Wisman Rusia Berperan Tingkatkan Sektor Pariwisata Bali

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 18 Oktober 2017 - 13:07 WIB

Kunjungan Wisman ke Bali (Foto ist)
Kunjungan Wisman ke Bali (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bali optimistis pangsa pasar wisatawan dari Rusia dapat mendongkrak pariwisata di Pulau Dewata karena mereka termasuk turis yang berkualitas.

"Mereka memiliki kemampuan daya beli yang besar dan mereka termasuk kelas elit," kata Ketua Kadin Bali Anak Agung Alit Wiraputra di Denpasar, Selasa (17/10/2017)

Menurut dia, turis dari negeri dengan ikon beruang merah itu bisa membeli sesuatu yang mahal asalkan memiliki kualitas yang bagus.

Untuk itu pelayanan pariwisata harus lebih baik agar seluruh wisatawan merasa lebih nyaman selama mereka berlibur di Pulau Dewata.

Meski demikian, sejumlah pihak termasuk pelaku jasa penerbangan diharapkan menangkap peluang tingginya minat turis Rusia berkunjung ke Bali karena hingga saat ini belum ada akses penerbangan langsung.

Selama ini wisatawan dari Rusia harus rela terbang ke Bali melalui Timur Tengah sehingga jarak tempuh menjadi lebih panjang yakni sekitar 18 jam atau lebih lama tujuh jam dibandingkan penerbangan langsung yang memakan waktu 11 jam.

Selain menggunakan jalur konvensional, turis dari Rusia juga memanfaatkan pesawat carter apabila ingin ke Bali.

Data Badan Pusat Statistik Provinsi Bali  seperti dilansir Antara menyebutkan selama periode Januari hingga Agustus 2017 dari total hampir empat juga wisatawan mancanegara ke Pulau Dewata, 1,6 persen di antaranya merupakan turis Rusia.

Angka tersebut meningkat dari periode sama tahun lalu yang mencapai porsi 1,4 persen dari total kunjungan wisman saat itu yang mencapai 3,2 juta.

Meskipun porsi total wisatawan dari Rusia di Bali tidak terlalu besar, namun pengeluaran mereka selama di Bali tercatat menduduki peringkat keempat yakni sekitar Rp15,4 juta.

Wisatawan Rusia menginap selama 12,6 hari di Bali terlama kedua setelah wisatawan dari Jerman dengan rata-rata pengeluaran sekitar Rp1,2 juta per hari.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gerakan Pembersihan Pesantren dan Sekolah Dimulai

Senin, 06 April 2020 - 05:45 WIB

Gerakan Pembersihan Pesantren dan Sekolah Dimulai

Gerakan pembersihan dan penyemprotann disinfektan di sejumlah pesantren, sekolah, dan rumah ibadah dimulai. Ini sesuai dengan arahan Wakil Presiden Republik Indoneisa, Prof Dr KH Ma'ruf Amin.

Pernikahan (Foto Dok Ist)

Senin, 06 April 2020 - 05:30 WIB

2.427 Calon Pengantin Daftar Nikah Lewat Online

Kasubdit Mutu Sarana Prasana dan Sistem Informasi KUA Ditjen Bimas Islam, Anwar Saadi, mengatakan bahwa sampai sore ini, lebih 2.400 catin yang mendaftar.

Menteri Agama Fachrul Razi

Senin, 06 April 2020 - 05:30 WIB

Menag Minta Dilakukan Percepatan Pembayaran dan Pendistribusian Zakat

"Saya sudah siapkan edaran untuk pimpinan Baznas, pusat hingga daerah, LAZ, Forum Zakat, BWI, dan LKS-PWU. Saya minta mereka melakukan percepatan pembayaran dan pendistribusian zakat, serta…

Kasdim 1707/Merauke Tinjau Pembangunan TMMD Ke-107 di Kampung Epem

Senin, 06 April 2020 - 04:45 WIB

Kasdim 1707/Merauke Tinjau Pembangunan TMMD Ke-107 di Kampung Epem

Kepala Staf Kodim 1707/Merauke Mayor Inf Abdul Hadi S.Sos melaksanakan peninjauan pembangunan rumah masyarakat di Kampung Epem, Distrik Citak Mitak, Kabupaten Mappi, Provinsi Papua, yang sedang…

Puslatpur 4 Marinir Purboyo Laksanakan Program Ketahanan Pangan

Senin, 06 April 2020 - 03:45 WIB

Puslatpur 4 Marinir Purboyo Laksanakan Program Ketahanan Pangan

Pusat Latihan Tempur Marinir (Puslatpurmar) 4 Purboyo melaksanakan program ketahanan pangan dalam rangka siaga menghadapi wabah Covid 19 yang melanda Indonesia, di Ksatrian Puslatpur 4 Marinir…