Marlupi Dance Academy Pentaskan Cerita Pewayangan Rama Dan Shinta di TIM

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 27 Oktober 2017 - 18:32 WIB

Para Balerina-Balerino Marlupi Dance Company Dalam Pementasan "Rama dan Shinta" di Teater Jakarta, TIM. (foto: Amz)
Para Balerina-Balerino Marlupi Dance Company Dalam Pementasan "Rama dan Shinta" di Teater Jakarta, TIM. (foto: Amz)

INDUSTRY.co.id - JAKARTA,-- Sekolah balet Marlupi Dance Academy (MDA) akan mementaskan karya klasik kisah pewayangan Rama dan Shinta di Teater Djakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta. Pentas akan berlangsung pada Sabtu dan Minggu , 28 dan 29 Oktober 2017  dengan 2 kali pertunjukan setiap harinya.

Marlupi Dance Academy (MDA)  adalah sebuah akademi tari yang didirikan oleh Marlupi Sijangga pada tahun 1956. Ditangan Marlupi Sijangga, MDA berhasil menghasilkan balerina-balerina handal Indonesia. Dan di usianya yang ke-80 baru saja Ia dianugerahi penghargaan oleh pemerintah, sebagai Maestro Seni Tradisi kategori Pencipta, Pelopor, dan Pembaruan Seni Tari Balet di Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Jakarta, 28 September 2017 lalu.

“Hidup saya memang untuk balet. Ada atau tidak penghargaan dari pemerintah sampai kapan pun saya akan berjuang agar balet bisa diterima dengan baik di tengah masyarakat kita. Dan bersyukur setelah 61 tahun mendirikan sekolah balet akhirnya menerima penghargaan dari pemerintah. Terima kasih Indonesia,” kata Marlupi bersemangat.

Rama dan Shinta merupakan sebuah pertunjukan dalam bentuk balet klasik yang disesuaikan dengan cerita Rama dan Shinta klasik. Dalam pertunjukan yang berlangsung selama 60 menit itu, Fifi Sijangga yang merupakan putri dari Marlupi,  akan membuat sebuah pertunjukan yang sangat memukau dengan melibatkan Didi Budiardjo sebagai Costume Designer dengan Acessories dari Rinaldy A Yunardi, dan Felix Christianto sebagai Music Director.

Akan ada 7 pemeran utama dalam pertunjukan Rama dan Shinta ini. Salah satunya adalah Michael Halim penari balet pria pertama Indonesia yang berhasil meraih gelar 'Solo Seal' dari Royal Academy of Dance, London yang berperan sebagai Rama. Sedang yang berperan sebagai Shinta adalah Siti. Mereka didukung pula oleh sekitar ada 250 murid MDA lainnya yang akan membuat pertunjukan ini menjadi spektakuler.

Menurut Marlupi Sijangga, ada banyak cerita klasik Indonesia yang bisa dipadukan dengan balet. “Semua cerita bisa. Kami pernah mementaskan cerita si Kabayan. Juga cerita tentang tokoh Betawi. Pokoknya semua cerita bisa dituangkan ke dalam balet. Tinggal bagaimana tim artistik menerjemahkannya dalam bentuk klasik yang ditopang musik yang sesuai,” kata wanita yang tetap enerjik ini.

MDA semakin berkembang sejak keterlibatan Fifi Sijangga yang berhasil membuka cabang di Jakarta setelah sebelumnya hanya ada di kota Surabaya. Pada generasi kedua ini, MDA mencapai reputasi baik nasional maupun internasional sebagai salah satu akademi tari unggulan di Indonesia sejak tahun 1995.

 Dan pada tahun 2014 sejak generasi ketiga Claresta Alim (putri Fifi Sijangga) bergabung menjadi Direktur Seni Pertunjukan, MDA menjadi semakin maju dengan membuat program pelatihan yang dibuat khusus untuk mendukung siswa yang menginginkan karir profesional. Dari ketiga generasi inilah MDA kemudian menjadi akademi tari terbesar sekaligus tertua di Indonesia yang namanya sangat diperhitungkan di dalam dan di luar negeri. (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Airlangga

Minggu, 21 Juli 2024 - 10:26 WIB

Fondasi Kuat, Menko Airlangga Prediksi Ekonomi RI Akan Tumbuh di Atas 5%

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemukakan fondasi perekonomian nasional terus mengalami penguatan seiring dengan berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah.…

Rakernas, ALDEI Mengakselerasi Industri Logistik Digital Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:33 WIB

Rakernas, ALDEI Mengakselerasi Industri Logistik Digital Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Jakarta-Rakernas ALDEI (Asosiasi Logistik Digital Economy Indonesia) tanggal 18 Juli di Paxel HQ, Jakarta yang dibuka dengan dukungan Dewan Pembina ALDEI, sekaligus Wakil Ketua Umum KADIN, Yukki…

Ilustrasi Guru Honorer (Photo by KlikPositif.com)

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:03 WIB

Seratus Guru Honorer Dipecat di Jakarta, Komisi X: Istilah ‘Cleansing’ Terlalu Sadis...

Komisi X DPR RI mengkritik kebijakan pemecatan lebih dari seratus guru honorer di DKI Jakarta secara sepihak melalui sistem ‘cleansing’ atau ‘pembersihan’. Wakil Ketua Komisi XI DPR…

Ketua DPR Puan Maharani

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:59 WIB

Duh, MinyaKita Naik Harga dan Langka! Puan Maharani Minta Pemerintah Lakukan Ini...

Ketua DPR RI (H.C) Puan Maharani meminta Pemerintah untuk mengetatkan pengawasan terhadap distribusi minyak goreng bersubsidi merk MinyaKita yang harganya resmi mengalami kenaikan per Jumat…

Ilustrasi Pembangunan Smelter Freeport (Photo by CNN Indonesia)

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:41 WIB

Mantap, Tuai Apresiasi! Smelter Freeport di Gresik Rampung, Siap Olah Konsentrat hingga 400 Ribu Ton Tahun Ini

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno menilai smelter yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik secara tepat waktu dan lancar hingga memasuki masa beroperasi. Oleh karenanya,…