Penerbangan Langsung Jakarta-London Tingkatkan Industri Pariwisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 01 November 2017 - 08:31 WIB

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)
Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Tangerang- Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana mengaku optimistis penerbangan langsung Jakarta-London yang dioperasikan oleh Maskapai Garuda Indonesia akan mendongkrak pariwisata.

Menurut Pitana dalam peluncuran penerbangan langsung Jakarta-London di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (31/10/2017)  penerbangan langsung adalah salah satu kunci sukses pengembangan pariwisata di suatu negara karena sebagian besar wisatawan mancanegara dibawa dengan menggunakan angkutan udara.

"Kalau ditanya siapa yang berbahagia dengan adanya penerbangan langsung ini, kami lah yang paling berbahagia karena salah satu kunci sukses pariwisata itu adanya penerbangan langsung," ujarnya kepada awak media.

Dia menuturkan Inggris merupakan pasar utama pariwisata Indonesia yang paling utama dengan peningkatan jumlah wisatawan hingga 17 persen pada 2016, yaitu 328.000 wisatawan dibanding dengan 2015.

Hingga akhir tahun ini, Pitana mematok bisa mendatangkan 384.000 wisatawan dari Inggris, sementara hingga Agustus 2017, pihaknya sudah berhasil mendatangkan sebanyak 224.668 wisatawan.

"Tahun lalu orang Inggris ke Thailand itu 1,1 juta orang, tahun yang sama ke Singapura 500.000 orang, kenapa ke Indonesia baru 300.000. Ternyata setelah kita kaji ada penerbangan langsung ke tiga negara itu," tuturnya.

Untuk itu, Ia mengaku optimistis target mendatangkan 384.000 wisman Inggris tahun ini bisa tercapai.

"Apa yang bisa kita lakukan setelah peluncuran ini, saya tantang Dirut Garuda untuk mempromosikan ini, kami siap menangani pasar Eropa," ujarnya.

Hal senada disampaikan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik yang menilai dengan adanya penerbangan langsung Jakarta-London bisa membuka peluang wisatawan yang sebelumnya hanya ke Thailand, kali ini akan beralih ke Indonesia.

"Akan ada banyak potensi untuk menarik wisatawan ke Indonesia," katanya.

Apalagi, lanjut dia, dengan adanya "Kangaroo Route" yang menghubungkan Inggris-Indonesia-Australia akan semakin menambah potensi wisatawan ke Indonesia.

Rute penerbangan Jakarta-London PP terhubung dengan jadwal penerbangan Garuda Indonesia menuju Australia.

Garuda Indonesia akan melayani penerbangan nonstop dari dan menuju London Heathrow sebanyak tiga kali per pekan setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan dengan menggunakan pesawat Boeing 777-300 ER berkapasitas sebanyak 314 penumpang, terdiri dari delapan kursi "first class", 38 kursi "business class", dan 268 kursi "economy class".

Penerbangan nonstop Jakarta-London berangkat dari Jakarta pukul 12.05 waktu setempat melalui penerbangan GA 086, dan tiba di London Pukul 03.00 waktu setempat.

Sedangkan penerbangan London-Jakarta berangkan dari Bandara Heathrow, London pukul 04.55 waktu setempat, dan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta pukul 18.55 waktu setempat.

Sebelumnya, Garuda Indonesia melayani penerbangan dari Soekarno-Hatta Jakarta menuju London Heathrow melalui perhentian (transit) di Singapura. Sementara untuk rute sebaliknya dari London Heathrow menuju Soekarno-Hatta Jakarta dilayani maskapai tersebut secara nonstop.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CK Fong Presiden Direktur Treasure Bay Bintan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 15:00 WIB

Setahun, Treasure Bay Bintan Dikunjungi 180 Ribu Wisatawan

Objek wisata Treasure Bay yang ada di kawasan wisata Lagoi, Bintan masih menjadi objek wisata unggulan di Pulau Bintan bahkan di Kepri. Pada 2018 saja, resort yang dibangun dilahan seluas 338…

Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 14:00 WIB

Solusi Hunian Baru, Meikarta Pasarkan Unit Baru Seharga Rp280 Juta

Meikarta, hunian yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kembali memasarkan unit barunya dengan harga mulai Rp280 juta sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin mencari hunian…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Foto PuspenTNI)

Jumat, 19 April 2019 - 13:00 WIB

Aparat Keamanan akan Tindak Tegas Upaya Ganggu Ketetertiban Masyarakat

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, pihaknya tidak akan memberikan toleransi terhadap pihak-pihak yang berusaha mengganggu keamanan dan ketertiban. Apalagi, bila upaya itu dilakukan…

Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:26 WIB

Kapolri Tito Karnavian Pastikan Pelaksanaan Pencoblosan Berlangsung Aman Terkendali

Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Tito Karnavian menyebutkan tidak ada kejadian signifikan yang mengganggu pelaksanaan pencoblosan suara pada 17 April 2019.

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:19 WIB

Tetap Waspada, Potensi Hujan Lebat Masih akan Terjadi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan release peringatan dini cuaca terbaru mulai Kamis (18/4/2019) sampai 2 hari kedepan (20/4/2019). Berdasarkan pengamatan BMKG,…