API: Kinerja Ekspor Tahun Depan di Proyeksikan Turun 5%

Oleh : Hariyanto | Selasa, 27 Desember 2016 - 10:37 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) memperkirakan, ekspor tekstil dan produk tekstil (TPT) Indonesia pada tahun depan diperkirakan turun 5% dari realisasi tahun ini.

Hal tersebut di sampaikan Ketua API Ade Sudrajat. Menurut Ade, Kinerja ekspor tahun depan diproyeksikan turun 5%, tahun ini penyusutan ekspor sebesar 8% dari realisasi tahun lalu.

"Kami sebenarnya menargetkan nilai ekspor tahun ini dapat mencapai US$12,7 miliar atau sedikit lebih tinggi dari kinerja tahun sebelumnya sebesar US$12,33 miliar, namun, lesunya perekonomian dunia membuat angka tersebut urung tercapai," kata Ketua API, Ade Sudrajat di Jakarta, Jumat (23/12).

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, nilai ekspor tekstil dan produk tekstil selama periode Januari hingga September tahun ini sebesar US$8,94 miliar atau menyusut 3,99% secara year on year dari periode yang sama tahun sebelumnya yang menyentuh US$9,31 miliar.

Penurunan terbesar terjadi dikategori serat dan benang, yang terpangkas 7,63% secara tahunan dari US$3,28 miliar menjadi US$3.03 miliar. Adapun, ekspor pakaian jadi berkurang tipis 1,75% secara year on year dan kain menyusut 6,63%.

Berkurangnya permintaan global bakal berdampak terhadap terpangkasnya kapasitas produksi pabrik. Ditambah lagi, penyerapan dari pasar dalam negeri yang mengalami penurunan karena masyarakat mengurangi konsumsi.

"Saat ini saja kapasitas produksi nasional sudah berada di kisaran 60%. Jika proyeksi perlambatan benar terjadi, kapasitas akan semakin rendah hingga mencapai level 55%," ujar Ade. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wasono, bersama Si Bali, hewan kurban yang menjadi pilihan Presiden Jokowi untuk dikirim ke warga Umbulsariz Srimartani, Piyungan, Sabtu (17/7/2021). - Harian Jogja

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:52 WIB

Harap Simak! Pemerintah Sedang Siapkan Pengaturan Hewan Kurban di Tengah Wabah PMK

Jakarta-Jelang Iduladha 1443 Hijriah, Kementerian Agama akan melakukan pengaturan terkait hewan kurban di tengah mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di tanah air.

Mantan Puteri Indonesia 2022 Melanie Putria (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:30 WIB

Jangan Tergiur Promo! Ini Tips Pilih Klinik Kecantikan ala Melanie Putria

Perawatan kulit saat ini menjadi tren di kalangan wanita maupun pria. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terawat salah satu solusinya adalah melakukan perawatan ke klinik kecantikan.

Maulana Ardiansyah

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:56 WIB

Maulana Ardiansyah Penyanyi Spesialis Trending Topik di YouTube, Siap Menghibur Pewarta Hiburan

Penyanyi banyak trending topik Maulana Ardiansyah, dan salah satunya single terbarunya, Dermaga Biru kini tengah trending menyatakan kesiapannya untuk hadir pada acara Launching MARS Forwan…

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:01 WIB

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Kopi merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia. Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS), produk kopi Indonesia pada tahun 2021 mencapai lebih dari 774 ribu ton. Hal itu menjadikan…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putri Putri TNI Polri (FKPPI)/Kepala Badan Negara FKPPI Bambang Soesatyo

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:59 WIB

Stunting, Anak Putus Sekolah dan Endapan Dana Pemda

SIMPANAN dana pemerintah daerah (Pemda) di bank yang mencapai Rp 200,75 triliun itu untuk apa dan mau diendapkan sampai kapan? Pertanyaan ini layak dikedepankan, karena pembangunan nasional…