Wamen ESDM: Saya Berharap Dua Jempol Anak Muda Indonesia Dapat Hasilkan Inovasi di Sektor Listrik

Oleh : Ridwan | Jumat, 06 Oktober 2017 - 07:00 WIB

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar
Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Setiap tahun pertumbuhan penduduk Indonesia mencapai empat juta orang, sampai saat ini di tahun 2017, angka penduduk Indonesia sudah mencapai 262 juta orang. Perkembangan penduduk yang terus bertambah dalam jumlah yang tidak sedikit tidak sebanding dengan ketersediaan pasokan listrik yang ada saat ini.

"Kebutuhan akan listrik dari tahun ke tahun meningkat, kita butuh ide kreatif anak muda untuk menghasilkan listrik dari energi baru terbarukan (EBT)," ujar Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar saat menjadi pembicara dalam acara Micro Hydro for Indonesia di Jakarta (5/10/2017).

Ia menambahkan, saya berharap kelincahan dua jempol anak muda Indonesia dapat membuat inovasi kreatif khususnya di bsektor ketenagalistrikan agar dapat membuat bangsa ini lebih baik lagi. "saya menyayangkan, kenapa kebanyakan inovasi datang dari Amerika, karena inovasi di Amerika didasarkan oleh prinsip semua bisa dikerjakan," tambahnya.

Lebih lanjut, Wamen ESDM mengungkapkan, prinsip di Amerika, selama itu tidak dilarang semua boleh dikerjakan, sehingga menghasilkan inovasi dan ide-ide yang kreatif. "Peraturan-peraturan kita sangat rumit, ini yang menyebabkan inovasi kita tidak berkembang," tegasnya.

Saat ditanya apakah inovasi itu akan selalu berhasil, Arcandra menjelaskan, salah satu teori saya adalah kalau kita masih punya rambut disaat itulah kreatifitas kita akan muncul. Namun terkadang di Indonesia kegagalan melakukan inovasi itu menjadi kedaan yang membahayakan. "keadaannya berbanding terbalik dengan di Amerika, kalau disana begitu mereka gagal dalam inovasi justru mereka akan bangkit dan terus mencoba hingga menghasilkan suatu inovasi yang berguna bagi masyarakat banyak," kata Arcandra.

"kalau saya bilang Amerika, jangan mentang-mentang saya tinggal lama disana. Ini memang kesungguhan," ucapnya.

Saya berharap kepada generasi muda yang kita sekarang sebut dengan kaum milenials agar dapat menciptakan ide-ide dan inovasi yang kreatif khususnya di sektor kelistrikan agar dapat membawa negara Indonesia menjadi lebih baik lagi. "Di era digital saat ini, saya berharap dua jempol anak muda Indonesia bisa membawa bangsa ini jauh lebih baik," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut Bank BTN, Maryono, sedang memberikan penjelasan mengenai kondisi sektor properti pasca pilpres 2019 di Jakarta.

Rabu, 22 Mei 2019 - 23:58 WIB

BTN SIAPKAN RP14,58 TRILIUN SAMBUT LIBUR IDUL FITRI 1440 H

Jakarta-Untuk menjamin tercukupinya kebutuhan dana tunai bagi nasabah menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 1440 H, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyiapkan dana sebesar Rp 14,58…

Segarkan Tubuh dan Jiwa dengan Varian Baru Fayrouz Kurma

Rabu, 22 Mei 2019 - 23:53 WIB

Segarkan Tubuh dan Jiwa dengan Varian Baru Fayrouz Kurma

Segarkan Tubuh dan Jiwa dengan Varian Baru Fayrouz Kurma

Manajemen PT Blue Bird Tbk [kiri- kanan] Andeka Putra (Chief Information Officer), Andrianto Djokosoetono ( Direktur) Noni Purnomo (CEO) Sigit P. Djokosoetono Purnomo Prawiro (Direktur) Sandy Permadi (Chief Finance Officer )

Rabu, 22 Mei 2019 - 23:02 WIB

Bluebird Tunjuk Noni Purnomo sebagai Direktur Utama PT Blue Bird Tbk

Jakarta-Sesuai keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilaksanakan oleh PT Blue Bird Tbk pada hari Rabu, 22 Mei 2019, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta; Noni Purnomo…

Perayaan Idul Fitri (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Mei 2019 - 21:00 WIB

Tujuh Perayaan Idul Fitri di Seluruh Dunia

Hari Raya Idul Fitri, hari raya keagamaan yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadan, dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Kali ini, Agoda, salah satu agen perjalanan online yang paling…

Wiranto, Menkopolhukam (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Mei 2019 - 20:00 WIB

Wiranto: Aparat Keamanan akan Bertindak Tegas

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menyebutkan pemerintah sudah mengetahui dalang dari aksi kerusuhan yang terjadi pada Selasa malam (21/5/2019) hingga Rabu dini hari…