Eks Kepala Staf TNI Jabat Presdir PT Freeport Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 22 November 2016 - 10:41 WIB

Chappy Hakim
Chappy Hakim

INDUSTRY.co.id - Freeport Mc Moran menunjuk mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Purn Chappy Hakim sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia menyeruak sorotan bagi pegiat sektor pertambangan.

Kordinator Publish What You Pay (PWYP) Maryati Abdullah mengingatkan jangan sampai latar belakang sebagai militer dimanfaatkan untuk melakukan intervensi kepada pemerintah.

Memang kebebasan korporasi untuk menunjuk Persiden Direktur, tapi kalau kita lihat kebiasaan Freeport Indonesia, selalu melirik sosok TNI. Kita minta Freeport bekerja secara profesional. Jangan kemudian latar belakang TNI digunakan untuk melakukan intervensi sana-sini, ujarnya di Jakarta, Senin (21/11).

Kemudian dia juga mengingatkan pemerintah bahwa tidak ada lagi yang namanya perpanjangan kontrak Freeport pasca tahun 2021, hal ini sesuai dengan ketentuan UU Minerba No 4 tahun 2009.

Dalam perundangan itu, tidak lagi mengatur jenis kontrak pertbangan berupa Kontrak Karya (KK) seperti yang dimiliki oleh Freeport, namun rezim pertambangan sudah beralih ke Izin Usaha Pertambangan khusus (IUPK). Sehingga, siapapun yang berminat untuk melanjutkan eksploitasi di Indonesia Timur Tersebut, harus melalui lelang ulang.

Terkait kontrak, kita tegaskan 2019 tidak ada negosiasi perpanjangan kontrak untuk Freeport, karena rezim sudah berubah. Jadi nanti di lelang ulang. Itu menurut UU Minerba sekarang, pungkasnya.

Sebagai informasi, manajemen Freeport McMoran Inc. dari kantor pusatnya di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, telah menunjuk presiden direktur baru untuk PT Freeport Indonesia (PTFI) menggantikan Marsekal Muda TNI Purn Ma`roef Sjamsoedin. Hal ini didasarkan pada memo internal yang dikeluarkan CEO Freeport McMoran, Richard C. Adkerson.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar (kedua dari kiri) dan Direktur Utama PT Jasamarga Related Business Dian Takdir Badrsyah (kedua dari kanan)

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:48 WIB

BSI Gandeng Anak Usaha Jasa Marga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tandatangani nota kesepahaman dengan anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Related Business.

Ilustrasi batubara

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:36 WIB

Kian Kokoh di Ranah Tambang! Anak usaha PT Delta Dunia Raih Kontrak Tambang Batu Bara di Australia

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk (Perseroan), melalui anak perusahaannya di Australia BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia) akan memulai…

(Foto dari kiri ke kanan) Section Head PT Multipolar Technology Tbk Ignasius Oky Yoewono, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk Jip Ivan, dan Department Head Hybrid Database Solution PT Multipolar Technology Tbk Yemmy Sukandar sedang berbincang di sela-sela seminar tentang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Infobank di Pullman Jakarta Thamrin, Jakarta, Selasa (17/5).

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:25 WIB

Multipolar Technology mengusung solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR sekaligus ke pasar Indonesia

Jakarta-PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan teknologi digital perusahaan di berbagai…

Gedung Bank KB Bukopin

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:58 WIB

KB Bukopin Masuk Indeks Global MSCI, Sentimen Positif Investor Saham

PT. Bank KB Bukopin, Tbk. terus bergerak positif pada lantai bursa. Morgan Stanley Capital International (MSCI) mengumumkan hasil tinjauan indeks semi tahunan pada Mei 2022.

Jalan Tol Serang-Panimbang

Selasa, 17 Mei 2022 - 18:40 WIB

Beroperasi 2024, Jalan Tol Serang-Panimbang Permudah Akses Wisata ke Tanjung Lesung

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur…