Bali Tetap Aman Dikunjungi

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 25 Oktober 2017 - 08:49 WIB

Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)
Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Gubernur Bali Made Mangku Pastika meyakinkan Kepala Deputi Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Charles-Michel GEURTS bahwa Bali aman dikunjungi di tengah naiknya aktivitas vulkanik Gunung Agung.

"Berbagai upaya rencana kontijensi telah kami siapkan jika Gunung Agung di Kabupaten Karangasem meletus. Sejumlah rumah sakit serta ambulans juga sudah siap, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan," kata Pastika dalam rapat dengan rombongan Konjen Uni Eropa tersebut di Denpasar, Senin (23/10/2017)

Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan saat ini Badan Penanggulangan Becana Daerah telah bersinergi dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional dalam upaya menghadapi berbagai kemungkinan terburuk dari dampak bencana Gunung Agung jika meletus.

Ia menambahkan, daerah terdampak bencana berada dalam radius 12 kilometer dari Gunung Agung, jadi banyak tempat wisata di Bali yang sangat aman dari dampak bencana tersebut. Untuk itu, ia menjamin keamanan warga negara Uni Eropa yang bermukim ataupun berlibur di Bali.

Hal lain yang terkuak dalam pertemuan tersebut adalah masalah pariwisata. Sesuai dengan pertanyaan ketua rombongan, Pastika menyampaikan terdapat beberapa tantangan dalam dunia pariwisata di Bali.

"Masalah infrastruktur menjadi yang utama. Kami ingin membangun bandara udara lagi karena Bandara Bali sampai saat ini sudah krodit menangani banyaknya wisatwan," ucapnya.

Selain bandara, hal lain yang menjadi perhatian Pemprov Bali adalah infrastruktur berupa jalan seperti underpass, shortcut dan jalan penunjang fasilitas wisata. Pada kesempatan itu, Pastika juga menyatakan tidak ingin Bali menjadi wisata massal, tetapi menginginkan Bali menjadi wisata kelas dunia yang berkualitas.

Sementara itu, Kepala Deputi Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Charles-Michel GEURTS menanyakan tentang keamanan Bali terkait dengan aktivitas Gunung Agung yang semakin meningkat. Hal itu menurutnya sebagai bentuk tanggung jawabnya, mengingat begitu banyak warga negara dari Uni Eropa yang menetap ataupun berwisata di Bali.

Warga negara Uni Eropa berjumlah sekitar 500 juta jiwa dan sekitar 10 persennya menjadikan Bali sebagai destinasi wisata favorit. Untuk itu, ia berharap pemerintah pusat maupun Bali bisa menjamin keamanan warganya.

Pemprov Bali diharapkan selalu berkoordinasi dengan konjen-konjen yang ada di Bali terkait kondisi Gunung Agung terbaru agar para konjen juga bisa memperingati warganya.

Dalam bidang pariwisata, pihaknya ingin menjajaki berbagai kemungkinan kerja sama. Untuk itu, ia berharap bisa diadakan pertemuan lebih lanjut dan lebih detail untuk membahasnya, serta bisa terus terjalin kerja sama antara Indonesia khususnya Bali dengan negara-negara Uni Eropa (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Direktorat Jenderal HKI Kemenhum-HAM, Brigjen Pol Reinhard Silitonga

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:31 WIB

Direktorat Jenderal HKI Tutup Ratusan Portal E-Dagang Bermasalah

Jakarta - Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementrian Hukum - HAM melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa telah menutup ratusan portal e-Dagang bermasalah yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan Bazar Lebaran di Plasa Industri Kemenperin

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:05 WIB

Penuhi Kebutuhan Pegawai dan Masyarakat, Kemenperin Gelar Bazar Lebaran

Kementerian Perindustrian senantiasa mendorong sektor industri manufaktur agar siap memenuhi kebutuhan konsumen terutama di pasar domestik selama bulan Ramadan dan Lebaran.

Hoshinoya Guguan

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:45 WIB

Resort Pemadian Air Panas Mewah di Taiwan, Hoshinoya Guguan Akan Resmi Dibuka pada 30 Juni 2019

Perusahaan Manajemen Hotel Terkemuka, Hoshino Resorts akan segera membuka HOSHINOYA di Guguan wilayah pemandian air panas yang terletak di pinggiran kota Taichung, Taiwan, pada 30 Juni 2019…

Tiga Fitur Unggul Baru digibank by DBS dari KTA Hingga Transfer Valas

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:20 WIB

Tiga Fitur Unggul Baru digibank by DBS dari KTA Hingga Transfer Valas

Tiga Fitur Unggul Baru digibank by DBS dari KTA Hingga Transfer Valas

Christopher Gultom, Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:17 WIB

Pinjaman Online Akseleran ke Merchant Tokopedia Tumbuh Positif

Untuk sektor mikro, Akseleran memfasilitasi pinjaman online untuk merchant Tokopedia dengan rata-rata jumlah pinjaman sebesar Rp10 juta hingga Rp200 juta.