Gapmmi Berharap Era Digitalisasi Industri Jangan Sampai Ada PHK

Oleh : Ridwan | Kamis, 19 Oktober 2017 - 08:00 WIB

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi S Lukman. (Heriyanto/INDUSTRY.co.id)
Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi S Lukman. (Heriyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pengembangan sektor manufaktur dengan platform digital menjadi penting seiring kemajuan teknologi terkini dan berjalannnya era Industri 4.0.

Pemerintah telah menargetkan Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di ASEAN pada tahun 2020.

"Digitalisasi itu tantangan, mau tidak mau kita harus ikut. Karena kalau negara-negara lain sudah melakukan itu, otomatis kita akan ketinggalan kalau tidak melakukan itu," ujar Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi), Adhi Lukman kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta (18/10/2017).

Namun, lanjut Adhi, disisi lain dengan adanya era digitalisasi kita harus mengorbankan pengurangan karyawan di sejumlah perusahaan.

"Saat ini banyak perusahaan yang merumahkan karyawannya, karena mereka semua pekerjaan yang dihandle oleh mereka sudah bisa dikerjakan oleh mesin," terangnya.

Disisi lain, harapan saya tentunya digitalisasi ini menjadi satu yang harus mau tidak mau harus dilakukan, tetapi bagaimana kita memperbesar kapasitas industri agar orang-orang ini bisa dialihkanke tempat yang lain.

"Disatu sisi kita mengurangi orang, di satu sisi kita bisa pindahkan mereka u tuk dipakai ke tempat yang lain," kata Adhi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suasana Pengisian BBM (Pertamina)

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:01 WIB

Pembelian Pertalite Melalui Aplikasi MyPertamina Jangan Sampai Menyulitkan Rakyat Kecil di Daerah

Mulai 1 Juli 2022, pembeli BBM jenis Pertalite dan Solar subsidi harus mendaftar ke website MyPertamina atau aplikasi MyPertamina. Dengan begitu, hanya konsumen terdaftar saja yang bisa membeli…

Ilustrasi SPBU Coco

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:59 WIB

Soal Beli Solar dan Pertalite Pakai Aplikasi! DPR: Penggunaan MyPertamina untuk Hindari Kebocoran Subsidi

Jakarta-Rencana penggunaan aplikasi MyPertamina untuk mengakses solar dan Pertalite bagi masyarakat ditujukan untuk menutup kebocoran subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang selama ini dianggarkan.…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:43 WIB

Menperin Agus: Mitsubishi Komitmen Jadikan Indonesia Basis Produksi dan Hub Ekspor

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan para pelaku usaha di Jepang, di antaranya dengan prinsipal otomotif Mitsubishi Motors Corporation (MMC).┬áDalam…

PT Natura Nuswantara Nirmala (Nucleus Farma)

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:16 WIB

Ungggul dalam Bioteknologi dan Riset Ilmiah, Assosiated Capsule Group India Tertarik Kerjasama dengan Nucleus Farma

Jakarta-PT Natura Nuswantara Nirmala (Nucleus Farma) kembali membuktikan eksistensinya serta membuka peluang kerjasama dengan pihak nasional maupun internasional.

Ilustrasi Digital Nomad (Foto:blog.hubspot.com)

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:15 WIB

Usulan Visa Digital Nomad Masuk Tahap Akhir Pembahasan

Visa digital nomad yang menjadi satu inovasi baru dalam merespons arus digitalisasi dan pola perilaku karyawan yang diperbolehkan untuk bekerja secara jarak jauh atau remote worker telah mencapai…