PGN-Pertamina Bentuk Konsorsium Pembangkit Listrik

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 29 September 2017 - 21:05 WIB

Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim (Foto:Industry.co.id)
Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim (Foto:Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  PT Perusahaan Gas Negara (PGN) (Persero) dan PT Pertamina (Persero) segera membentuk konsorsium untuk membangun infrastruktur gas guna memenuhi kebutuhan pembangkit-pembangkit listrik di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur.

Direktur Utama PGN Jobi Trianand Hasjim mengatakan, tahapan lelang sudah masuk tahap akhir. Awalnya PGN dan Pertamina menjadi peserta tender yang digelar PT PLN (Persero), berhubung peserta hanya tinggal PGN dan Pertamina maka sesuai arahan pemerintah dibentuklah konsorsium agar menjadi lebih efisien dan maksimal kinerjanya.

Nantinya kedua perusahaan atau konsorsium yang terbentuk akan menyediakan fasilitas berupa kapal-kapal kecil pengangkut gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) sekaligus fasilitas regasifikasi untuk memasok kebutuhan pembangkit listrik yang kapasitasnya juga tidak terlalu besar.

"Yang pasti kapal pengangkut LNG, itu harus disiapkan, terutama yang small scale sama medium scale. Selain itu, ada fasilitas regasifikasi," kata Jobi saat ditemui di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jumat (29/9/2017).

Menurut Jobi tidak hanya pembangkit listrik, nantinya gas yang dipasok juga dapa digunakan untuk membangun jaringan gas (jargas) untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri.Dengan adanya supply dan ketersediaan gas maka industri akan tumbuh dengan sendirinya di suatu wilayah nantinya masyarakat di wilayah tersebut juga akan mendapatkan bonus terbangunnya jargas.

Selama ini kebutuhan gas di wilayah Indonesia tengah harus dipenuhi dari sumber-sumber gas yang berada di Indonesia Timur, ini ditempuh karena keterbatasan infrastruktur.

"Kalau industri ada gasnya, mereka mau bangun pabrik di sana. Pasti industrinya butuh listrik. Jadi diharapkan dengan begitu demand-nya naik, sehingga kita bantu PLN, di mana tidak hanya pembangkitnya saja yang akan dipenuhi oleh gas, tapi sektor lain juga dipenuhi. Kalau dipenuhi, pasti butuh listrik," kata Jobi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kerjasama Grab dan Pegadaian

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:51 WIB

Jaring Nasabah Baru, Pegadaian dan Grab Kerjasama Produk #PegadaianGrabBenefit

Kerjasama ini merupakan bentuk program #PegadaianGrabBenefit yang bertujuan untuk mendapatkan segmen nasabah baru yaitu Mitra Grab serta mendorong peningkatan kinerja bisnis Produk Kreasi Multiguna…

Dirjen Kemensos, Harry Hikmat (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:48 WIB

Penyaluran Bansos PKH Makin Transparan Dengan OM-SPAN

Kementerian Sosial berkomitmen untuk menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan akuntabel.

Indterior 2019 Akan Kembali Digelar

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:02 WIB

Dukung Industri Interior Indonesia, Indterior 2019 Akan Kembali Digelar

Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta dan PT Citra Inovasi Strategi (CIS) Exhibition kembali mengumumkan kolaborasi konsep unik & kreatif dalam rangka menyelenggarakan pameran…

Ilustrasi Balap Sepeda (Foto Ist)

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:00 WIB

Tanpa Penjelasan Pasti, Balap Sepeda TdF dan TdT Ditiadakan

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur Wayan Darmawa mengatakan pemerintah Provinsi NTT tidak menggelar kegiatan balap sepeda Tour de Flores (TdF) dan Tour…

Data Analyst Moka Hutami Nadya

Rabu, 22 Mei 2019 - 11:41 WIB

Semangat Bantu UKM, Moka Berbagi Strategi Bisnis dengan Tren Data Ramadan

Melalui medium microsite dan e-book Ramadan yang dapat diakses secara gratis, paparan data ini memberikan tiga gambaran utama untuk bisnis, yaitu dengan menunjukkan tren ritel dan F&B selama…