per tahun, kami bisa ambil sekitar 20-25 persennya," katanya.

Dia menilai rute penerbangan langsung Jakarta-London lebih kompetitif dengan waktu tempuh yang lebih singkat dibandingkan dengan adanya transit di Singapura seperti sebelumnya.

"Kalau London-Jakarta-Melbourne itu tidak lebih dari 23 jam, tepatnya 22,5 jam sudah bisa ditempuh dengan waktu tunggu dua jam, kalau harus transit di Singapura itu 30 jam lebih," katanya.

Untuk saat ini, menurut Pahala, di antara kota-kota lainnya di Australia, seperti Sydney dan Perth, Melbourne yang paling potensial.

"Memang akan kita lihat ke depannya, tetapi kita lihat saat ini yang paling besar trafiknya," katanya.

Selain itu, lanjut dia, Garuda juga menerbangan rute Jakarta-Melbourne dengan frekuensi empat kali seminggu dan dalam periode "winter" akan ditingkatkan menjadi lima kali seminggu.

Pahala menuturkan penerbangan rute internasional masih menjadi penyumbang terbesar kepada pendapatan perusahaan, yaitu 50 persen dengan rata-rata pertumbuhan per tahun 12 persen.

"Namun, kita juga akan mengembangkan lagi domestik dengan mengintegrasikan Citilink dengan destinasi sama, tetapi rute yang berbeda, seperti orang dulu Surabaya-Jakarta-Medan, kenapa tidak kita buat Surabaya-Medan, tentu akan lebih kompetitif," ujarnya.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik mengaku mendukung dengan adanya Rute Kanguru tersebut.

"Kalau berhasil dengan 'Kangaroo Route' yang sudah ada satu juta penumpang dari Australia setiap tahun, Garuda bisa menarik sebagian kecil penumpang untuk memenuhi pesawat," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilham Bintang (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 29 Januari 2020 - 22:17 WIB

Membaca Sosok Ilham Bintang Dari Tulisannya

Buku Ilham Bintang yang baru terbit, berisi kumpulan artikelnya sepanjang tahun. (hcb)

Dirut BRI, Menkeu dan Komisaris BRI

Rabu, 29 Januari 2020 - 20:41 WIB

Menkeu Sri Mulyani Apresiasi BRI Fokus Kembangkan UMKM

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mendukung strategi PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk untuk fokus memperkuat bisnis di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) karena memiliki…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika mewakili Presiden Joko Widodo pada acara pembukaan Rapat Pimpinan Nasional Gabungan Pengusaha Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI)

Rabu, 29 Januari 2020 - 17:06 WIB

Buka Rapim Gapensi, Menperin Sebut Industri Pendukung Jasa Konstruksi Masih Prospektif

Industri pendukung jasa konstruksi dinilai masih memiliki prospek bisnis yang cukup besar ke depannya, seiring gencarnya program pembangunan infrastruktur di dalam negeri.

Launching I Konser yang hadir di Indihome

Rabu, 29 Januari 2020 - 16:23 WIB

Indihome Sediakan i Konser Gaet Penikmat Musik

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui brand IndiHome terus berupaya menyediakan produk dan layanan yang berkualitas bagi seluruh segmen pelanggannya.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (Tengah)

Rabu, 29 Januari 2020 - 16:00 WIB

Lampaui Target, Realisasi Investasi Tahun 2019 Tembus 800 Triliun

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan pencapaian realisasi investasi periode Triwulan IV (Oktober-Desember) 2019 sebesar Rp 208,3 triliun, meningkat 12…